Petualangan Wisata Kuliner Palembang

kuliner palembang

Ketika hendak menuju suatu kota dengan destinasi wisata yang terbilang apik, tentu anda tidak akan bisa terlepas dari kuliner khasnya. Salah satu kota yang kaya akan makanan-makanan khas ialah Palembang. Tentu sebagian dari anda sudah tahu apa kuliner Palembang yang paling populer. Indonesia merupakan negara yang memiliki aneka ragam masakan daerah, sehingga masing-masing daerah memiliki potensi kulinernya masing-masing.

Bagi anda yang ingin berkunjung ke Palembang, akan sangat disayangkan apabila belum mencoba variasi kuliner Palembang tersebut. Anda dapat melakukan penjelajahan terhadap kuliner Palembang sembari menikmati aroma khas kota  Palembang. Tentu petualangan ini akan sangat seru, terlebih lagi jika anda baru pertama kali menjejakkan kaki di kota tersebut. Terkadang seseorang harus melakukan pengalaman-pengalaman baru agar hidupnya tidak monoton dan membosankan. Nah, cobalah mengitari wisata kuliner Palembang demi mendapatkan sensasi wisata yang berbeda.

Sensasi Sempurna Kuliner Palembang

Kuliner Palembang memang cukup terkenal, selain itu kota yang satu ini juga menawarkan anda beberapa alternatif tempat wisata yang juga menawan. Petualangan anda berburu kuliner di tempat ini takkan sia-sia. Maka dari itu, inilah beberapa kuliner Palembang sedap yang dapat anda coba selagi berada di Palembang:

1. Tekwan

Ktekwan-kulinerpalembanguliner Palembang yang pertama ini memiliki bahan baku yang terbuat dari olahan ikan, yang kemudian dimasak dengan metode rebus, lalu dibentuk dengan cara dipelintir. Tekwan ini kemudian disempurnakan dengan kuah yang semakin lezat untuk anda cicipi bersama keluarga.

2. Gado-Gado

Mungkin untgado-gado-kuliner palembanguk olahan makanan yang ini anda sudah tak asing lagi. karena makanan ini juga tersaji di tanah Jawa. Namun rasanya tetaplah berbeda, karena berbau khas Palembang. Kuliner Palembang yang berikut ini menanti untuk anda coba lho.

3. Burgo

burgo-kuliner palembangUntuk menu makanan berikut ini biasanya dijadikan menu untuk sarapan. Makanan khas dari Palembang ini terbuat dari bahan baku beras yang telah diolah. Burgo merupakan makanan yang berkuah, yang mana terbuat dari santan yang kemudian diberi bumbu kuning. Nikmatnya sajian makanan ini akan menghangatkan pagi anda.

4. Laksan

Laksan-kuliner PalembangMasih dengan kuliner Palembang yang mengusung konsep makanan berkuah, kali ini dikenal dengan nama laksan. Berasal dari bahan dasar ikan yang lalu diberi kuah santan yang renyah. Kuahnya yang kental akan membuat anda sangat terpesona dengan variasi makanan berikut ini. selain itu, anda dapat menyantap jenis makanan ini bersama orang-orang tersayang anda. Akan sangat rugi bagi anda jika sudah berlabuh di Palembang tetapi tidak mencoba makanan lezat berikut ini.

5. Es Kacang Merah

eskacangmerah-kulinerpalembangJika anda mulai bosan dengan kuliner Palembang yang berbasis makanan, maka anda dapat berpindah ke menu minuman berupa es kacang merah. Untuk tipe minuman ini tergolong ke street food, jadi dapat anda temukan dipinggir jalan. Es kacang merah ini dihidangkan dengan beberapa alternatif pilihan rasa, serta mempunyai tekstur yang cukup lembut, sehingga lebih lumer di mulut. Berpadu dengan kuah santan dan gula jawa akan menjadikan rasanya semakin harmonis ketika bersarang di lidah anda.

6. Model

model-kuline rpalembangDari namanya saja sudah unik, yakni Model. Makanan ini sebenarnya hampir menyerupai pempek, yakni berbahan dasar ikan yang sama. Yang membedakan ialah teksturnya, model memiliki tekstur yang lebih lembut jika dibandingkan dengan pempek.

7. Adaan

adaan-kuliner palembangUntuk makanan ringan ini hampir menyerupai pempek juga, namun bentuknya bulat. Dari segi rasa juga hampir sama dengan pempek.

 

8 Lenggang

lenggang-kuliner palembangIni merupakan salah satu kuliner Palembang yang juga sangat populer. Merupakan makanan padu-padan, yakni dari telur yang dicampurkan dengan ikan. Cara memasaknya dengan dipanggang, kemudian disajikan dengan alas daun pisang.

 

9. Pempek

pempek-kuliner palembangMasyarakat awam pun tentu tahu menu makanan ini. ya, makanan terkenal ini memang memiliki daya pikat tersendiri. Untuk jenisnya juga beragam, yakni tersedia pempek telor, pempek keriting, pempek pistel dan banyak lagi ragamnya.

 

Tempat kuliner Palembang Yang Paling Populer

Dengan sajian yang cukup beragam, anda dapat menikmati snatapan makanan di kota Palembang. Agar rasanya lebih menggigit maka penting bagi anda memilih tempat kuliner Palembang yang terlezat. Beberapa referensi tempat yang dapat anda pilih ialah:

1. Restoran Sri Melayu di Demang Lebar Daun

Resto ini berdiri sejak tahun 2000, yang didirikan oleh Pak H. Ismail Umar. Ketika berkunjung kesini, anda akan disuguhi oleh arsitektur yang indah nan megah. Pada bagian depan, desainnya akan terkesan laksana rumah panggung. Selain desainnya yang apik, resto ini juga terdapat menu-menu lezat yang dapat menarik hasrat makan anda. Pindang merupakan menu utama yang dihidangkan oleh restoran ini.

2. Restoran Riverside di Benteng Kuto Besak

Olahan makanan yang disajikan disini tidak hanya kuliner Palembang saja, melainkan menu makanan lain seperti Chinese food dan dimsum. Lokasinya ada di pinggiran sungai Musi, sehingga sembari bersantap makanan anda akan disuguhi oleh pemandangan apik dari Jembatan Ampera.

3. Bakso Gendut

Inilah bakso yang paling top di Palembang, berlokasi di Jln. Srijaya Negara dekat dengan SMU 10. Bakso ini juga memiliki cukup banyak cabang, sehingga mencarinya tak sulit. Anda dapat menikmati sajian bakso mantap disini.

Ragam kuliner Palembang tersebut akan menjadikan anda tambah cinta dengan masakan khas Nusantara. Anda haruslah mencoba satu per satu masakan tersebut, agar tidak meninggalkan rasa sesal selagi ada di kota pempek, yakni Palembang.

One thought on “Petualangan Wisata Kuliner Palembang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *