Kuliner Surabaya Yang Sayang Dilewatkan

kuliner surabaya

Ketika menjalani suatu kegiatan pariwisata, kuliner merupakan hal pertama yang menjadi incaran para wisatawan. Salah satu kota besar yang kaya akan sajian kuliner ialah Surabaya. Kuliner Surabaya terdiri dari beragam masakan dengan cita rasa yang khas ala kota tersebut. Kota yang terkenal dengan simbol buaya tersebut memiliki sajian mantap yang dijamin sayang jika anda lewatkan.

Maka dari itu, jika anda sedang singgah disana maka sempatkanlah berburu kuliner Surabaya. Kota ini mempunyai kekayaan kuliner yang tentunya berbeda dengan kota-kota lain, apabila solo memiliki landmark nasi liwet, semarang dengan lumpianya serta jogja memiliki khas sambel mercon, lalu apa yang ditonjolkan oleh Surabaya sebagai wisata kuliner terbaiknya? Nah, anda dapat mengetahui kuliner Surabaya diulasan berikut ini.

Kuliner Surabaya Yang Menggugah Selera

Makanan memang merupakan salah satu hal yang selalu dicari dan diminati dimanapun tempatnya, terlebih lagi jika berada di area atau lokasi pariwisata. Kota-kota besar seperti Surabaya ini tentulah memiliki kekayaan dan potensi kuliner yang mampu membangkitkan semangat tiap orang untuk menyantap masakan khasnya. Bagaimana tidak, rempah-rempah yang berlimpah ada dalam masakan khas Surabaya. Berikut beberapa gambaran kuliner Surabaya yang mampu membangkitkan selera makan anda:

1. Kuliner Surabaya Yang Menggigit Bertajuk Sate Klopo

sate klopo-kulinersurabayaDari namanya saja anda pasti sudah terbayang-bayang betapa lezat dan uniknya masakan khas ini. Ya, kuliner Surabaya yang berikut ini patut anda coba karena ketika sampai di mulut anda pastilah akan memberikan sensasi goyang lidah yang seolah tak ingin berhenti. Sate klopo ini seperti sate kebanyakan, yakni terbuat dari daging. Klopo dalam bahasa jawa artinya kelapa tetapi bukan kelapanya yang dijadikan sate, melainkan kelapa tersebut dijadikan sebagai pelumur pada sate sebelum dibakar. Sehingga rasa dari sate lebih gurih. Yang menjadikan kuliner Surabaya berupa sate klopo ini unik ialah bahan baku pembuatannya yang berasal daging serta dari campuran jeroan dan lemak sapi.

2. Sensasi Pedas dan Nikmati Dari Nasi Goreng Jancuk

nasi goreng jancuk-kuliner surabayaBagi anda yang gemar makan nasi goreng wajib mencicipi kuliner Surabaya berupa nasi goreng dengan porsi besar ini. karena rasanya terbilang nikmat dengan penyempurna berupa rasa pedasnya. Jika anda sangat menyukai pedas, maka nasi goreng ini cocok untuk anda jadikan kawan akrab ketika singgah di Surabaya. Satu porsi nasi goreng jancuk dapat anda konsumsi bersama empat hingga lima orang dengan harga sekitar 100’an saja.

3. Soto Lamongan Kreasi Cak Har

soto lamongan cakhar-kuliner surabayaSoto lamongan merupakan salah satu kuliner Surabaya yang mana sudah terkenal di telinga khalayak umum. Kuliner berkuah ini memang bukan makanan asli Surabaya, tetapi justru lebih terkenal di Surabaya. Memang jenis soto banyak sekali, salah satunya soto dari kawasan Jawa Tengah, namun soto tersebut tentu berbeda dengan soto Lamongan. Pasalnya soto-soto di daerah Jawa Tengah memiliki kuah bening, sedangkan soto Lamongan malah dimasak menggunakan santan sehingga dari segi rasa cenderung lebih gurih dan agak kental. Banyak sekali produsen soto Lamongan yang berkeliaran di Surabaya, namun yang paling mantap ialah Soto Lamongan Cak Har yang berada di Jl. Ir. Soekarno, Surabaya. Kuliner Surabaya ini patut untuk anda coba.

4. Duet Maut Antara Semur Daging, Serundeng dan Sambal Trasi Dalam Balutan Nasi Krawu

nasi krawu-kuliner surabayaNasi Krawu merupakan makanan dari Gresik, yang mana menjadi salah satu landmark kuliner Surabaya. Anda akan mendapatkan paket komplit dengan mengkonsumsi seporsi nasi krawu. Karena, dalam satu porsi sudah tersaji beragam sajian makanan yang terdiri dari: nasi putih, semur daging, jeroan sapi, serundeng dan tak lupa sambal terasi. Nasi putihnya yang pulen serta kolaborasi dari lauk-lauk tersebut sangat cocok untuk anda jadikan menu sarapan.

5. Rujak Cingur Yang Menjadi Ciri Khas Kuliner Surabaya

rujak cingur-kuliner surabayaMakanan berikut memang sudah sangat terkenal. Selain tergolong ke dalam jenis makanan yang unik, rujak cingur juga memiliki rasa yang sangat nyami. Satu porsi rujak cingur tersusun atas: sayur, buah-buahan, lontong yang diguyur dengan bumbu kacang dan petis, serta bahan utama berupa hidung kerbau.

Wisata Kuliner Surabaya Pada Malam Hari

Terdapat beberapa tempat wisata kuliner Surabaya yang buka pada malam hari. Sehingga apabila anda sampai di kota Surabaya pada waktu malam tak perlu khawatir tidak bisa mencicipi masakan khas kota tersebut. Berikut lokasi kuliner Surabaya yang bisa anda kunjungi pada malam hari.

1. Sego Sambel Mbak Yeye

sego sambel yeye-kuliner surabayaBerikut ini merupakan warung makan yang mengusung nasi putih dengan aneka pilihan lauk seperti ikan pari, telur dadar, tempe goreng dan sambal sebagai menu andalan. Yang menjadikan usaha mbak Yeye ini melejit ialah rasa khas dari sambalnya yang juga super pedas dan nikmat. Sembari menikmati angin malam Surabaya anda dapat mengunjungi tempat ini yang berlokasi di Jl. Jagir Wonokromo Wetan No. 12. Buka mulai pukul 10 malam.

2. Pecel Ambulance Bu Hana

pecel ambulan bu hana-kuliner surabayaNamanya memang cenderung unik, meskipun terdapat nama ambulance tetapi ketika menyantap pecel ini dijamin anda takkan diboyong ambulance. Warung ini menyediakan nasi pecel, yang mana buka pada pukul 22.30 WIB.

3. Sop Buntut Gelora Pancasila

sop buntut gelora pancasila-kuliner surabayaDepot ini buka selama 24 jam, sehingga akan mempermudah proses perburuan anda. Tempat ini menjual masakan sop buntut yang paling lezat di kawasan Surabaya, anda akan rugi jika tak mencobanya.

Itulah beberapa informasi seputar kuliner yang bisa anda kunungi sewaktu di Surabaya. Dengan informasi ini anda dijamin tidak akan bingung lagi mencari tempat makan yang bisa dikunjungi saat rasa lapar datang.

2 thoughts on “Kuliner Surabaya Yang Sayang Dilewatkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *