Kuliner Bandung yang Melegenda dan Unik

kuliner bandung

Bandung merupakan salah satu kota Jawa Barat. Selain dikenal dengan sebagai kota kembang rupanya Bandung juga memiliki banyak tempat wisata. Baik wisata alam maupun kuliner, sama-sama membuat nama kota ini dikenal masyarakat luas.

Bila anda berkunjung ke kota ini, tak ada salahnya untuk menikmati wisata alam dan kulinernya. Berikut kami berikan rangkuman  kuliner Bandung dan sejarahnya yang bisa anda coba saat berada di kota sejuk ini.

Kuliner Bandung Berupa Makanan Tradisional

Inilah sejumlah kuliner di Bandung yang dapat anda jadikan sebagai referensi saat anda berkunjung kesana:

1. Mie kocok

MieKocok-kulinerbandungMie kocok merupakan salah satu kuliner Bandung yang biasa disantap oleh masyarakat lokal. Masakan khas Bandung ini memiliki nama yang unik. Meskipun dalam penamaannya terdapat kata “kocok” namun dalam hal pembuatannya, mie khas Bandung tersebut tidak dikocok. Untuk mendapatkan kuliner unik ini, anda dapat menyusuri kawasan jalan KH. Ahmad Dahlan serta jalan Sudirman. Atau bila mampir ke restauran dekat tempat wisata, anda dapat meminta menu kuliner mie kocok.

Kuliner Bandung yang terdiri dari mie kuning serta tauge biasanya dihargai dengan harga yang lumayan terjangkau. Yang menarik dari masakan ini adalah adanya topping. Topping sendiri dibuat dari kikil sapi pilihan yang bergizi. Tak lupa juga siraman kuah mie dari lemak kaki sapi yang bercita rasa tinggi. Bagaimana, unik bukan?

2. Cimol

cimol-kuliner bandungCimol juga termasuk kuliner Bandung yang bisa anda cicipi saat berada di kota kembang. Dalam sejarahnya, penamaan cimol berasal dari bahan dasar dan proses pembuatannya. Arti nama cimol sendiri ialah aci digemul. Aci diketahui sebagai bahan dasar yang dimaksud. Nama aci bagi masyarakat sekarang dikenal dengan sebutan tepung kanji. Sementara digemul berarti digulung kecil-kecil dan dibentuk menyerupai bola kecil. Dalam proses pembuatan cimol, bumbu yang digunakan sama dengan bumbu untuk masakan basreng. Namun, untuk kuliner Bandung yang satu ini, setiap orang yang memasaknya akan memberikan penyajian yang berbeda-beda sehingga bila anda membeli cimol di beberapa tempat yang ada di Bandung, cita rasanya akan berbeda-beda. Namun pada umumnya, cimol terasa kenyal serta gurih. Cimol sangat cocok bila disandingkan dengan teh ataupun kopi panas.

3. Lotek

lotek bandung-kuliner bandungKuliner Bandung ketiga yang dapat anda beli saat berwisata ialah lotek. Bagi pecinta wisata kuliner nama lotek mungkin tidak asing lagi. Nah, bagaimanakah dengan anda? Bila belum mengenal makanan unik ini, kami ajak anda untuk mengenalnya lewat tulisan dibawah ini. Lotek ialah satu dari sekian banyak kuliner Bandung yang melegenda. Nama lotek mungkin akan sedikit terdengar aneh bagi sebagian orang. Ya, lotek sendiri merupakan makanan yang mirip dengan pecel. Namun yang membuat masakan lotek unik ialah citarasa manisnya yang membuat orang ketagihan. Umumnya, lotek disajikan dengan rebusan sayur segar. Sayuran tersebut disiram dengan sambal yang terbuat dari kacang. Masakan ini akan terlihat menarik karena setiap penyajian lotek selalu ditambahkan dengan tempe serta terasi.

4. Combro

combro-kuliner bandungKuliner Bandung dengan citarasa dan sejarah unik yang keempat ialah combro. Pernahkah anda mencoba salah satu panganan khas Bandung ini? Bila belum, kini saatnya anda mencobanya. Mengapa? Karena combro sangat nikmat terlebih lagi bila disajikan dengan menu minuman kesukaan kita. Combro ialah makanan yang dibuat dengan perpaduan bahan dasar singkong yang diparut serta sambal oncom khas Bandung. Bahan-bahan tersebut kemudian digoreng dan disajikan selagi hangat.

Tidak hanya terkenal di Bandung, combro juga sangat disukai banyak orang di Jawa Barat. Bahkan, saking enaknya kuliner Bandung ini menjadi masakan favorit masyarakat yang tinggal di Jawa Barat. Combro sendiri dalam sejarahnya diambil dari bahasa Sunda yaitu oncom di jero. Dalam bahasa Indonesia berarti sambal oncom yang berada didalam parutan singkong.

5. Misro

misro-kuliner bandungSatu lagi kuliner Bandung yang musti dicoba yaitu misro. Misro ialah masakan yang dulunya berasal dari Jawa Barat. Menariknya, nama misro lagi-lagi diambil dari bahasa Sunda. Misro diketahui singkatan dari “manis jerone”. Dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai terasa manis bagian dalamnya.

Bagian yang terasa manis tersebut ialah parutan gula merah. Misro terbuat dari parutan singkong yang digoreng dan didalamnya diberi parutan gula merah. Bagi masyarakat Jawa bagian timur, masakan khas Bandung yang unik ini sering dikenal dengan “jemblem”. Anda ingin mencoba? Harganya cukup murah dan terjangkau untuk semua kalangan.

Kuliner Bandung Berupa Minuman Tradisional

Tak hanya makanan tradisional saja, bahkan Bandung juga memiliki minuman khas tradisional. Inilah minuman tradisional yang dapat anda temukan di Bandung:

1. Bandrek

bandrek-kuliner bandungSelain kuliner berupa masakan, Bandung juga terkenal dengan minuman tradisional yang juga melegenda. Kuliner Bandung berupa minuman yang pertama ialah bandrek. Konon, bandrek merupakan minuman masyarakat Sunda sejak ratusan tahun silam. Masyarakat jaman dulu membuat minuman ini untuk menghangatkan badan. Karena itu, bandrek sangat cocok disajikan pada saat cuaca dingin.

Bandrek khas Bandung dibuat dari gula merah dan jahe. Akan tetapi, ada beberapa masyarakat Bandung yang menambahkan beberapa rempah-rempah pilihan untuk menambah citarasa bandrek. Rempah-rempah yang dimaksud ialah merica, pandan serta beberapa lembar daun serai. Ada pula yang menambahkan kuliner Bandung ini dengan beberapa telur khas kampung dan susu.

2. Bajigur

bajigur-kuliner bandungBagi masyarakat Bandung, nama bajigur sudah tak asing lagi. Minuman ini merupakan minuman khas orang Sunda semenjak puluhan tahun silam. Bahan utama bajigur ialah santan kental dan gula aren, jahe serta garam. Biasanya untuk menambah kenikmatan minuman bajigur ditambahkan dengan vanili. Kuliner Bandung yang bernama bajigur ini sangat cocok dinikmati saat musim penghujan dan disandingkan dengan makanan hangat lainnya.

Itulah beberapa kuliner Bandung mulai dari masakan yang melegenda hingga minuman bercitarasa tinggi. Semua kuliner khas Bandung tentunya memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan sehingga ada tidak perlu khawatir saat menyantapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *