Menikmati Keindahan Laut Pesisir Selatan Sumatera Barat Dari Puncak Mandeh

Pesisir selatan merupakan pusat kawasan wisata di Sumatera barat. Keindahan laut dan pantai menjadi daya tarik utama bagi turis lokal maupun asing. Salah satu obyek wisata yang dapat anda temukan di kawasan pesisir selatan Sumatera barat adalah Puncak Mandeh.

Puncak mandeh merupakan deretan bukit yang terletak di kecamatan koto XI Tarusan, kabupaten pesisir selatan, Sumatera barat. Kawasan puncak ini memiliki luas sekitar 18000 hektar dan dinaungi oleh 7 desa.

Keindahan Alam Puncak Mandeh

Dari atas puncak bukit mandeh anda bisa menikmati pemandangan indah pantai pasir putih carocok serta lautan biru yang sangat jernih. Anda juga bisa menikmati taman-taman yang berisi pepohonan rindang di atas bukit mandeh. Kawasan puncak mandeh juga dijuluki sebagai The Paradise in the South karena keindahan pemandangan alamnya.

Di kawasan ini juga terdapat lokasi wisata lain seperti pulau sironjong gadang, pulau Sironjong Ketek, Puncak Nona, Desa Kapo-Kapo, deretan hutan mangrove, sungai gemuruh dan air terjun.

Untuk menikmati keindahan alam di pulau ini anda bisa juga melakukan kegiatan wisata lain seperti snorkeling, diving, berenang, dan clif jumping. Disekitaran kawasan Mandeh juga banyak penjual yang menjual durian dengan harga terjangkau. Jadi ketika menikmati pemandangan di Puncak Mandeh jangan lupa untuk membeli durian untuk santapan saat diatas bukit.

Perjalanan Menuju Puncak Mandeh

Puncak Mandeh merupakan kawasan wisata yang telah dikembangkan oleh Pemprov Sumatera barat sehingga jalan dari kota terusan menuju kesanapun sangat mudah. Kekurangannya hanya pada saat perjalanan malam hari karena belum ada lampu penerangan sehingga anda harus sangat berhati-hati.

Saat memasuki kota Tarusan anda harus menuju kearah pasar tarusan. Kemudian dari pasar tarusan perjalanan menuju kawasan mandeh dapat ditempuh kurang lebih 30 menit. Selain lewat perjalanan darat dari padang menuju terusan anda juga bisa menggunakan perjalanan laut dengan menyewa kapal cepat dari pelabuhan Teluk Bayur, pelabuhan Bungus, atau pelabuhan Muara Padang. Tarif menyewa kapal ini tergantung dari kondisi kapal yang anda pilih. Biayanya mulai dari 1.5 juta hingga 30 juta.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *