Objek Wisata Gunung Batur di Kintamani

Pulau Bali dikenal juga dengan seribu puranya dan beragam wisata pantai yang eksotis. Disamping itu, ternyata Pulau ini berada di lajur cincin api menurut Info dari Museum Geopark Batur di Bangli sehingg tidak kaget jika banyak terdapat gunung berapi di Pulau Dewata ini. Salah satunya adalah Gunung Batur yang keberadaannya sangat spesial bagi warga Bali. selain sangat berarti bagi warga Bali, Gunung batur ini merupakan salah satu tempat wisata alam yang sangat indah dan tidak sedikit para pecinta wisata alam melakukan kegiatan mendaki di Gunung ini.

Sejarah singkat Gunung Batur

Gunung batur telah berusia sangat tua dan termasuk dalam kategori gunung purba.yang berada di Bali, bahkan lebih tua dari gunung agung yang berada di karangasem. Gunung tertinggi kedua di pulau bali ini memiliki ketinggian sekitar 1717 Mdpl.

Sejak dari zaman pra sejarah, masyarakat Bali percaya bahwa tempat-tempat di ketinggian seperti gunung Batur merupakan suatu tempat suci untuk tempat tinggalnya para arwah nenek moyang mereka dan sebagai pusat bermacam kekuatan alam. Selain itu pada kehidupan sehari-hari masyarakat sekitar memanfaatkan gunung Batur sebagai sumber penghasilan dan penghidupan. Dimana kondisi lahan di area Gunung sangatlah subur karena dampak dari letusan gunung yang pernah terjadi tempo dulu. Apa saja yang ditanami oleh masyarakat akan tumbuh dan hasilnya berkualitas.

Menurut data dari Museum Geopark, bahwa gunung Batur pertama kali meletus pada Tahun 1804 dan membentuk kawah induk di Puncak. Setelah itu terjadi lagi letusan pada tahun 1821, 1849, 1994-1995, 1997, 1998, 1999, dan Tahun 2000. Adapun kawah 98 itu terbentuk akibat dari letusan pada Tahun 1998.

Daya Tarik Objek Wisata Gunung Batur

Gunung batur merupakan objek wisata yang populer di Kintamani karena kawasan wisata ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal bahkan dari mancanegara. Di kawasan gunung batur terdapat sebuah Danau yang namanya juga sama yaitu Danau Batur. Terletak di lereng gunung Batur dengan ketinggian 1.050 mdpl dan luasnya sekitar 16 Km persegi.

Pengunjung dapat menikmati keindahan pemandangan objek wisata pegunungan dan danau Batur ini sambil menikmati santap siang di restoran Kintamani. Eksotisnya alam perbukitan yang memukau dan udaranya segar menjadikan objek wisata ini sangat cocok untuk menghabiskan waktu liburan anda bersama keluarga.

Aktifitas Menarik di Gunung Batur

  • Berkemah
    Jika ingin berlama-lama menikmati keindahan Gunung Batur, pengunjung bisa berkemah di puncak dan ini merupakan suatu kegiatan yang seru bagi pendaki ataupun para wisatawan dan tentunya persiapan matang harus dipersiapkan sebelum memulai aktivitas berkemah.
  • Menikmati Sunrise
    Menyaksikan matahari terbit dari atas gunung di pagi hari berwarna kuning keemasan merupakan pemandangan yang indah dan akan menjadi kecanduan bagi siapa saja yang melakukannya. Jangan lewatkan aktivitas ini saat berwisata ke Gunung batur. Rasakan kenikmatan yang spesial.
  • Selfie
    Berwisata ke Gunung Batur akan kurang sempurna tanpa mengabadikan momen-momen indah selama petulangan di kawasan ini dengan berpose di spot-spot menarik di gunung batur.
  • Berendam di Sumber Air Panas
    setelah lelah beraktivitas menjelajahi gunung hingga ke puncak, Jangan lupa berendam di sumber air panas di lereng batur. Badan akan segera fresh dan tenaga kembali pulih.

Lokasi  

Gunung Batur berada di Desa Batur, Kec. Kintamani, Kab Bangli, Pulau Bali. Akses menuju lokasi Gunung Batur bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua dan kendaraan roda empat. Perjalanan membutuhkan waktu sekitar 2,5 Jam dari Bandara ngurah Rai.

One thought on “Objek Wisata Gunung Batur di Kintamani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *