Pesona Kemegahan 6 Jembatan Barelang Batam

Salah satu keindahan Kota Batam yang patut untuk disoroti adalah Jembatan Barelang. Bangunan yang satu ini sudah banyak dikenal oleh masyarakat karena keindahannya. Anda bisa mencoba mampir dan melewati jembatan yang satu ini jika berkunjung ke Batam. Di sana, ada pemandangan cantik yang akan bisa memanjakan indra penglihatan Anda dengan pesonanya.

Kemegahan Ikon Kota Batam – Jembatan Barelang

Salah satu bangunan megah yang ada di Kota Batam adalah Jembatan Barelang. Jembatan yang satu ini sudah tak asing lagi di telinga masyarakat, terlebih wisatawan lokal dan juga mancanegara. Kota Batam bahkan menjadikan jembatan megah ini sebagai simbol dan ikon untuk acara visit Batam pada tahun 2010 yang lalu dan berhasil mencuri perhatian masyarakat.

Pembangunan jembatan ini dilangsungkan pada Tahun 1992 hingga 1998. Pemrakarsa pembangunan ikon Kota Batam ini adalah BJ Habibie yang pada saat itu menjabat sebagai menteri negara riset dan teknologi. Jembatan ini terdiri dari 6 jembatan yang menghubungkan 3 pulau besar serta beberapa pulau kecil lain yang masih termasuk dalam Prov. Kepulauan Riau.

Jika Anda melewati jembatan ini, maka pemandangan di sekitar akan tampak begitu indah. Anda akan bisa melihat hijaunya pepohonan. Jika foto Jembatan Barelang diambil dari udara, maka perairan yang ada di sekelilingnya pun akan tampak. Pemandangan yang satu ini memperindah kemegahan jembatan yang menghubungkan 6 pulau di Kepulauan Riau tersebut.

Anda juga bisa melihat adanya bagian pilar yang membuat jembatan ini tampak megah. Di sana, Anda juga bisa melihat panjang jembatan yang membuat perjalanan terasa berkesan. Bahkan, tak jarang banyak orang yang mengagumi kemegahan dan keindahan jembatan, serta pemandangan yang membuat pikiran terasa senang saat berkunjung ke sana.

Sekilas Tentang Jembatan Barelang

Anda bisa mengetahui beberapa pengetahuan singkat seputar Jembatan Barelang. Ternyata, tiap jembatannya memiliki unsur tersendiri yang belum tentu diketahui oleh banyak orang. Ada 6 jembatan yang termasuk dalam Jembatan barelang ini dimana perbagiannya adalah sebagai berikut:

  1. Jembatan yang pertama dari Jembatan Barelang ini disebut Jembatan Tengku Fisabilillah. Model dan struktur dari jembatan ini bisa dikatakan mirip dengan golden gate yang ada di San Fransisco, Amerika.
  2. Jembatan selanjutnya atau jembatan yang kedua diberi nama jembatan Narasinga. Bentuknya lurus, tanpa ada lengkungan.
  3. Jembatan Ali Haji adalah nama untuk bagian yang jembatan yang ketiga.
  4. Nama Sultan Jembatan Zaenal Abidin menjadi bagian jembatan yang keempat.
  5. Jembatan Tuanku Tambusai menjadi bagian jembatan selanjutnya
  6. Terakhir, jembatan yang keenam ini diberi nama Jembatan Raja Kecil. Jembatan ini sangat terkenal, karena didalamnya terdapat cerita sejarah dari penyambungan pulau-pulau disekitarnya.

Beberapa informasi mengenai Jembatan Barelang sekiranya menjadi wawasan dan juga gambaran umum untuk Anda yang berniat mengunjungi Batam. Sempatkan waktu Anda untuk berkunjung dan melewati jembatan megah yang satu ini, dengan pemandangan cantik yang bersahabat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *