Museum Negeri Sumatera Utara, Pusat Edukasi Generasi Muda

Museum adalah salah satu bangunan yang digunakan untuk menyimpan berbagai jenis peninggalan masa lalu. Biasanya museum di Indonesia digunakan untuk menyimpan barang peninggalan prasejarah atau juga peninggalan masa perjuangan kemerdekaan Indonesia. Salah satu museum yang terkenal adalah Museum Negeri Provinsi Sumut.

Museum ini juga bisa mengajarkan kepada generasi muda Indonesia bagaimana kehidupan prasejarah yang ada di Sumatera Utara. Disana kita bisa belajar berbagai jenis peninggalan pra sejarah seperti Arca, Ornamen dan lain-lain. Ini sangatlah bagus untuk media pembelajaran para generasi muda agar lebih mengerti bagaimana kehidupan pada zaman prasejarah.

Museum Negeri Provinsi Sumut ini bisa dibilang bangunan Museum yang cukup tua. Museum ini diresmikan pada 19 April 1982 oleh Menteri Pendidikan waktu itu Dr. Daoed Yoesoef. Nama lain dari Museum ini adalah Gedung Arca. Kita bisa mengajak anak-anak kita atau murid kita untuk mengunjungi Museum yang satu ini setiap Selasa sampai Minggu. Harga tiket yang dipatok juga sangat terjangkau sekali.

Lokasi dari Museum Negeri Provinsi Sumut ini juga bisa dibilang cukup mudah untuk dijangkau. Museum ini beralamat di Jalan H. M. Joni No. 15 Medan, Sumatera Utara. Koleksi dari Museum ini juga bisa dibilang sangat lengkap sekali. Di dalam terdapat banyak sekali seni ornamen dari suku-suku yang ada di Sumatera Utara seperti suku Nias, Toba, Karo, Melayu, Mandailing dan masih banyak lagi.

Bahkan Museum Negeri Provinsi Sumut ini bukan hanya mengoleksi benda prasejarah saja. Namun juga mengoleksi kebudayaan saat masa Kerajaan Hindu-Budha, Kerajaan Islam, Masa Pemerintahan Belanda, dan juga ada beberapa bukti peninggalan perjuangan bangsa Indonesia untuk meraih kemerdekaan.

One thought on “Museum Negeri Sumatera Utara, Pusat Edukasi Generasi Muda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *