Keindahan Alam Dan Tempat Wisata Pulau Cubadak

Pulau Cubadak

Mungkin nama Pulau Cubadak masih terdengar asing di telinga banyak orang Indonesia. Namun ternyata keindahan pulau ini sudah banyak dikenal oleh dunia internasional. Pulau Cubadak merupakan sebuah pulau kecil di Sumatera barat yang menjadi tempat wisata favorit para turis asing. Keindahan Pulau ini bahkan sering masuk media cetak asing contohnya media cetak Jerman , Bild De Rau yang telah menulis keindahan pulau ini  sebagai pulau surga.

Panorama Pulau Cubadak

Daya tarik utama dari Pulau Cubadak memang terletak pada keasriannya dan kebersihannya. Para pengunjung pulau bahkan bisa meminum langsung air dari sumur atau kran di pulau tersebut karena semua air di pulau berasal dari sumber mata air yang masih asli. Perpaduan pepohonan hijau, pantai pasir putih serta air laut yang sangat jernih menarik para wisatawan untuk kembali berkunjung ke pulau ini.

Di pulau cibadak yang masih asri ini terdapat satu resort yang terkenal seantero dunia yaitu Paradise Village. Resort ini merupakan salah satu resort mewah buatan warga asing yang sempat menuai kontroversi.

Kontroversi muncul karena pengelola Resort Paradise Village dianggap membedakan perlakuan terhadap para turis lokal dari Indonesia. Pengelola terlihat lebih bersikap arogan ketika melayani turis lokal. Pulau ini memang tidak dikelola langsung oleh Pemprov Sumatera Barat, karena dulunya pulau ini merupakan pulau tak berpenghuni yang kemudian disewa oleh pihak asing yaitu pemilik Resort Paradise Village tersebut.

Saat berkunjung ke pulau ini para pengunjung tidak sebebas ketika berlibur ke tempat wisata pada umumnya karena di pulau ini pengunjung  sangat dibatasi saat mengambil foto. Hal ini dikarenakan pengelola ingin tetap mempertahankan kesan Pulau Cubadak sebagai pulau yang tenang dan sepi.

Di pulau ini anda juga bisa melakukan aktifitas seperti memancing, menyewa kano untuk mengelilingi laut dan snorkeling. Biota laut dipulau ini merupakan biota laut terlengkap kedua setelah Raja Ampat Papua, sehingga tidak heran bila banyak turis asing bersnorkling di sini.

Itulah tadi ulasan mengenai keindahan alam kepulauan Cubadak yang terkenal seantero dunia. Sayangnya akses untuk ke Pulau Cubadak memang masih sulit untuk para wisatawan yang bukan tamu dari resort Paradise Village.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *