Kreasi Unik Kuliner Semarang

Kuliner Semarang

Ketika melakukan kunjungan wisata ke suatu kota tentu yang anda cari kedua setelah alternatif pariwisatanya ialah kuliner. Kuliner merupakan suatu kelengkapan wajib yang selalu diincar oleh para pelancong. Salah satu sajian kuliner mantap dimiliki oleh kuliner Semarang. Kota ini mempunyai banyak sekali makanan khas yang dapat memanjakan lidah para travellers seperti anda. Anda bahkan dapat dikatakan belum mengunjungi Semarang apabila belum mencicipi beberapa menu andalan yang ada di Semarang.

Kuliner Semarang memang memiliki cita rasa yang khas, serta hidangannya juga dinilai cukup bervariasi. Sehingga bagi anda yang suka terhadap ragam kuliner di Nusantara akan rugi bila tak mencoba kuliner Semarang.

Ragam Kreasi Unik Ala Kuliner Semarang

Kuliner Semarang menyajikan ragam menu yang bervariasi, mulai dari makanan yang dapat anda jadikan sebagai camilan hingga jenis makanan berat. Makanan ringan atau kecil dapat anda jadikan sebagai teman perjalanan anda. Ketika makanan-makanan tersebut sudah mulai masuk ke mulut anda, pastinya lidah anda akan terasa digoyang dengan alunan rasa kuliner Semarang yang menggoda. Lalu apa saja kreasi lezat kuliner khas kota Semarang tersebut? Berikut ulasannya.

1. Lumpia

Lumpia-Kuliner SemarangLumpia atau yang biasa disebut dengan lumpia ini tentu sudah tak asing lagi bagi anda, karena Semarang dikenal dengan makanan khas berupa lumpia ini. lumpia asal Semarang merupakan jenis makanan yang berisi dari rebung muda, telur, daging ayam hingga udang. Makanan berikut ini masuk ke Semarang sekitar tahun 1930, yang membawanya ialah seorang pemuda yang berasal dari Tiongkok yang memiliki nama Jwa Dayu. Untuk cita rasa yang ditawarkan oleh kuliner Semarang ini merupakan kolaborasi antara rasa Indonesia dan Tionghoa. Untuk lumpia yang paling terkenal disana ialah Lumpia Gang Lombok atau Warung Siem. Anda akan disediakan 2 alternatif pilihan jenis lumpia disana, yaitu lumpia basah dan lumpia kering, bedanya lumpia kering sudah digoreng. Kemudian lumpia disajikan dengan beberapa bahan pelengkap seperti: saus yang dibubuhi taburan cacahan bawang putih, cabai rawit dan bawang muda. Anda harus mencoba kuliner Semarang ini jika sedang singgah di Semarang.

2. Nasi Gandul

Nasi Gandul-Kuliner SemarangUntuk jenis kuliner Semarang berikut tergolong ke dalam makanan berat karena berasal dari nasi yang masih hangat. Nasi tersebut kemudian dipadukan dengan lauk yang berasal dari bagian sapi, bagian tersebut bisa berupa jeroan, lidah, daging sapi itu sendiri, paru hingga badan lain yang menjadi bagian dari sapi. Yang kemudian disirami kuah yang berasal dari campuran kaldu dan santan yang memiliki warna kecoklatan serta bersifat keruh nan encer. Namun hidangan kuliner Semarang tersebut belum lengkap, masih ada jeruk nipis, tempe goreng yang digoreng kering serta sambal sebagai teman setianya. Makanan berat ini paling syahdu jika anda santap pada malam hari dan apalagi cuaca sedang hujan. Untuk menambah kekompakan dari makanan tersebut, anda dapat memesan teh hangat untuk minumnya.

3. Wedang Tahu

Wedang Tahu-Kuliner SemarangMinuman ini memiliki aroma jahe dan isi berupa kembang tahu yang dibuat dari sari kedelai. Kabarnya, kuliner Semarang ini berasal dari negeri Tiongkok yang kemudian dikenal sebagai minuman khas Semarang. Anda dapat menikmati minuman yang berikut ini pada malam, sore hingga pagi hari, karena khasiatnya cukup bagus untuk tubuh, yakni sebagai penghangat badan.

Semarang Resto Terfavorit Yang Dapat Anda Kunjungi

Anda telah menyimak sedikit ulasan terkait kuliner Semarang, maka rasanya akan kurang lengkap apabila anda tak mengetahui juga dimana saja resto-resto terkenal yang ada disana. memang, Semarang merupakan salah satu kota besar, yang mana banyak terdiri rumah makan hingga resto yang terkenal. Namun, tentunya anda tak ingin mendapatkan pengalaman buruk bukan dengan memilih resto yang tak tepat ketika berada disana? s sajian resto terbaik di Semarang dengan menu andalan kuliner Semarang.

1. Pesta Keboen

Pesta Keboen-Kuliner SemarangRumah makan berikut ini mempunyai desain yang cukup unik, yakni dengan mengusung konsep rumah pada zaman dahulu. Namun, menariknya hal itulah yang membuat pengunjung tertarik datang kesini. Resto ini memiliki dua bagian, yakni indoor dan outdoor.  Untuk area indoor ditujukan untuk area no-smooking, sedangkan yang outdoor untuk yang merokok atau area bebas merokok. Fasilitas yang disediakan juga cukup menarik, yakni berupa live musik dan tempat bermain anak-anak. Untuk kuliner Semarang yang ditawarkan merupakan makanan khas.

2. Waroeng Semawis

Waroeng Semawis-Kuliner SemarangSebenarnya ini merupakan Pasar Semawis yang namanya lebih dikenal dengan sebutan waroeng Semawis. Bentuknya seperti pasar malam, dan hanya buka 3 hari dalam seminggu, yakni pada hari jumat, sabtu dan minggu. Disini tersaji kuliner  Semarang, masakan Nusantara lainnya hingga beberapa masakan Eropa dan menu oriental. Namun, bagi anda yang memeluk agama Islam sebaiknya lebih cermat dalam memilih menu makanan disini, karena ada beberapa makan yang berbahan olahan daging babi.

3. Rumah Makan Kampung Laut

Rumah Makan Kampung Laut-Kuliner SemarangDinamakan demikian karena pada rumah makan ini juga menyediakan tempat pemancingan. Untuk tempat makannya juga menyerupai saung yang mengapung ditengah kolam. Bagi anda yang mengajak buah hati tak perlu khawatir, karena juga tersedia beberapa permainan bagi anak-anak. Tersaji olahan seafood, ayam hingga iga sapi.

Sebenarnya masih ada banyak pilihan kuliner di Semarang yang dapat anda cicipi. Selain beberapa tempat wisata yang memukau, Semarang juga memiliki daya pikat kuliner yang bisa menyihir selera makan para pengunjung. Dengan informasi di atas, semarang mungkin bisa anda masukkan ke daftar kota yang ingin anda kunjungi saat liburan.

One thought on “Kreasi Unik Kuliner Semarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *