Pulau Derawan, Surga Dunia di Kalimantan Timur

Pulau Derawan01

Saat para wisatawan mendengar dengan nama kalimantan Timur, apa yang akan muncul di pikiran anda? Pasti, tambang batu bara, tambang minyak bumi atau juga tambang timah. Namun sekarang ini Kalimantan Timur dengan memberikan sebuah hal yang berbeda dari itu. Ada tempat wisata yang sangat indah dan menarik di daerah Kalimantan Timur ini, tepatnya ada di Kepulauan Derawan.

Pulau Derawan merupakan sebuah tempat wisata yang pantas disebut sebagai surga dunia. Pasalnya ditempat ini menyajikan pesona keindahan alam baik itu diatas laut maupun wisata alam bawah lautnya yang sangat menakjubkan.

Ragam Wisata di Pulau Derawan

Untuk wisata di darat, Pulau Derawan ini menyajikan hamparan pada permukaan air laut yang bergradasi hijau dan biru. Barisan pepohonan kelapa, hamparan pasir yang putih, pantai dan juga berbagai macam rumah yang sederhana untuk disediakan sebagai penginapan bagi para wisatawan yang berkunjung ditempat tersebut. Anda akan dapat menikmati keanekaragaman ikan yang warna warni serta penyu yang sedangkan berlalu lalang dengan bebas dibawah anda. Pasti ini merupakan sesuatu yang sangat indah.

Pulau Derawan02

Namun, tidak hanya sampai sini saja, namun di Pulau Derawan ini akan menyajikan wisata bahari yang tidak kalah menariknya. Pada sekitar lokasi perairan Pulau Derawan ini akan ada taman laut yang biasanya digunakan wisata diving dan dengan kedalaman sekitar kurang lebih 5 meter.

Di taman laut tersebut akan ada beraneka macam biota laut yang hidup serta berkembangbiak dengan cara berdampingan. Seperti beraneka jenis terumbu karang, kuda laut, cumi-cumi dan lain sebagainya.

Pulau Derawan-Keindahan Bawah Laut

Selain itu, para pengunjung juga dapat meninjau di beberapa pulau yang lainnya dan tempatnya masih di sekitar Pulau Derawan ini. Di pulau-pulau tersebut pastinya memiliki keunikan yang lain, misalnya maus, pari hitam, lumba-lumba dan lain sebagainya hingga terdapat juga danau yang ada di tengah lautan. Pasti suatu tempat yang sangat mengagumkan.

Sudah tidak heran lagi jika tempat ini sudah terkenal hingga mancanegara. Tempat ini juga mendapat peringkat ke 3 di dunia sebagai tempat menyelam yang bertaraf internasional. Selain tempat wisata yang indah, Pulau Derawan ini juga menyediakan fasilitas misalnya peralatan menyelam, cottage, speedboat serta restoran.

Rute Ke Pulau Derawan

Untuk mencapai Pulau Derawan ini juga sangat mudah. Anda bisa menggunakan pesawat untuk keberangkatan Jakarta, Surabaya dan juga Yogyakarta dan ambil tujuan Balikpapan. Lalu terbang menuju Tanjung Redep yang memakan waktu sampai dengan 1 jam menggunakan pesawat DAS, Kal star dan Deraya.

Kemudian dilanjutkan untuk menyewa motorboat untuk menuju Pulau Derawan. Selain menggunakan pesawat terbang, untuk menuju ke Pulai ini anda juga dapat menggunakan kapal dari Samarinda atau juga tarakan.

Nah, diatas sekilas mengenai pesona keindahan di Pulau Derawan. Jika anda tertarik untuk mengunjungi tempat wisata ini, anda dapat mengajak keluarga atau teman-teman anda untuk menikmati keindahan Pulau ini.

One thought on “Pulau Derawan, Surga Dunia di Kalimantan Timur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *