Kalibiru adalah Indahnya Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta adalah salah satu daerah di Indonesia yang memiliki berbagai pesona wisata. Mulai dari pesona wisata kuliner, wisata belanja, wisata alam, kemudian wisata kebudayaan dan juga sejarah. Salah satu wisata alam yang kini lagi hits dan selalu ramai di kunjungi adalah Kalibiru. Di mana, Kalibiru ini termasuk objek wisata yang berada di kawasan Kulon Progo.

Kalibiru termasuk wisata alam yang ada di dalam kawasan hutan lindung. Jadi, tak heran jika tempat ini terlihat sangat menarik dengan adanya bukit-bukit nan indah dan permai. Wisata yang terkenal dengan spot foto menarik ini berada di Perbukitan Menoreh Kabupaten Kulon Progo yang berada tepat di ketinggian 450 mdpl.

Pemandangan Indah di Menara Pandang

Di wisata alam Kalibiru, Anda akan menemukan pohon pinus yang menjulang yang ada di tepi jurang, di atasnya terpasang papan kayu beserta tangga gantungnya, oleh karena itu pohon pinus ini dipakai dan disebut sebagai menara pandang. Dari atas menara pandang Anda dapat menikmati pemandangan dari ketinggian.

Dari atas dapat terlihat Pegunungan Menoreh beserta Waduk Sermo yang berada di kaki pegunungan. Anda dapat menghirup udara segar dari atas sembari melepas penat. Waktu yang tepat untuk naik dan menikmati pemandangan di menara adalah ketika sore hari, jadi Anda bisa menikmati pemandangan senja.

Flying Fox And High Rope

Selain disuguhkan dengan pemandangan yang indah, Anda juga bisa mencoba wahana outbond yang tersedia seperti flying fox dan high rope. Dengan adanya wahana ini, Anda dan para pengunjung lain bisa memacu adrenalin Anda. Sambil meluncur dari ketinggian Anda bisa menikmati pemandangan yang luar biasa indahnya.

Trekking di Kalibiru

Apabila Anda suka berpetualang, Anda bisa menuju kawasan wisata alam Kalibiru dengan melalui jalur trekking. Jarak tempuhnya ada berbagai macam mulai dari yang dekat sekitar dua sampai tiga kilometer, sedangkan jarak jauhnya empat hingga lima kilometer. Untuk menelusuri jalur tracking Anda tidak dikenai biaya alias gratis.

Rute Perjalanan ke Kawasan Wisata Alam Kalibiru

Untuk menuju kawasan wisata alam Kalibiru dari Kota Yogyakarta, Anda bisa melalui dua rute perjalanan, ada rute Sermo dan rute Clereng. Kedua rute ini bisa ditempuh dengan kendaraan bermotor karena jalannya adalah jalan aspal yang memadai. Akan lebih baik Anda menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan sewaan yang benar-benar prima apalagi bagian remnya. Pasalnya, ketika perjalanan Anda akan melalui banyak tikungan tajam dan tanjakan curam.

Tiket Masuk Kawasan Wisata Alam Kalibiru

Harga tiket masuk kawasan wisata ini tidak mahal, hanya Rp3.000 per orang. Selain bayar tiket masuk Anda juga harus membayar biaya parkir. Untuk parker Anda akan dikenai biaya sebesar Rp2.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk mobil. Sangat murah sekali bukan?

Itulah informasi mengenai kawasan wisata alam Kalibiru. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *