Menilik Bangunan Bersejarah Masjid Raya Medan

Medan memiliki bangunan bersejarah peninggalan Kesultanan Deli. Bangunan tersebut adalah Masjid Raya Medan. Bangunan bersejarah ini juga biasa disebut dengan Masjid Raya Al Mashun. Meski usianya sudah lebih dari 100 tahun, Masjid Raya Al Mashun ini merupakan salah satu bangunan kebanggaan penduduk Medan karena desainnya yang menarik dan juga unik.

Jika Anda mencermati dengan baik, desain yang diadopsi untuk membuat Masjid Raya Medan ini sendiri menggunakan perpaduan Asia, Timur Tengah, dan juga Eropa. Tak hanya itu, meski usianya sudah lebih dari 1 abad, bangunan ini masih berdiri dengan megah dan sejumlah ornamen asli yang ada di sana masih terjaga dengan apik.

Lokasi Masjid Raya Medan sendiri terdapat di Jalan Sisimangaraja, Kecamatan Medan Kota. Pada tahun 1906, Masjid ini didirikan oleh raja pertama Kesultanan Deli, Makmun Al Rasyid Perkasa Alam dan tak pernah sepi pengunjung hingga saat ini. Tempat ini selalu ramai dikunjungi mereka yang ingin beribadah atau berwisata untuk menikmati arsitekturnya.

Bagian-bagian yang ada pada Masjid Raya Medan hampir seluruhnya masih asli. Di sebelah timur bagian luar, terdapat tempat wudhu dengan bangunan tua dan masih terawat. Sementara di bagian barat terhampar makam raja-raja sultan Deli termasuk pendiri Masjid ini dan sultan Deli terakhir, Letkol Purnawirawan TNI Otteman Mahmud Perkasa Alam.

2 thoughts on “Menilik Bangunan Bersejarah Masjid Raya Medan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *