Ini Kuliner Jakarta Yang Wajib Anda Cicipi

Kuliner Jakarta

Jakarta merupakan salah satu kota padat penduduk di tanah air. Kota Jakarta juga dikenal sebagai pusatnya pemerintahan Indonesia. Tak hanya menjadi pusat pemerintahan, Jakarta rupanya memiliki ragam kuliner yang lezat dan sayang bila tidak dicicipi. Agar tidak penasaran berikut kami rangkumkan ragam kuliner Jakarta beserta sejarahnya.

Sejarah Kuliner Jakarta

Masakan khas Jakarta dikenal sebagai masakan dengan cita rasa yang istimewa. Resep dari setiap masakan dihasilkan dari bahan-bahan pilihan sejak ratusan tahun silam. Dahulu, masyarakat Jakarta mengenal kuliner Jakarta dengan masakan Betawi kuno.

Konon, sebelum menjadi pusat kota seperti sekarang ini, Jakarta dihuni oleh masyarakat Betawi dan orang etnis China. Namun karena perpecahan dan penjajahan, masyarakat etnis China tak banyak lagi tinggal di Jakarta. Karena itulah, sedikit banyak Kuliner Jakarta dipengaruhi oleh masakan etnis China yang dulu pernah tinggal di Jakarta.

Tak hanya itu saja, beberapa makanan khas masyarakat Betawi juga banyak bercita rasa masakan Eropa dan Arab. Maka dari itu, tak heran bila banyak masyarakat modern kini dengan mudah menjumpai beberapa masakan yang disajikan dengan sajian mirip masakan negara lain layaknya khas China dan Eropa.

Kuliner Khas Jakarta

Ada banyak macam kuliner Jakarta yang bisa dicicipi selagi berada di kota metropolitan ini. Beberapa diantaranya seperti yang akan dijelaskan berikut ini

1. Kerak telor

kerak telor-kuliner jakartaSebagian orang tentu sudah mengenal nama kerak telor. Bahkan di sejumlah daerah sudah mulai banyak pedagang yang menjual kerak telor khas Betawi. Kerak telor merupakan makanan khas Betawi yang sudah ada sejak jaman penjajahan. Konon, pada saat Jakarta masih bernama Batavia, kerak telor dibuat dengan memanfaatkan daging buah kelapa yang banyak tumbuh dan dimasak menggunakan beras ketan.

Salah satu kuliner Jakarta ini dibuat dari telur ayam, ketan putih serta udang yang dikeringkan. Adapun bumbu khas dari kerak telor betawi ialah cabai merah, kelapa yang disangrai, jahe, merica serta beberapa kencur.

2. Nasi uduk

nasi uduk-kuliner jakartaNasi uduk juga merupakan salah satu kuliner Jakarta yang hingga kini masih banyak dijual di berbagai tempat. Bahkan di setiap gang-gang di kota Jakarta, anda bisa dengan mudah menjumpai menu nasi uduk. Nasi uduk khas Jakarta biasanya dibuat dengan berbagai macam bahan dan bumbu pilihan. Bahan dasar nasi uduk ialah beras pilihan. Beras putih tersebut kemudian dimasak dengan santan yang sudah diberi bumbu. Bumbu khas nasi uduk Jakarta misalnya saja daun serai, garam, jeruk serta bumbu dapur lainnya.

Nasi uduk umumnya disajikan sewaktu masih panas. Kuliner Jakarta ini juga sangat cocok jika dinikmati dengan tahu atau tempe goreng. Bila anda berkunjung ke Jakarta, nasi uduk ini bisa anda beli dengan harga yang sangat murah. Anda juga bisa meminta tambahan mentimun sebagai lalap saat menyantap nasi uduk Jakarta.

3. Pindang Bandeng

pindang bandeng-kuliner jakartaKuliner Jakarta ketiga yang musti anda coba ialah pindang bandeng khas Jakarta. Masakan dengan citarasa gurih, pedas, serta asam ini banyak diburu oleh warga Jakarta. Bahkan pindang bandeng konon adalah menu harian masyarakat Betawi. Pindang bandeng biasanya diolah dari ikan bandeng dan dicampur dengan rempah-rempah khas Betawi. Tambahan belimbing wuluh membuat masakan pindang bandeng menjadi lebih segar dan nikmat.

Sementara kuah pindang bandeng terasa gurih menyerupai masakan semur. Bila menyantap masakan khas Betawi ini, anda dapat memanfaatkan nasi putih serta beberapa lauk lainnya. Harga yang ditawarkan untuk setiap pindang bandeng juga merakyat. Jadi tak perlu takut kehabisan uang saat membeli salah satu kuliner Jakarta ini.

4. Ketupat Sayur dan Babanci

Ketupat Babanci-kuliner jakartaNama babanci mungkin akan terasa asing bagi masyarakat luar Jakarta maupun masyarakat modern saat ini. Mengapa? Hal ini karena kuliner Jakarta yang satu ini sudah jarang yang menjual. Bahkan bila anda memutari kota Jakarta, hanya ada sedikit orang yang bisa membuat ketupat babanci.

Masakan ketupat babanci dahulu diolah dengan rempah-rempah berupa bawang merah dan bawang putih, kemiri cabai dan jali-jali. Sayangnya saat ini ini tumbuhan jali-jali sangat sulit didapat. Inilah yang menyebabkan ketupat babanci menjadi langka karena ciri khas dari masakan ini adalah jali-jali yang diolah untuk kuahnya.

Sementara kuliner Jakarta lainnya yang masih dibuat dengan memanfaatkan ketupat ialah menu ketupat sayur. Menu ini disajikan dengan sayur yang terbuat dari buah pepaya yang masih muda. Kuahnya berasal dari santan kental yang dimasak dengan beberapa bumbu diantaranya kunyit, bawang merah serta bumbu lainnya. Menariknya ketupat sayur ini disajikan dengan beberapa potongan udang kering dan sambal goreng khas Betawi.

Bila anda ingin mencoba masakan ketupat sayur, jangan lupa untuk menambahkan emping Betawi atau kerupuk udang sehingga santapan ketupat sayur menjadi lebih istimewa dan nikmat. Bagi pecinta kuliner, anda juga dapat menikmati kuliner Jakarta yang bernama ketupat sayur dengan tambahan beberapa potongan ayam sesuai selera.

5. Soto Betawi

soto betawi-kuliner jakartaBila nama ketupat babanci masih asing ditelinga masyarakat umum, lain halnya dengan soto Betawi. Namanya bahkan sudah terkenal hingga pelosok nusantara. Ciri khas dari soto Betawi ialah jeroan serta mata sapi dan hati yang disajikan dengan kuah spesial. Kuah pada soto Betawi sendiri dibuat dari santan. Ada juga yang menjual soto ini dengan memanfaatkan susu sebagai kuah. Kuliner Jakarta ini sangat cocok anda nikmati pada saat cuaca panas.

Itulah beberapa pengetahuan mengenai sejarah dan macam-macam kuliner Jakarta yang bisa anda nikmati selagi berada di Jakarta. Jadi, menu masakan manakah yang menjadi pilihan anda saat berada di Jakarta?

One thought on “Ini Kuliner Jakarta Yang Wajib Anda Cicipi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *