Menjamah Sapaan Air Hangat di Salju Panas Dolok Tinggi Raja

Berkunjung ke Sumatera Utara belum lengkap rasanya jika belum mengunjungi Salju Panas Dolok Tinggi Raja. Obyek wisata yang dilindungi semenjak 1924 ini sangat eksotis layaknya salju namun berair panas.

Seperti namanya, Salju Panas Dolok Tinggi Raja ini berlokasi di Desa Dolok Merawan, di kecamatan Tapian Dolok, Simalumgun, Sumatera Utara. Destinasi wisata ini berlokasi di kawasan cagar alam yang luasnya 176 hektar, sedang untuk luas kawahnya sendiri sekitar 4 hektar dan berlokasi di kawasan hutan hujan tropis yang hijau dan subur dengan kombinasi pohon yang beraneka macam.

Anda bisa merasakan relaksasi di Salju Panas Dolok Tinggi Raja dengan mandi atau berendam di kolam air hangat bagian bawah. Sumber air panas yang suhunya bisa mencapai 900C ini berumber dari endapan kapur yang berasal dari panas bumi yang kaya akan belerang.

Belerang ini membentuk teras dari tanah kapur yang luasnya mencapai 35 hektar. Air panas ini keluar dari celah-celah di bukit kecil yang terdapat di sekeliling kawah dan mengalir diantara bebatuan kapur sehingga membuat bebatuan di sana memiliki warna seputih salju.

Anda bisa menyegarkan diri dengan mandi di air kolam dengan hawa sejuk serta air terjun mungil di bagian bawah tebing. Air belerang di Salju Panas Dolok Tinggi Raja ini sangat dipercaya mampu mengobati segala macam penyakit kulit semisal eksim, kudis, panu dan kadas.

Selain itu anda juga tidak boleh lupa untuk menikmati eksotisme alam Salju Panas Dolok Tinggi Raja lalu mengabadikannya dengan kamera terbaik anda. Sehingga sepulangnya dari berwisata anda bisa merasakan kenyamanan, kebahagiaan dan kenangan yang tak terlupakan di album foto anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *