Kampung Madras Medan, India Mini Di Indonesia

Medan adalah salah satu Kota di daerah Sumatera Utara yang memiliki keberagaman etnis, suku, dan juga budaya. Di Medan sendiri, terdapat sebuah lokasi perkampungan yang unik. Lokasi tersebut bernama Kampung Madras Medan atau bisa juga disebut dengan Kampung Keling. Kampung ini terletak di antara 2 kecamatan, yaitu Kecamatan Polonia dan Medan Petisah.

Keunikan dari Kampung Madras Medan dapat dilihat dan ditemui dari segi masyarakat yang mendiaminya. Mereka yang ada di sana berasal dari etnis India. Tak hanya itu, bangunan dan budaya yang ada di perkampungan tua tersebut juga bernuansa India. Anda dapat berkunjung dan berjalan-jalan untuk menikmati pemandangan di sana kapan saja.

Beberapa bangunan khas nuansa India yang ada di tempat tersebut antara lain adalah Kuil Shri Mariamman yang dibangun pada tahun 1881. Kuil ini menjadi tempat ibadah umat Hindu dan menjadi ikon Kampung Madras Medan. Selain kuil, juga terdapat kawasan perniagaan di tempat ini. Tak hanya itu, toko pakaian khas India juga tersedia di tempat ini.

Di Kampung Madras Medan juga ada perayaan Deepavali, yang merupakan salah satu hari raya yang paling besar untuk umat Hindu di India. Perayaannya sendiri dilakukan pada bulan Aswajuya menurut kalender Caka Hindu. Jika disesuaikan dengan kalender Masehi, perayaan Deepavali sendiri berlangsung sekitar bulan Oktober Hingga November.

One thought on “Kampung Madras Medan, India Mini Di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *