Masjid Muhammad Cheng Hoo Batam Sangat Indah dengan Puncak Pagoda Berlafaz Allah

Masjid Muhammad Cheng Hoo ini bentuknya menyerupai klenteng yang menjadikan daya tarik bagi para wisatawan ketika berkunjung ke Batam. Warna merah khas bangunan Tionghoa ini selain menjadi tempat ibadah umat muslim juga menjadi tempat wisata yang menarik dengan campuran budaya.

Masjid Muhammad Cheng Hoo berada di kawasan Golden City tempat wisata di Bengkong, Batam. Masjid dengan warna merah yang sangat menarik seperti pagoda ini memiliki dinding dari keramik yang juga berwarna merah. Sedangkan pada bagian tiang bagian depan terdapat warna kuning keemasan yang menambah bangunan masjid semakin unik.

Bangunan Masjid Muhammad Cheng Hoo Merupakan Campuran Dua Budaya

Dari luar tampak pagar merah dan luasnya pelataran dengan paving kotak yang menciptakan suasana masjid terlihat terawat dan bersih. Keunikan yang khas pada bangunan masjid Muhammad Cheng Hoo ini merupakan perpaduan dwi budaya, yakni budaya Jawa yang melekat pada atapnya yang berbentuk Joglo. Atap Joglo dipadukan dengan pagoda di tengahnya.

Pagoda sendiri merupakan budaya yang di angkat dari Cina. Masjid ini menjulang sangat tinggi dengan 3 atap dengan ukuran yang sama besarnya. Tepat pada puncak di atas pagoda tertancap lafaz Allah yang sangat indah dan mengingatkan kita untuk senantiasa menjaga ibadah. Tersebar huruf-huruf kaligrafi yang menyejukkan mata di setiap dinding bagian atas.

Kaligrafi pada sela-sela atap berbentuk pagoda ternyata berupa kalimat-kalimat Asmaul Husna yang ditulis melalui media kaca. Sementara untuk kaligrafi lainnya diukuir dengan semen yang juga memiliki fungsi sebagai jendela dan juga ventilasi yang sangat keren jika dilihat.

Bangunan masjid di sini diberikan papan nama yang terbuat dari bahan granit. Nama granit bertuliskan Masjid Muhammad Cheng Hoo. Uniknya pada baris yang kedua terdapat empat huruf Mandarin yang tertoreh dengan tinta emas yang artinya dalam bahasa Indonesia juga sama yakni Masjid Muhammad Cheng Hoo.

Lokasi Masjid

Masjid Muhammad Cheng Hoo berlokasi di kawasan Golden City, bengkong Laut. Lebih tepatnya berada dibalik Restoran Seafood Golden Prawn yang disampingnya juga terdapat Mapolsek Bengkong. Kawasan disekitar sedikit terlihat gersang dan berdebu. Di samping kanan-kiri masjid tersebut, terdapat bangunan-bangunan lain yang ada disekitar berupa ruko.

Masjid Muhammad Cheng Hoo didirikan di tahun 2015. Masjid tersebut kini semakin populer dan dikunjungi oleh wisatawan asing dari berbagai negara terdekat diantaranya Brunei, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Myanmar.

Untuk melengkapi destinasi wisata anda selama ke Batam, tidak ada salahnya jika anda berkunjung ke masjid Muhammad Cheng Hoo, selain beribadah anda bisa melihat-melihat suasana apa saja yang muncul di sekeliling dan di dalam bangunan masjid. Selain itu anda juga bisa melihat bangunan yang dipadukan oleh budaya dan adat yang menawan dengan warna cerahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *