Menikmati Keindahan Alam dan Menelusuri Jejak Sejarah Penting Kerajaan Sriwijaya di Bukit Siguntang

Di Palembang terdapat satu bukit yang indah dan sangat sakral karena banyak menyimpan rekam jejak sejarah, yaitu beberapa penemuan peninggalan Kerajaan Sriwijaya yang merupakan kerajaan yang sangat terkenal di Indonesia hingga mancanegara. Tempat wisata Bukit siguntang atau juga biasa disebut sebagai bukit seguntang ini memang masih kalah populer dari jembatan ampera yang merupakan ikonnya kota Palembang, namun di bukit ini memiliki banyak kelebihan yang sangat sayang untuk dilewatkan jika anda berkunjung ke Palembang. Bukit yang tingginya sekitar 30 M dari permukaan laut ini banyak ditemukan peninggalan purbakala dari kerajaan sriwijaya, seperti beberapa makam keramat para Raja dan bangsawan serta tokoh pahlawan kerajaan melayu Sriwijaya, artefak-artefak penting, dan peninggalan-peninggalan bernilai tinggi lainnya.

Keindahan Alam

Daratan tertinggi di Kota Palembang ini tentunya memiliki pemandangan alam yang indah ditumbuhi bermacam pepohonan rindang menghijau. Udaranya yang sejuk tentu sangat asik untuk sekedar menghabiskan waktu liburan bersama keluarga menyegarkan pikiran. Tempat ini juga cocok buat ber selfie dengan latar yang sangat klasik. Tidak sedikit juga yang menjadikan sebagai lokasi untuk foto pre wedding. Tentunya kebanyakan pengunjung ke tempat ini bertujuan untuk ziarah ke makam yang diyakini masyarakat sebagai makam keramat. Dengan berwisata ke bukit siguntang ini anda akan banyak memperoleh edukasi sejarah bernilai dan menikmati pesona alam yang berbeda.

Temuan Purbakala

Ditemukannya arca Budha Amarwati sekitar tahun 1920 di bagian selatan lereng bukit yang tingginya mencapai 277 cm. Selain itu ditemukan juga fragmen arca Bodhisattwa, Reruntuhan stupa terbuat dari batu bata dan batu pasir, arca kuwera, arca wairocanadalam dengan kondisi duduk bersama dengan chattra dan prabha nya. Penemuan selanjutnya seperti prasasti batu tulis yang ditulis dalam bahasa melayu kuno dan aksara Pallawa sebanyak 21 baris yang bercerita perihal dahsyatnya suatu pertempuran yang berdampak pada pertumpahan darah dalam skala besar dan menyatakan bahwa bagi siapa saja yang bersalah akan menerima kutukan.

Kawasan Makam

Pada area puncak bukit siguntang ditemukan kawasan makam keramat para Raja dan bangsawan serta tokoh pahlawan kerajaan melayu Sriwijaya, Yaitu :

  • Pangeran Raja Batu Api
  • Putri Kembang Dadar
  • Panglima Bagus Kuning
  • Raja Sigentar Alam
  • Putri Rambut Selako
  • Panglima Tuan Junjungan
  • Panglima Bagus Karang

Lokasi

Bukit Siguntang berlokasi kira-kira 3 kilometer dari sebelah utara Sungai Musi, masih dalam kawasan kota Palembang. Secara administratif masuk dalam area kelurahan Bukit Lama, Kec. Ilir Barat I, Kota Palembang, Sumatera Selatan. Jika diukur Jaraknya dari pusat kota Palembang kira-kira 4 KM arah Barat daya. Aksesnya cukup mudah bisa dicapai dengan angkutan umum tujuan Bukit Besar.

2 thoughts on “Menikmati Keindahan Alam dan Menelusuri Jejak Sejarah Penting Kerajaan Sriwijaya di Bukit Siguntang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *