Jembatan Siti Nurbaya yang Melegenda

Berbicara mengenai jembatan besar di Kota Padang, yaitu sungai muara Batang Arau, pasti tidak lepas dari Jembatan Siti Nurbaya yang melegenda dan berdiri megah di atasnya. Jembatan ini mempunyai panjang badan 100 m dengan panjang total mulai dari kaki jembatan di Jalan Nipah sampai dengan Jalan Batang arau sepanjang 600 m.

Mengapa dinamakan Jembatan Siti Nurbaya? Jembatan ini menghubungkan Kota tua Padang di Berok Nipah dengan kaki Gunung Padang di seberangnya. Menurut novel Siti Nurbaya, Gunung Padang merupakan bukit di tepi Pantai dimana Siti Nurbaya pertama kali bertemu dengan kekasihnya, Samsul Bahri. Terlepas dari kebenaran cerita Siti Nurbaya tersebut, di puncak Gunung Padang memang terdapat sebuah makam yang diklaim oleh masyarakat Padang sebagai makam Siti Nurbaya.

Keindahan di jembatan ini bisa dinikmati kapan saja oleh pengunjung, tetapi waktu yang paling cocok adalah pada waktu menjelang matahari terbenam, karena sunset dapat terlihat dengan jelas dan memukau dari Jembatan ini.

Selain itu, sambil menikmati indahnya sunset di Jembatan Siti Nurbaya, pengunjung juga bisa menikmati makanan yang ditawarkan oleh para pedagang di area sekitar jembatan tersebut dengan harga yang ringan di kantong. Makanan favorit yang sering disajikan di sini diantaranya sate Padang, pisang bakar, jagung bakar dan berbagai jenis minuman khas di kota ini.

One thought on “Jembatan Siti Nurbaya yang Melegenda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *