Jangan Ngaku Ke Bandung Kalau Belum ke Alun-alun Bandung

Membicarakan Bandung memang seakan tak ada habisnya. Mulai dari tempat wisata hingga aneka sajian kulinernya telah terbukti mampu menjadi daya tarik bagi wisatawan dari berbagai penjuru. Bagi Anda yang berkunjung ke Bandung maka jangan sampai lewatkan untuk singgah di alun-alun Bandung. Seperti alun-alun lainnya yang merupakan pusat dari sebuah wilayah, alun-alun di Bandung ini memiliki daya tarik tersendiri yang dijamin akan membuat Anda takjub namun juga merasa nyaman ketika berada di sini.

Pesona Alun-alun Bandung

Saat ini alun-alun Bandung menjadi tren tersendiri bagi kalangan masyarakat Bandung bahkan bagi para wisatawan yang datang ke Bandung. Tak hanya menyajikan tempat yang nyaman untuk bersantai, alun-alun ini dikelola dengan sangat baik oleh Pemerintah Bandung jadi tak heran jika alun-alun ini begitu rapi, bersih dan menarik.

Letak alun-alun ini memang sangat strategis karena berada di pusat kota sehingga sangat mudah dijangkau bagi para wisatawan yang datang dari berbagai wilayah Tak hanya itu akses menuju alun-alun ini juga dilengkapi dengan kendaraan umum yang bisa mengantarkan wisatawan untuk lebih mudah sampai ke alun-alun Bandung ini. Alun-alun ini juga terletak dekat dengan Gedung Asia Afrika sehingga di sekitar alun-alun terdapat jalan yang diberi nama Jalan Asia Afrika.

Jika Anda menyusuri Jalan Asia Afrika ini maka akan terdapat taman yang dikhususkan sebagai tempat bermain. Akan tetapi yang unik dari taman bermain ini adalah adanya rumput sintetis yang berbentuk kotak. Rumput sintetis ini juga terletak di depan Masjid Agung Bandung. Oleh karena itu biasanya wisatawan dan masyarakat yang datang bisa menghabiskan waktu secara bebas baik untuk sekedar duduk menikmati suasana Bandung atau bisa berfoto dan melakukan kegiatan lainnya bersama rekan atau keluarga.

Alun-alun Bandung memiliki taman terbuka dan ditanami berbagai jenis bunga dan pepohonan sehingga tampak lebih asri dan sejuk. Taman ini juga sangatlah indah karena dirawat dengan baik serta selalu terjaga kebersihannya. Di bagian selatan dari taman pada alun-alun Bandung, Anda akan melihat Pendopo dan terletak juga dekat dengan Gedung Palugan.

Membaca Sejarah Di Alun-alun Bandung

Tak hanya bisa menikmati keindahan alun-alun Bandung sambil bersantai, di alun-alun ini Anda bisa belajar mengenai sejarah karena terdapat salah satu bangunan bersejarah yang mungkin sering terlupakan dan belum banyak diketahui oleh wisatawan dan para generasi muda di Bandung. Bangunan tersebut adalah Hotel Swarha. Hingga saat ini Hotel Swarha tetap berdiri kokoh dan terlihat terawat dengan baik. Hotel ini merupakan hotel yang dijadikan tempat menginap oleh para tamu serta wartawan asing yang akan mengikuti Konferensi Asia Afrika pada tahun 1955.

Selain itu bagi Anda yang ingin menikmati sajian kuliner ataupun jajanan khas Bandung maka di sekitar alun-alun banyak terdapat para penjual makanan maupun jajanan yang tertata rapi. Sajian kuliner yang ditawarkan dijamin akan membuat lidah Anda bergoyang dan harganya juga cukup terjangkau. Berwisata ke alun-alun Bandung bisa menjadi pilihan liburan hemat yang menyenangkan dan edukatif. Untuk memasuki alun-alun ini pengunjung juga tidak dipungut biaya namun selalu diminta untuk menjaga kebersihan dan ikut merawat keindahan taman dan tidak merusak beberapa fasilitas yang telah disediakan di sekitar alun-alun.

Itulah informasi mengenai alun-alun Bandung yang memiliki pesona serta daya tarik sehingga membuat pengunjung yang datang bisa merasa nyaman. Selain menikmati keindahan taman dan fasilitas yang telah disediakan, Anda bisa belajar mengenai sejarah karena letak alun-alun ini berada di sekitar bangunan-bangunan yang sangat bersejarah bagi Bandung maupun bangsa Indonesia.

One thought on “Jangan Ngaku Ke Bandung Kalau Belum ke Alun-alun Bandung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *