Menakjubkan! Masjid Ini Mengalami Perombakan 18 Kali Dan Diabadikan Oleh Pelukis Inggris

Siapa sangka jika Bandung ternyata memiliki sebuah ikon yang sangat menakjubkan dan layak untuk digali lebih dalam. Mungkin belum banyak orang yang tahu terkait dengan Masjid Raya Bandung pada zaman dahulu. Sebuah masjid yang dulunya didirikan pada tahun 1810 dan telah mengalami perombakan hingga delapan kali hingga abad ke-19, lima kali hingga abad ke-20 dan sekali lagi di tahun 2001 ini merupakan masjid provinsi Bandung yang lokasinya sangatlah srategis. Masjid yang diresmikan oleh H.R Nuriana ini mengusung corak Arab yang sebelumnya memiliki corak Sunda.

Terkait dengan arsitektur dari Masjid Raya Bandung ini, bisa dilihat bahwa pada sisi kanan dan kiri masjid berdiri dengan kokoh sebuah menara yang masing-masing setinggi 81 meter. Selain itu, atap dari masjid ini juga memiliki desain tradisional yaitu joglo dengan kombinasi kubah yang besar ada di tengah-tengahnya. Dengan luas bangunan yang mencapai 8,575 meter persegi ini, masjid ini mampu menampung setidaknya 13,000 jamaah.

Dengan keindahan arsitektur Masjid Raya Bandung yang tergolong sangat mewah, seorang pelukis Inggris W Spreat mencoba untuk menuangkan keindahan masjid pada sebuah kanvas pada tahun 1852. Namun demikian, dengan adanya perkembangan zaman, masjid yang semula menjadi pusat keagamaan ini kemudian berkembang fungsinya sebagai tempat untuk melangsungkan ijab kabul hingga berbagai acara keagamaan lainnya. dengan adanya kemegahan dan keunikan yang demikian ini, menjadikan Masjid Raya Bandung sebagai bagian tempat wisata religi yang layak untuk dijajaki ketika berwisata di Bandung.

2 thoughts on “Menakjubkan! Masjid Ini Mengalami Perombakan 18 Kali Dan Diabadikan Oleh Pelukis Inggris

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *