Melepas Penat di Pulau Pramuka Yuk!

Tempat wisata bahari hingga kini masih menjadi primadona. Pria, wanita, tua muda tentu suka dengan tempat wisata bahari. Bagaimana tidak? Di tempat wisata bahari pengunjung bisa menikmati keindahnya panorama laut pada pagi dan sore hari, merasakan angin laut, mendengarkan deburan ombak, bahkan menikmati keindahan dunia bawah air.

Di Indonesia sendiri memiliki banyak tempat wisata bahari seperti sepanjang pesisir pantai selatan, Bali, Lombok, termasuk Kepulauan Seribu. Nah, dalam artikel kali ini penulis akan membahas tentang perjalanan wisata ke Pulau Pramuka mulai dari transportasi hingga penginapan. Simak informasinya berikut.

Lokasi Pulau Pramuka

Lokasi Pulau Pramuka ini terletak tidak jauh dari pulau Harapan. Sementara itu, jika diambil patokan dari Jakarta, letaknya sangat jauh dibanding beberapa pulau lainnya seperti pulau Pari dan Pulau Tidung. Awalnya, pulau ini hanya pulau kosong. Tapi, lambat laun pulau ini mulai berubah menjadi salah satu tempat wisata di Kepulauan Seribu. Bukan itu saja, kini Pulau Pramuka menjadi pusat penangkaran penyu sisik. Penyu sisik sendiri merupakan salah satu hewan langka di Indonesia.

Transportasi ke Pulau Pramuka

Untuk bisa ke Pulau Pramuka, dari Muara Angke Jakarta Anda bisa menaiki penumpang seperti kapal ferry atau speedboat. Jika Anda menggunakan jasa perusahaan travel, Anda akan ditawari apakah transportasi yang akan Anda pilih speedboat ataukah kapal ferry. Perbedaan keduanya terletak pada harga dan kenyamanan.

Penginapan di Pulau Pramuka

Meskipun belum banyak orang yang menjadikan Pulau Pramuka sebagai destinasi wisata utama, namun kini mulai banyak orang yang melirik tempat wisata ini, Seiring dengan semakin bertambahnya jumlah pengunjung yang datang, fasilitas di Pulau Pramuka ini pun semakin diperbaiki. Penginapan yang ada di Pulau Pramuka ini tergolong penginapan yang sangat terawat dengan fasilitas yang lengkap seperti AC, air mineral, TV, dan kasur yang empuk. Jadi, Anda tidak usah khawatir untuk kebutuhan istirahat di pulau ini. Penginapan di pulau ini juga macam-macam tergantung dengan fasilitas yang ditawarkan.

Aktivitas di Pulau Pramuka

Lantas, apa saja yang bisa dilakukan di Pulau Pramuka ini? Ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan di pulau ini. Sama halnya dengan wisata di pulau atau pantai ain, di pulau ini Anda bisa bermain pasir putih, jalan-jalan di pantai, bersepeda mengelilingi pulau, snorkeling, dan mengunjungi penangkaran penyu yang langka. Jika Anda membawa serta anak-anak, rasanya melihat penangkaran penyu akan menjadi acara yang wajib untuk dilakukan. Penyu sisik yang merupakan hewan langka di Indonesia bisa Anda lihat di sini. Bukan hanya penangkaran penyu sisik, di sini juga terdapat penangkaran hiu. Anak-anak tentu akan sangat senang, bukan?

Paket Wisata

Paket wisata ke Pulau Pramuka banyak ditawarkan oleh berbagai perusahaan jasa travel. Harga yang ditawarkan berbeda-beda tergantung dengan banyaknya orang, untuk satu paket wisata, biasanya peserta akan mendapatkan transportasi dari Muara Angke ke Pulau Pramuka pulang pergi (PP), penginapan, sepeda, alat snorkeling, kapal untuk snorkeling, makan, BBQ, jalan-jalan ke penangkaran penyu dan hiu, wisata ke pulau lain, seperti Pulau Semak atau Pulau Air, dokumentasi foto (jangan lupa membawa flashdisk atau memory card untuk meng-copy foto), dan air galon.

Sementara harga yang ditawarkan akan bervariasi tergantung dari banyaknya orang, mulai dari Rp. 300.000an perorang (untuk peserta di atas 21 orang) hingga Rp. 500.000 perorang untuk minimal 2 orang.

Itulah informasi tentang wisata di Pulau Pramuka. Semoga informasi ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *