Nuansa Eksotis Dari Candi Prambanan

Candi Prambanan selain terkenal sebagai bangunan bersejarah peninggalan Hindu, juga terkenal dengan kisah cinta bertepuk sebelah tangan yang mendampingi bangunan sarat makna ini. Oleh karenanya, Candi Prambanan juga merupakan salah satu destinasi wisata yang gemar dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Di bawah ini menyajikan nuansa eksotis Candi Prambanan.

Merupakan Kompleks Candi Peninggalan Hindu Tertinggi Juga Sarat Dengan Legenda Cinta

Candi Prambanan yang merupakan candi peninggalan Hindu tertinggi ini, telah diakui oleh UNESCO sebagai salah satu warisan dunia yang memiliki daya pikat bagi banyak wisatawan. Candi ini sendiri memiliki candi Trimurti agama Hindu yaitu candi Siwa, Candi Brahma, dan candi Wisnu. Selain tiga candi trimurti tersebut, ada juga 2 candi apit dan 4 candi sudut. Semua candi ini mengukir relief-relief yang begitu indah, sarat akan makna peninggalan agama Hindu

Selain sarat akan makna ajaran Hindu, Candi Prambanan juga terkenal dengan legenda cinta bertepuk sebelah tangan antara Bandung Bandawasa dan Roro Jogggrang. Untuk mendapatkan cinta gadis itu, Bandung Bandawasa menerima tantangan untuk membangun 1.000 arca dalam waktu satu malam, namun saat Bandung Bandawasa hampir saja menyelesaikan tantangan itu, Jonggrang yang tidak mencintai Bandung Bandawasa berbuat curang dengan menumbuk padi, pertanda hari sudah pagi.

Padahal saat itu, Bandung Bandawasa telah menyelesaikan 999 arca. Pada akhirnya, Bandung Bandawasa mengutuk Jonggrang menjadi arca ke-1.000 dan sampai saat ini Arca durga yang kerap dianggap sebagai Roro Jonggrang, banyak dikunjungi dan dikagumi oleh para wisatawan. Selain legenda cinta Bandung Bandawasa dan Roro Jonggrang, di candi Prambanan ini juga terukir relief cinta Rama dan Dewi Sinta.

Sendratari Ramayana

Pertunjukan sendratari Ramayana juga ikut berpartisipasi membuat Prambanan banyak dikunjungi wisatawan. Pertunjukan ini ada karena adanya relief kisah cinta Rama dan Dewi Sinta. Pertunjukan Sendratari Ramayana dapat dinikmati pada malam hari yaitu pada hari Selasa, Kamis, dan Jum’at, pukul 19.30-21.30. Jadi, jika Anda mengunjungi Candi Prambanan, pastikan Anda tidak melewatkan Sendratari Ramayana ini.

Berbagai Aktivitas yang Menarik dan Beragam Tempat Wisata di Sekitar Candi Prambanan

Banyak aktivitas yang dapat dilakukan jika mengunjungi candi Prambanan, seperti bersepeda, mengunjungi museum Candi Prambanan, mengambil gambar yang bagus, mempelajari sejarah dan seni budaya sekaligus dan lain sebagainya. Jadi, berwisata ke Prambanan bukan hanya melepas lelah dari rutinitas sehari-hari, namun juga sekalian belajar sejarah dan seni.

Selain memiliki banyak kegiatan yang dapat Anda lakukan apabila mengunjungi Prambanan, jangan lewatkan juga beberapa tempat wisata di sekitar Prambanan yang sayang sekali untuk dilewatkan seperti Candi Sewu, Candi Plaosan, Candi Sojiwan, dan Istana Ratu Boko. Pastikan Anda menikmati berbagai hal saat berkunjung ke Candi Prambanan. Selamat berlibur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *