Pesona Candi Borobudur yang Sulit Dikalahkan

Candi Borobudur adalah salah satu pesona wisata yang dapat dikunjungi di daerah Magelang, Jawa Tengah. Candi yang dibangun pada masa dinasti Syailendra ini memiliki banyak relief dan arca yang dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran yang bernilai sejarah tinggi dan sekaligus sebagai pesona wisata yang artistik, karena merupakan peninggalan nenek moyang agama Budha yang terbesar di Indonesia.

Kemegahan bangunannya membuat Candi Borobudur terkenal sampai ke mancanegara. Konon, disebut saat dahulu untuk membangun Candi Borobudur ini tidak memiliki teknologi yang mumpuni namun dapat menciptakan candi yang memiliki arsitektur yang rumit. Diperkirakan pembangunan candi Borobudur ini memakan waktu 50-70 tahun lamanya. Apa saja kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh candi Borobudur? Berikut ulasannya.

Memiliki Nilai Historis yang Tinggi

Memiliki nilai historis yang tinggi sebagai peninggalan kerajaan Budha di Indonesia menjadikan candi Borobudur menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi, khususnya bagi mereka yang beragama Budha. Setiap tahunnya wisatawan dari Philipina, Kamboja, Tibet, hingga China mengunjungi Candi Borobudur untuk melaksanakan perayaan hari raya Waisak. Perayaan ini ditandai dengan pelepasan lampion ke langit hingga mengutarakan harapan-harapan unntuk hidup yang lebih baik.

Mempelajari Seni Sastra dan Budaya

Anda yang menyukai budaya dan sastra dapat mengitari kisah yang ada dalam pahatan setiap relief di Borobudur. Banyak kisah yang dapat Anda baca dalam situs candi Borobudur ini. Jika Anda tidak dapat membaca tulisannya, Anda dapat menyewa jasa seorang pemandu di sini.

Banyak Aktivitas Menarik

Banyak aktivitas menarik yang dapat Anda lakukan di seputar Candi Borobudur seperti berkeliling dengan sepeda, mengambil foto yang menarik di seputar kawasan Candi Borobudur, hingga melihat pemandangan matahari terbenam di kawasan Candi Borobudur. Pemandangan ini tentu saja menjadi pemandangan yang sangat mengesankan sepanjang hidup Anda.

Di saat akhir perjalanan Anda mengunjungi candi Borobudur, Anda dapat berburu souvenir unik khas Candi Borobudur. Beragam barang yang dapat Anda koleksi seperti topi, tas, gantungan kunci, hingga miniatur candi yang unik dapat Anda bawa sebagai kenang-kenangan mengunjungi Borobudur. Harga yang ditawarkan oleh pedagang tentu bervariasi. Anda akan mendapatkan harga sesuai keinginan Anda jika Anda pandai menawar harganya.

Akses Menuju Candi Borobudur

Borobudur yang terdapat di jalan Badrawati, Magelang ini dapat di akses menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Jika Anda memilih menggunakan angkutan umum, Anda dapat memilih beragam bus jurusan Candi Borobudur di Terminal Giwangan Yogyakarta.

Harga tiket untuk memasuki lokasi bersejarah ini adalah Rp.30.000 untuk dewasa dan hanya sekitar Rp.12.500 untuk anak-anak wisatawan lokal. Akan berbeda pula tarifnya untuk wisatawan lokal.

Demikian, ulasan singkat nan menarik mengenai pesona wisata Candi Borobudur. Ingin berlibur ke sana? Sayang sekali untuk dilewatkan, segera bergegas dan nikmati liburan memikat Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *