Nongkrong Asik Di Benteng Kuto Besak Palembang

Bagi anda yang ingin berlibur ke kota palembang tentu akan mencari tongkrongan atau tempat untuk bersantai menikmati suasana dengan nyaman. Nah, di Kota Palembang ternyata juga ada tempat Nongkrong asik bersantai bersama kerabat. Tempat asik itu adalah Benteng Kuto Besak yang bersejarah. Dari benteng kuto besak itulah anda dapat menikmati pemandangan indah Sungai musi. Adapun umur benteng ini diperkirakan hingga ratusan Tahun. Saat ini benteng kuto besak ditempati oleh Kodam Sriwijaya.

Sejarah Singkat Benteng Kuto Besak

Sama halnya dengan beberapa daerah di Jawa yang terdapat keraton, begitu juga dengan benteng kuto besak ini merupakan sebuah keraton yang berfungsi sebagai benteng kesultanan Palembang sekitar abad 18. Awalnya pembangunan benteng kuto besak ini digagas oleh Sultan Mahmud Badaruddin I sekitar tahun 1780. Masa pemerintahan dari Sultan Mahmud Badaruddin I ini adalah pada periode Tahun 1724 s/d 1758. Karena masa pemerintahannya berakhir  dan belum siapnya keraton tersebut maka pembangunan diteruskan lagi oleh Sultan Mahmud Badaruddin yang menuntaskan pembangunan keraton pada masa periode pemerintahannya yaitu Tahun 1776 s/d 1803. Penyebutan benteng kuto besak ini oleh belanda dulu sebagai Nieuwe Keraton yang artinya adalah Keraton baru.       

Tujuan Wisata

Benteng Kuto Besak telah menjadi tempat nongkrong asik karena berada tepat di tepian sungai musi dengan hembusan udara laut yang sejuk membuat anda merasa betah berlama-lama di sini. Ditambah lagi dengan pemandangan sungai musi yang tampak indah dengan melintasnya banyak kapal mondar mandir di lautan. Pemandangan asik lainnya yaitu terbentangnya jembatan ampera yang bisa anda lihat dari benteng kuto besak tentu akan menambah syahdu suasana batin anda.  Selain sebagai tempat wisata, lokasi ini juga sering diadakannya event-event atau penyelenggaraan festival hiburan dengan latar jembatan ampera dan sungai musi. Aktivitas ini tentu menambah keseruan bagi pengunjung yang datang. Berkat kerja keras pemerintah setempat yang menata kawasan depan Benteng sehingga menjadi suatu alun-alun untuk aktivitas bagi wisatawan.

Waktu yang paling asik untuk nongkrong yaitu pada saat sore hingga malam hari karena pada malam hari bisa anda saksikan gemerlap nya cahaya lampu taman yang sangat indah menghiasi suasana malam. Dari arah sungai juga terpancarnya cahaya jembatan dan cahaya dari kapal-kapal yang berkilauan. Selain itu pada malam hari di kawasan ini banyak pedagang yang menjual bermacam dagangannya. Bermacam jenis kuliner banyak anda temukan di sini mulai dari pedagang kaki lima hingga restoran sangat mudah anda temukan.  Traveler juga bisa menikmati kuliner khas Palembang yaitu pempek Palembang yang banyak dijual pedagang kuliner kaki lima untuk pelengkap keseruan nongkrong anda di benteng kuto besak.

Lokasi

Lokasi dari benteng kuto besak ini berada dekat dengan jembatan Ampera dan berada di tepian sungai musi kota Palembang, sumatera selatan. Lebih detailnya lagi berada di Jl Sultan Mahmud Badarudin 19-Ilir, Bukit Kecil, Palembang.

One thought on “Nongkrong Asik Di Benteng Kuto Besak Palembang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *