Pesona yang Tersimpan Dalam Museum Adityawarman

Kota Padang merupakan salah satu kota yang terletak di Provinsi Sumatera Barat. Tidak hanya terkenal akan rendang dan berbagai kuliner lainnya khas Padang, namun kota Padang ini juga terkenal akan budayanya. Salah satu museum yang menjadi saksi bisu betapa agungnya budaya yang dimiliki oleh kota Padang ialah Museum Adityawarman.

Museum ini memiliki julukan Taman Mini ala Sumatera Barat. Museum Adityawarman ini terkenal sebagai tempat wisata pendidikan dan kebudayaan yang wajib dikunjungi oleh wisatawan. Melalui museum ini, pengunjung akan mengetahui sejarah masyarakat Minangkabau serta peninggalan kebudayaan sejak masa pra sejarah hingga era modern.

Di Museum Adityawarman juga menyimpan berbagai pernak pernik koleksi masyarakat minang yang unik dan mengagumkan. Tidak hanya itu, museum ini juga menyimpan busana tradisional, instrument musik, replica sajian kuliner khas dengan berbagai upacara adat dan juga berbagai perlengkapan yang digunakan dalam keseharian masyarakat Minangkabau.

Museum Adityawarman berdiri di tengah lahan seluas 2,6 hektar dengan luas bangunan sekitar 2.855 meter persegi. Gaya bangunan museum ini terinspirasi dari rumah bagonjong atau rumah gadang yang merupakan rumah adat Minangkabau. Desain ini sengaja diterapkan pada museum ini, agar museum ini semakin memiliki ciri khas Sumatera Barat.

Salah satu yang membuat bangunan museum ini terlihat sangat unik dan menarik banyak mata wisatawan ialah bentuk atapnya. Pada museum ini, atapnya berbentuk bagonjong dengan jumlah atap bagonjong sebanyak tujuh pucuk yang disusun dan dipadupadankan dalam sebuah bangunan. Itulah mengapa pesona Museum Adityawarman sangat sayang untuk dilewatkan.

One thought on “Pesona yang Tersimpan Dalam Museum Adityawarman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *