Keindahan Dibalik Tempat Bersejarah Tangkuban Perahu

Bandung memang memiliki banyak sekali objek wisata, mulai dari wisata hiburan, sejarah, pendidikan dan wisata alam. Salah satu objek wisata yang banyak dicari orang ketika memasuki hari libur adalah wisata alam karena kondisi alam yang indah dirasa bisa memberikan efek positif pada pikiran seseorang. Setelah sepekan dipusingkan dengan pekerjaan atau tugas sekolah, maka dengan melihat keindahan alam dan merasakan hawa yang nyaman hati dan pikiran menjadi lebih fresh kembali.

Tangkuban Perahu ini berada di 20 km sebelah utara kota Bandung. Disana anda bisa menikmati suasana yang sangat nyaman dan asri karena ada banyak pohon pinus dan hamparan kebun teh hijau yang menyejukkan mata. Tempat ini berada pada 2.084 mdpl, cukup tinggi sehingga hawanya sangat sejuk yaitu mencapai 17 derajat celcius ketika siang hari sedangkan malam dan pagi hari 2 derajat celcius.

Tangkuban Perahu

Nah, bagi anda yang ingin berwisata alam, Tangkuban Perahu menjadi satu objek wisata terbaik bandung yang bisa anda pilih.

Sejarah singkat Tangkuban Perahu

Mungkin sebagian dari anda sudah pernah mendengar cerita mengenai Sangkuriang yang jatuh cinta kepada ibunya sendiri? Nah itulah legenda yang saat ini beredar mengenai Tangkuban Perahu. Karena Dayang Sumbi (ibu Sangkuriang) tidak mau menikah dengan Sangkuriang, maka ia mencari cara agar Sangkuriang tidak bisa menikahinya dengan memberikan syarat untuk membuat perahu dalam waktu semalam.
Namun ternyata Sangkuriang gagal memenuhi syarat tersebut sehingga ia marah dan menendang perahu yang baru setengah jadi hingga terbalik dan jadilah Tangkuban Perahu.

Lokasi dan Akses Menuju ke Tangkuban Perahu

Objek wisata ini terletak di daerah gunung Tangkuban Perahu, Sukajaya, Lembang Bandung Barat. Untuk menuju ke tempat ini, anda bisa memulai perjalanan dari pintu tol Pasteur menuju ke Jl dr. Djujunan. Setelah sampai, maka perjalanan dilanjutkan ke Pasirkaliki lanjut melewati Sukajadi, Setiabudi dan Lembang. Setelah itu anda akan sampai ke objek wisata Tangkuban Perahu.

Biaya Yang Harus Dikeluarkan Untuk Berwisata di Tangkuban Perahu

Harga tiket masuk di Tangkuban Perahu cukup terjangkau yaitu Rp 20.000 untuk wisatawan lokal sedangkan untuk wisatawan mancanegara Rp. 200.000. Untuk parkir kendaraan, sepeda motor dikenakan biaya Rp 12.000, roda empat Rp 25.000 dan untuk roda 6 Rp 110.000. Jika anda menggunakan sepeda, maka biaya yang dikenakan hanyalah Rp 7.000 saja. Biaya tersebut berlaku jika hari efektif, sedangkan untuk hari libur biaya bisa lebih mahal hingga naik setengahnya.

Keindahan Tangkuban Perahu

Apa yang bisa ditemukan di tempat ini? Nah jika anda berlibur ke tempat ini maka anda bisa melihat keindahan kawah Tangkuban Perahu yang terkenal keindahannya. Pemandangan disekitar kawah akan membuat anda kagum dan terkesima. Salah satu kawah dengan pemandangan terbaik adalah kawah ratu. Selain itu, anda bisa mengunjungi hutan lindung dan pinus. Di sana anda bisa bersantai sambil menggelar tikar lengkap dengan perbekalan seperti halnya orang yang piknik. Hawa yang sejuk akan membuat suasana menjadi lebih nyaman dan tenang.

Tangkuban Perahu3

Itulah beberapa informasi mengenai objek wisata Tangkuban Perahu yang bisa jadi bahan pertimbangan anda ketika memasuki waktu liburan. Objek wisata ini sangat cocok dikunjungi bersama dengan keluarga atau teman-teman anda.

Jika dilihat dari biaya yang harus dikeluarkan, tempat wisata ini tergolong terjangkau karena pemandangan memang sangat indah. Biaya tersebut nantinya juga sebagai dana untuk melakukan perbaikan sarana dan prasarana yang bisa membuat pengunjung lebih nyaman dan aman jika berkunjung ke tempat ini.

3 thoughts on “Keindahan Dibalik Tempat Bersejarah Tangkuban Perahu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *