Menapaki Jejak Hewan Purba Komodo Dragon Di Pulau Komodo

Pulau Komodo-01

Terletak di wilayah kepulauan Nusa Tenggara, pulau komodo bisa dikatakan merupakan salah satu wisata dunia fantasi atau dufan yang akan mengajak kaki kita untuk menelusuri keindahan alam yang meliputi keberagaman hayati yang pastinya sangat menarik untuk dieksplorasi. Pasalnya, pulau yang secara administratif terletak di kecamatan Komodo ini berbatasan dengan provinsi Nusa Tenggara Barat.

Dikenal dengan hewan endemiknya yang berupa hewan reptil raksasa pemakan daging atau sering disebut komodo, pulau komodo atau yang bisa dianggap sebagai dufan zaman purba ini menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat menarik untuk dieksplorasi lebih dalam.

Dengan jumlah komodo yang berkisar mencapai 2000 ekor, pulau yang sangat menakjubkan ini telah mendapat penghargaan dari pihak UNESCO sebagai salah satu warisan dunia pada tahun 1986 dengan hadirnya sebuah Taman Nasional Komodo. Di kawasan dunia  komodo ini, merupakan sebuah hutan hujan tropis yang memiliki pasir pantai yang berwarna putih.

Tidak hanya itu saja, pulau komodo ini juga telah mendapatkan sebuah penghargaan sebagai tujuh keajaiban dunia atau New Seven Wonders of Nature. Dengan diraihnya berbagai penghargaan yang bergengsi ini, tidaklah menutup kemungkinan jika dalam setiap harinya, banyak turis yang berkunjung ke pulau komodo ini hanya untuk melihat secara dekat reptil raksasa ini.

Sejarah Di Balik Pulau Komodo

Sejarah di balik ketenaran dari pulau komodo ini bermula pada tahun 1910 di mana Letnan Steyn Van Hens Broek betandang ke pulau komodo dengan maksud untuk membuktikan laporan anak buahnya kaitannya dengan sosok hewan yang sangat besar yang memiliki bentuk menyerupai naga. Sesaat tiba di sana Broek berhasil membunuh satu komodo dan membawanya ke Botanical Garden yang berlokasi di Bogor.

Pulau Komodo-02

Semenjak itu, dilakukan penelitian mengenai keberadaan spesies tersebut dan pada tahun 1912. Keberadaan komodo tersebut sudah mulai diketahui oleh masyarakat luas melalui sebuah jurnal yang diterbitkan oleh direksi kepala botanical garden yang saat itu adalah Peter A. Ouwens dan dipublikasikan pada harian Belanda.

Pada tahun 1915 barulah pemerintah melarang melakukan perburuan di wilayah dufan bagi komodo ini dengan alasan untuk menghindari kepunahan hewan langka ini.

Kegiatan Yang Dilakukan Di Pulau Komodo

Layaknya di dunia fantasi atau dufan yang terletak di Jakarta, di Pulau Komodo, para pengunjung juga bisa melakukan berbagai aktivitas yang sangatlah menarik. Berikut ini beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di Pulau Komodo.

1. Trekking

Pulau komodo memang surga bagi hewan reptile raksasa ini, namun di pulau komodo ini, para pengunjung juga bisa melihat berbagai spesies hewan lain yang berupa burung, biawak, ular dan beberapa hewan lainnya. Untuk melihat berbagai jenis hewan tersebut bisa anda tempuh dengan melakukan trecking mengelilingi Pulau Komodo ini.

Dalam aktivitas trecking di pulau komodo ini, anda juga akan diajak untuk mendaki sebuah gunung dengan ketinggian 538 meter di bawah permukaan laut. Dengan melakukan pendakian ini, maka anda akan melewati sebuah water hole yang merupakan tempat di mana para komodo beristirahat dan melepas dahaga.

2. Snorkeling

Berlibur di Pulau Komodo dengan mengunjungi pulau ini, anda juga bisa melakukan eksplorasi alam bawah laut Pulau Komodo yang pastinya sangatlah menakjubkan. Di tempat ini, anda akan menemui setidaknya 386 jenis terumbu karang serta 70 jenis bunga karang yang merupakan habitat asli dari berbagai jenis biota laut seperti penyu, ikan paus, hiu dan berbagai jenis ikan hias lainnya.

Salah satu spot terbaik yang biasa dijadikan untuk menyelam terdapat di sekitar Taman Nasional Pulau Komodo yang akan memanjakan mata anda dengan pemandangan alam bawah laut yang beragam. Tidak mengherankan jika wisatawan selalu mengunjungi lokasi ini untuk melepas penat dengan menikmati dunia bawah laut.

3. Berkunjung Ke Pink Beach

Bagi anda yang suka dengan pemandangan pantai, sudah seharusnya anda mengunjungi sebuah tempat wisata yang menawarkan keindahan pasir pantai yang berwarna pink. Keindahan alam pantai pink ini jauh lebih indah dari  yang anda bayangkan dengan menawarkan berbagai wahana yang mengasyikkan.

Pink Beach-Pulau Komodo

Di sini, para turis bisa melakukan berbagai aktifitas seperti berjemur ataupun bermain pasir pantai. Warna pasir pantai yang berupa merah muda ini pada dasarnya berasal dari serpihan koral yang pecah dan bercampur dengan pasir pantai sehingga akan menimbulkan warna yang indah.

4. Tips Mengunjungi Pulau Komodo

Layaknya berwisata di tempat lainnya yang harus ekstra hati-hati dalam memilih berbagai permaianan yang ditawarkan di sana, untuk mengeskplorasi pulau komodo, andapun juga disarankan untuk mengikuti beberapa anjuran yang dimaksudkan untuk menjaga keamanan diri anda selama berlibur di sana.

Pulau Komodo-03

Saat anda melakukan trecking, sangat tidak dianjurkan untuk membuat berbagai gerakan yang sifatnya spontan dan berisik, karena komodo sangatlah peka terhadap gerakan yang ditimbulkan oleh pihak lain. Selain itu, hal yang lebih penting adalah bahwa komodo juga merupakan pemakan daging, sangat dianjurkan bagi wanita yang sedang mengalami menstruasi untuk meminta pertologan dari pawang guna mengamankan dirinya sebab komodo memiliki indra penciuman yang sangat peka terhadap darah dengan radius jarak ratusan meter.

Pulau komodo merupakan salah satu tempat wisata yang juga patut untuk dikunjung ketika anda memiliki masa liburan panjang. Berbagai tantangan juga bakalan anda temukan  di sini pada saat melakukan trecking dan berusaha untuk melihat reptil raksasa dari jarak dekat.

Pemandangan alam yang indah serta eksotisme alam bawah laut juga merupakan destinasi wisata yang wajib anda jajaki di pulau komodo ini. Dengan mengunjungi pulau komodo, maka anda akan mendapatkan sebuah pengalaman baru dengan berinteraksi dengan hewan reptil raksasa ini secara langsung.

One thought on “Menapaki Jejak Hewan Purba Komodo Dragon Di Pulau Komodo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *