Pesona Keindahan Tersembunyi Pantai Sawarna

Pantai Sawarna Banten

Bagi anda yang menyukai wisata alam salah satunya adalah wisata pantai, anda bisa mengunjungi salah satu objek wisata yang kini mulai banyak dikenal di Banten. Objek wisata ini adalah pantai Sawarna yang terletak di desa Sawarna, Banten. Lokasi pantai yang berada sekitar 150 km dari Rangkasbitung ini mulai menggoda wisatawan baik wisatawan lokal maupun mancanegara untuk segera berkunjung ke pantai ini.

Penasaran dengan keindahan pantai Sawarna? Simak artikel berikut!

Keindahan Pantai Sawarna

Pantai Sawarna memiliki keindahan yang luar biasa dan menjadi pantai terindah di Banten. Keindahan pantai  ini bisa disejajarkan dengan pantai-pantai lain di Indonesia. Pantai ini juga memiliki pasir putih yang masih bersih. Terdapat pula karang yang menjulang di sekitaran pantai sehingga mampu menambah keindahan pantai.

Selain itu, pantai Sawarna juga merupakan pantai yang menghadap kearah samudera hindia. Karena termasuk dalam pantai selatan maka pantai ini memiliki ombak yang besar dan arus yang kuat.  Keindahan alam disekitaran pantai yaitu berupa bukit hijau membuat keindahan alam pantai semakin dikagumi.

Jalan menuju pantai juga terdapat area persawahan yang terbentang hijau dan terlihat asri. Selain menyajikan keindahan pantai, juga terdapat wisata lain disekitaran pantai yaitu Goa Ciamul, goa sikadir, goa lalay, dan goa singalong. Jika anda berada disana sebaiknya kunjungilah semua tempat wisata tersebut agar anda bisa menikmati keindahan pantai Sawarna secara menyeluruh.

Sebelum menjadi terkenal seperti sekarang, pantai Sawarna dulu belum banyak diminati karena akses menuju lokasi wisata yang sulit dan jalan yang kurang memadai. Namun, berdasarkan hasil promosi dari mulut ke mulut dan promosi media sosial yang dilakukan oleh para pengunjung, membuat pantai ini mulai dikenal dan menjadi surga  yang tersembunyi.

Seiring dengan semakin banyaknya pengunjung yang mendatangi pantai Sawarna, maka semakin banyak pula fasilitas umum yang dibangun disekitaran pantai seperti toilet umum, masjid, dan aneka kios yang menjual makanan dan minuman untuk para wisatawan. Namun anda juga harus tetap menjaga kebersihan sekitaran pantai dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Keindahan alam pantai Sawarna bisa menjadi aset tersendiri bagi penduduk desa Sawarna dan Banten. Penduduk sekitar bisa memperoleh mata pencaharian mereka dengan berjualan makanan dan minuman atau membuka penginapan. Ombak pantai yang besar bisa menjadi lokasi surfing yang tepat bagi wisatawan.

Akses Menuju Pantai Sawarna

Pantai Sawarna terletak di desa Sawarna. Desa Sawarna berjarak sekitar 270 km dari Jakarta. Untuk menempuhnya anda membutuhkan waktu kurang lebih 7 jam perjalanan. Jika anda berasal dari Jakarta, maka anda bisa melewati jalur Pelabuhan Ratu atau bisa juga melewati serang dan Pandeglang.

Untuk menuju pantai Sawarna, anda harus melalui jalan yang cukup sulit. Kondisi jalan yang kurang bagus, serta jalan yang naik turun dan curam membuat anda harus lebih berhati-hati. Jika anda penyuka tantangan maka perjalanan menuju pantai  ini bisa menjadi tantangan yang menarik untuk anda coba.

Pastikan kendaraan anda dalam kondisi normal dan baik sehingga mampu untuk melewati jalan yang sulit dan curam. Jangan lupa untuk mengisi bahan bakar kendaraan anda dan membawa uang tunai secukupnya, karena selama perjalanan anda akan sulit untuk menemukan pom bensin dan ATM. Dalam perjalanan pulang, anda juga perlu berhati-hati karena ada beberapa titik lokasi yang cukup berbahaya berupa tanjakan naik yang curam.

Setelah anda mencapai wilayah sekitaran pantai, untuk menuju penginapan anda harus berjalan kaki sekitar 10 menit dengan melewati jembatan kayu. Jembatan ini berukuran kecil sehingga anda harus bergantian dengan orang yang berada berlawanan arah dengan anda. Bagi anda yang membawa banyak barang, anda bisa menggunakan ojek motor untuk membantu anda menuju penginapan.

Jika anda berangkat dari penginapan menuju ke pantai Sawarna, maka anda harus berjalan kaki lagi menyusuri jalan setapak disepanjang desa untuk menuju ke pantai. Namun, rasa lelah setelah berjalan kaki akan terbayar dengan keindahan alam yang memukau.

Penginapan di Pantai Sawarna

Pantai Sawarna sangat cocok anda pilih sebagai tujuan wisata untuk menghabiskan waktu liburan anda. Jika anda ingin menikmati keindahan pantai dan sekitarnya secara lebih lama dan bisa menikmati secara keseluruhan maka anda bisa menginap.

Kini banyak penginapan yang didirikan disekitar area pantai. Harga penginapan yang ditawarkan juga terjangkau berkisar antara Rp. 100.000 – Rp. 300.000/malam, harga tersebut sudah termasuk fasilitas makan yang ditawarkan oleh penginapan.

Jika anda ingin merasakan sensasi yang berbeda dan ingin lebih dekat dengan alam, maka anda bisa mendirikan tenda di pinggir pantai. Sangat disarankan, sebelum anda mendirikan tenda sebaiknya memohon ijin terlebih dahulu kepada pihak RT setempat untuk menjaga keamanan dan ketertiban.

Tiket Masuk Pantai Sawarna

Menikmati liburan di pantai ini termasuk liburan yang murah. Karena harga tiket yang ditawarkan sangatlah murah yaitu Rp. 5.000/orang. Jika anda membawa kendaraan pribadi, anda harus menambah biaya parkir kendaraan. Cukup murah bukan dibandingkan dengan keindahan alam yang luar biasa yang bisa kita nikmati disana.

Demikian penjelasan mengenai pesona keindahan tersembunyi pantai Sawarna. Jika anda sedang berada di Banten atau berencana mengunjungi Banten, maka tidak ada salahnya untuk mencoba berwisata ke pantai Sawarna ini. Harga tiket yang murah, fasilitas yang memadai serta keindahan alam yang indah akan membuat liburan anda terasa menyenangkan dan berkesan.

One thought on “Pesona Keindahan Tersembunyi Pantai Sawarna

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *