Pesona Pantai Anyer

Pantai Anyer

Pantai Anyer merupakan kawasan pantai di Provinsi Banten terletak di Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang. Karena sebagian besar wilayah di daerah ini adalah pantai, maka pantai-pantai di sepanjang kecamatan ini akrab disebut dengan Pantai Anyer.

Kawasan Pantai Anyer ini merupakan kawasan pantai yang memiliki panorama yang indah dan memiliki karakteristik hamparan pasir putih, ombak yang tenang dan udara pantai yang sejuk.

Deretan Pantai Kawasan Anyer Dengan Daya Pikatnya

Dari Pantai Anyer ini kita bisa melihat secara langsung pemandangan Gunung Krakatau. Kita bisa berenang, bermain pasir, diving, snorkeling, jetski, bermain banana boat atau berjalan santai di sepanjang Pantai Anyer ini.

Pantai Anyer

Di kawasan Anyer ini terdapat beberapa pantai yang masih merupakan bagian dari kawasan Pantai Anyer itu sendiri. Berikut kami rangkum untuk anda.

1. Pantai Sambolo

Di Pantai Sambolo ini kalian bisa berenang, berselancar, bermain pasir, snorkeling, diving, jetski, bermain banana boat

2. Pantai Marbella

Pantai ini berada tepat di sebelah Pantai Sambolo, memiliki banyak saung di tepi pantainya.

3. Pantai Cibureum

Pantai ini merupakan tempat yang cocok untuk menikmati makanan yang dijual oleh penduduk setempat.

4. Pantai Marina

Di pantai ini memiliki ragam fasilitas publik yang lengkap seperti villa dan resort.

5. Pantai Pasir Putih Florida

Pantai ini merupakan pantai paling romantis di kawasan ini dengan hamparan pasir putih yang halus

6. Pantai Karang Bolong

Pantai yang memiliki nama unik ini terletak di jalan raya Anyer-Carita. Pantai karang bolong ini seperti namanya memiliki karang besar yang memiliki lubang (bolong) akibat proses kikisan alami terkena hempasan ombak. Keseluruhan dari Pantai Anyer ini berada pada satu garis pantai.

Fasilitas Pantai Anyer Untuk Pengunjung

Pantai Anyer ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan apa lagi di hari minggu atau di hari libur lainnya baik itu wisatawan lokal maupun mancanegara. Pantai Anyer menjadi pantai yang sangat primadona dikarenakan lokasinya yang mudah dijangkau dan dekat dengan ibu kota Jakarta.

Jika anda berada di Jakarta, hanya memerlukan waktu 2 – 2,5 jam untuk sampai di kawasan Pantai Anyer pada saat jalanan tidak macet atau kisaran 4 jam jika di hari libur dikarenakan situasi jalan yang pastinya macet.

Jika ingin menghabiskan waktu beberapa hari atau menginap di kawasan Pantai Anyer jangan khawatir karena sudah banyak penginapan seperti hotel, homestay, villa hingga cottage yang bisa disewa dengan harga yang variatif sesuai dengan fasilitas yang ditawarkan. Selain penginapan di Pantai Anyer ini juga tersedia layanan pijat tradisional, jadi bisa merileksasikan tubuh setelah menempuh perjalanan dengan menggunakan layanan pijat tradisional ini.

Selain bermain di kawasan di sekitar pantai, kita juga bisa melihat Pantai Anyer dari tempat yang lebih tinggi  yaitu di Mercusuar Cikoneng, Anyer. Mercusuar Cikoneng ini terletak di Kampung Anyer Kidul.

mercusuar pantai anyer

Mercusuar ini memiliki 15 lantai dengan keseluruhan tingginya 60 meter. Untuk sampai ke atas mercusuar harus mengeluarkan banyak tenaga sehingga menjadi kelelahan. Tetapi hal tersebut sebanding dengan apa yang akan didapatkan yaitu keindahan Pantai Anyer dari ketinggian yang terlihat sangat menakjubkan.

Hati-hati Jebakan Badman di Kawasan Pantai Anyer

Bermain di hamparan pasir yang luas, berenang dan bermain air di sekitaran pantai ataupun menikmati seafood menu makanan yang sangat khas dijumpai di kawasan pantai tentu sangat mengasyikkan tapi, terkadang kita menemui situasi dimana ingin merasakan liburan yang membahagiakan dan tak terlupakan berubah menjadi liburan yang sangat menyebalkan dikarenakan ulah pedagang yang ada disana.

Tips Aman Berlibur di Pantai Anyer

Biasanya yang sering terkena jebakan badman tersebut adalah para laki-laki karena biasanya mereka jarang menanyakan harga terlebih dahulu ketika ingin membeli. Berikut ini beberapa tips agar bisa terhindar dari jebakan badman oleh para pelaku yang ada di kawasan pantai seperti di kawasan Pantai Anyer tadi, yaitu:

  1. Jangan malu bertanya terlebih dahulu untuk harga makanan yang akan dibeli.
  2. Mintalah daftar harga pada menu makanan yang mereka sediakan, bila mereka bilang tidak ada lebih baik cari di tempat yang menyediakan daftar harga pada menu makanan.
  3. Jangan terpancing dengan kondisi tempat yang nyaman tetapi tidak menyertakan daftar harga makanan yang jelas.

Tetap Waspada Saat Bersenang-Senang di Pantai Anyer

Liburan yang menyenangkan berubah menjadi liburan yang sangat menyebalkan dan menjadi penyesalan ketika pulang. Banyaknya ulah pedagang nakal di sekitar kawasan pantai sangatlah mengganggu kenyamanan para wisatawan yang berkunjung seperti yang sangat sering terjadi di kawasan Pantai Anyer. Banyak yang mengeluhkan di berbagai media sosial mengenai ulah pedagang nakal di kawasan Pantai Anyer ini.

Para wisatawan yang mengunjungi salah satu pantai di kawasan Pantai Anyer ini merasa banyak yang termakan jebakan badmen, niat hati ingin menikmati seafood dan bermain dipantai malah menyesal kenapa datang, makan dan malah tidak jadi bermain di pantai. Kawasan wisata yang banyak pengunjung sering kali dijadikan lahan kecurangan oleh pedagang yang berjualan disekitarnya.

Tahun lalu gempar di sosial media oleh keluhan seorang pemilik akun,yang makan di kawasan Pantai Anyer. Pemilik akut tersebut hanya memesan beberapa porsi makanan dan minuman bersama beberapa temannya pada saat selesai makan dan ingin membayar.

Dia sangat terkejut karena harga yang sangat mahal tidak sesuai dengan harga yang seharusnya dibayar bila dipikir secara logika dan didukung dengan harga makanan tersebut bila dibeli mentah di pasar pada saat itu.

Mahalnya harga makanan yang diberikan oleh penjual tersebut terkadang dikarenakan adanya kesepakatan bersama antar pedagang yang ada di sana, keinginan untuk mendapatkan keuntungan yang banyak dan cepat, karena pelanggan yang membeli bukan penduduk disana jadi mereka membeli hanya pada saat itu saja sehingga mereka berani memberikan harga seperti itu.

One thought on “Pesona Pantai Anyer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *