Pemandian Air Soda Tarutung, Satu-satunya di Dunia

Di Indonesia banyak sekali wisata pemandian yang tersebar di dataran tinggi. Mulai dari pemandian air panas yang mengandung belerang sampai air terjun. Namun, pemandian yang terdapat di Sumatera Utara ini sangat berbeda, unik, dan tidak biasa. Bukan sebatas pemandian biasa, namun yang mengandung soda. Ya, tempat ini bernama pemandian air soda Tarutung.

Pemandian air soda Tarutung ditemukan oleh Minar Sihite pada tahun 1973. Saat itu wujudnya masih seperti tempat berkubang air yang ditutupi bebatuan dan menjadi tempat pemandian kerbau. Masyarakat awalnya menganggap pemandian air soda angker, karena tanaman di sawahnya mati. Selain itu, warna merah seperti karatnya pun memberi kesan mistis.

Sebagai informasi, pemandian soda hanya ada 2 di dunia. Selain di Indonesia, negara lain yang memiliki keunikan ini adalah Venezuela, Amerika Latin. Pemandian air soda Tarutung berlokasi di Desa Prabu I, Kecamatan Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara. Pemandian ini ditemukan oleh Minar Sihite dan menurutnya, harganya tak ternilai.

Menurut pengetahuan penemu pemandian air soda Tarutung, pemandian soda yang terdapat di Amerika Latin sudah tak lagi digunakan sebagai tempat pemandian. Dengan demikian, hanya ada 1 tempat pemandian soda yang masih aktif, yaitu di Indonesia. Karena itu, tak ada salahnya jika kita bersyukur dan menjaga aset berharga yang unik ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *