Pesona Wisata di Pulau Nias

Pulau Nias merupakan sebuah pulau yang berada di sebelah barat Sumatera. Apabila dibandingkan dengan deretan pulau-pulau lainnya, Nias adalah pulau terbesar dan paling maju. Luas wilayahnya kurang lebih 4,625km persegi yang dihuni oleh suku Nias. Di pulau ini Anda tidak hanya dapat melihat warisan budaya daerah berupa tariannya, tetapi juga beberapa tempat wisata menarik.

Wisata Pantai di Pulau Nias Sumatera

Berbicara keindahan soal pantai memanglah tidak pernah ada habisnya. Alunan ombak yang menderu, lembutnya butiran pasir, dan luasnya lautan biru yang membentang menjadikan pantai semakin terlihat indah untuk dilihat. Pantai ternama di Nias yaitu pantai Laowamaru, pantai Gawu Soyo dan pantai Lagundri.

Apabila Anda menginginkan tempat yang tenang untuk bersantai, pantai Laowamaru adalah tempat yang cocok. Air lautnya yang tenang menjadikan pantai ini tepat sebagai pilihan untuk melakukan olahraga renang dan surfing. Berbeda halnya dengan pantai Lagundri yang memiliki ketinggian ombak dapat mencapai 7 meter. Tingginya ombak di pantai ini sering dijadikan sebagai ajang perlombaan berselancar.

Adapun jika ingin mendapatkan hal baru dari sebuah pantai yakni berpasir merah. Anda dapat menemukan pantai pasir merah di Pantai gawu Soyo atau lebih dikenalnya sebagai Pantai Merah Afulu. Salah satu pantai di Pulau Nias ini memiliki destinasi tersendiri berupa adanya spesies penyu langka.

Wisata Daratan Pulau Nias

Nias terkenal dengan budaya megalitikumnya. Oleh sebab itu, jika Anda berlibur ke Pulau Nias jangan lupa untuk menyempatkan diri berkunjung ke desa wisata Orahili.  Desa tersebut merupakan desa megalitikum tertua dengan peninggalan sejarah berupa patung manusia dan batu-batu yang tertata rapi.

Tradisi kebudayaan Nias adalah lompat batu. Tradisi lompat batu dapat dijadikan sebagai olahraga tradisional dan melatih ketangkasan dalam persiapan perang. Selain itu, tradisi lompat batu Nias juga sebagai ritual menuju pendewasaan Nias. Semua pemain sudah mendapatkan cara khusus dalam melompat. Hal ini disebabkan bahwa jika hanya asal melompat akan menjadikan otot cidera.

Pulau Nias juga populer dengan keindahan bawah lautnya yang menakjubkan sehingga tepat digunakan sebagai tempat snorkeling. Berbagai jenis ikan juga dapat Anda nikmati. Namun, satu hal yang harus dijaga adalah tidak merusak biota laut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *