Keindahan Air Terjun Kanto Lampo Gianyar, Bali

Air Terjun Kanto Lampo Gianyar merupakan salah satu objek wisata alam yang mempesona dan menyegarkan sehingga selalu ramai kedatangan pengunjung. Air terjun Kanto Lampo memiliki daya tarik sendiri karena letaknya yang tidak jauh dari Kota Denpasar dan dekat dengan pemukiman warga. Berada di dataran rendah, menjadikan air terjun kanto lampo ini berbeda dari air terjun pada umumnya yang terletak di daerah dataran tinggi hutan perbukitan atau pegunungan.

Meskipun tergolong sebagai destinasi wisata baru di Bali, namun telah banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata ini, terlebih lagi pada akhir pekan. Bukan hanya wisatawan luar, namun wisatawan lokal pun turut berbaur menikmati asiknya mandi di Air Terjun Kanto Lampo. Seperti apa keindahan dan daya tarik Air terjun ini, Simak ulasan berikut:

Daya Tarik Air Terjun Kanto Lampo

Meskipun keadaan suhu cuaca di kawasan Air Terjun Kanto Lampo ini cukup panas pada siang hari, namun uniknya saat berada di dasar sungai suhunya berbalik menjadi lebih sejuk terasa karena di sekitarnya dipenuhi oleh rimbunnya pepohonan hijau meneduhkan dan juga hamparan kebun dari warga setempat.

Untuk bisa menikmati keindahannya, Pengunjung terlebih dahulu harus turun menelusuri ratusan anak tangga untuk bisa sampai ke spot air terjun ini. Sesampainya di dasar, pengunjung akan langsung mendengar derasnya suara jatuhan air terjun dengan jelas. Panoramanya yang masih alami dan udaranya terasa sejuk, pohon-pohon besar dan pemandangan Air terjun yang menghempas batu-batu di bawahnya membuat siapa saja akan takjub saat berada di sini.

Penamaan tempat ini dipercaya berasal dari nama pohon yang banyak tumbuh di kawasan sungai bernama pohon kanto lampo. Pohonnya banyak, besar dan buahnya cukup unik karena bisa berubah warna jika telah matang.

Aktivitas Seru Di Air Terjun Kanto Lampo

Dengan kondisi airnya yang sangat jernih dan bersih, sangat cocok untuk berendam atau berenang merasakan segarnya Air Terjun Kanto Lampo. Bagi wisatawan yang tidak ingin berbasah-basahan, dapat menikmati Air Terjun untuk menyegarkan pikiran dari atas karena telah tersedia tempat duduk. Selain itu tidak sedikit pengunjung yang hanya sekadar berselfie ria menjadikan air terjun sebagai latar belakangnya.

Tempat ini juga Terdapat aktivitas memancing oleh warga setempat di sungai-sungai sekitarnya yang diimpit tebing bebatuan berlumut kehijauan. Daya tarik lainnya adalah adanya sebuah goa yang berada di seberang lokasi air terjun dijadikan untuk tempat istirahat bagi wisatawan.

Fasilitas di Air Terjun Kanto Lampo

Fasilitas yang tersedia di tempat wisata ini cukup lengkap. Terdapat ruang ganti bagi pengunjung pria dan wanita Di dekat tangga. Di dalam ruang ganti yang sederhana ini terdapat bak yang berisi air bersumber dari mata air alami. Tidak jauh dari tempat ini, terdapat juga pancoran yang airnya mengalir secara terus menerus. Biasanya wisatawan mengambil air yang mengalir dari pancoran tersebut untuk diminum langsung tanpa dimasak dahulu.

Fasilitas lainnya adalah tempat parkir yang luas untuk memudahkan wisatawan yang membawa mobil. Adapun setiap wisatawan tidak dikenakan biaya parkir alias gratis. Jika pengunjung ingin membeli makanan ringan dan minuman terdapat sejumlah pedagang yang berjualan di dekat tempat parkir tersebut.

Tiket Masuk Air Terjun Kanto Lampo

Setiap pengunjung yang menikmati destinasi wisata air terjun ini dikenakan tiket masuk sebesar 5.000 Rupiah saja. Saat berkunjung ke tempat ini setiap tamu harus mematuhi peraturan yang di sampaikan melalui papan pengumuman supaya bisa menikmati liburan semakin berkesan.

Lokasi Air Terjun Kanto Lampo

Air Terjun Kanto Lampo berlokasi di Banjar Kelod-Kangin, Desa Beng, Kec. Gianyar, Kab. Gianyar, Bali. Bisa ditempuh dari kota denpasar dengan jarak kira-kira 30 kilometer. Menuju ke lokasi tidak terlalu sulit dengan menuju ke Desa Beng tersebut.

One thought on “Keindahan Air Terjun Kanto Lampo Gianyar, Bali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *