Keindahan Panorama Alam Danau Singkarak Sebagai Danau Terbesar Kedua Di Indonesia

Danau Singkarak

Danau Singkarak merupakan danau terbesar kedua di Indonesia setelah danau toba. Danau ini terletak di kabupaten Solok, Tanah Datar, Sumatra Barat. Danau ini terbentuk dari pergeseran lempeng bumi sehingga danau ini termasuk danau tektonik. Singkarak juga telah lama menjelma sebagai tujuan utama wisata alam di Sumatra barat.

Pemandangan Alam Danau Singkarak

Di Danau Singkarak Anda bisa memanjakan mata dengan berbagai pemandangan eksotis. Danau yang membentang seluas 1000 hektar dipadukan dengan pemandangan deretan sampan warna-warni menjadi daya tarik utama danau. Anda bisa menyewa sampan-sampan ini untuk berkeliling di atas danau.

danau-singkarak2

Air danau yang sangat jernih memungkinkan Anda melihat pemandangan bawah danau. Danau ini juga memiliki spesies ikan yang khas. Spesies ikan bilih satu-satunya di Indonesia ditemukan hanya bisa hidup di Danau ini saja. Masih belum diketahui mengapa bisa demikian tetapi banyak peneliti yang sedang meneliti hal tersebut. Setelah puas menikmati pemandangan danau Anda bisa mencoba cita rasa ikan bilih yang terkenal tersebut.

Tour de Singkarak

Tour de Singkarak merupakan salah satu event balap sepeda internasional terbesar di Sumatra Barat. Tour de Singkarak rutin diadakan setiap tahun dengan menjadikan Danau Singkarak sebagai lokasi utamanya. Pelaksanaan even ini berlangsung antara bulan April – Juni setiap tahunnya.

Demikianlah ulasan mengenai keindahan alam danau kebanggaan warga Sumatra Barat ini. ingat untuk selalu cintai kekayaan alam Indonesia dengan menjaga kelestariannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *