Ini 8 Tempat Wisata Banyuwangi Selain Ijen dan Baluran

Anda yang ingin berwisata ke Banyuwangi dan memilih Ijen dan Baluran sebagai destinasi, mungkin harus mengubah destinasi Anda. Ada banyak tempat wisata Banyuwangi yang bisa Anda pilih selain Ijen dan Baluran. Kali ini, penulis akan mengajak Anda untuk mengeksplorasi kawasan wisata Banyuwangi. Simak informasinya berikut.

Pantai Plengkung

Pantai Plengkung berloaksid di Kalipait, Tegaldlimo, Banyuwangi. Pantai ini merupakan salah satu pantai dari 7 pantai terbaik dunia untuk surfing. Meskipun wisatawan lokal belum banyak yang mengetahi tempat ini, tapi peselancar internasional banyak yang mengetahuinya dan menyebutnya sebagai surga tersembunyi. Tinggi ombak di pantai ini bisa mencapai hingga 8 meter dengan panjang hingga 2 km. Anda bisa bayangkan bagaimana serunya peselancar memacu adrenalin mereka di sini?

Pantai Pulau Merah

Jika Anda berkunjung ke Banyuwangi namun tidak mengunjungi pantai ini, Anda akan rugi sekali. Pantai Pulau Merah ini memiliki hamparan pasir putih yang sangat lembut dan indah.  Pantai ini disebut sebagai pantai Pulau Merah karena di sini terdapat bukit hijau dengan tanah merah. Jika Anda ingin belajar surfing, pantai yang ada di Sumberagung, Pesanggaran, Banyuwangi ini sangat cocok.

Taman Nasional Meru Betiri

Taman Nasional Meru Betiri ini berada di ketinggian 900 – 1.223 mdpl dengan luas sekitar 58.000 hektar. Kawasan ini merupakan habitat alami terakhir dari harimau Jawa. Di taman ini, Anda tidak hanya akan menikmati rimbunnya hutan tapi juga indahnya pantai Rajag Wesi dan pantai Sukamade. Kedua pantai ini merupakan tempat penangkaran penyu.

Di Taman yang berlokasi di jalan Sriwijaya Nomor 53 Banyuwangi ini, terdapat banyak hewan liar seperti rusa, kucing hutan, macan tutul, kera, hingga merak.

Kalibaru

Kalibaru Banyuwangi ini sangat cocok untuk Anda penyuka trakking. Kawasan yang dikelilingi oleh gunung Gending, gunung Raung, gunung Terong, gunung Gumitir, dan gunung Menyan ini terkenal dengan udaranya yang sangat sejuk dan segar. Di kalibaru ini terdapat air terjun yang dikelilingi pepohonan lebat. Terbayang bagaimana indahnya, bukan?

Taman Nasional Alas Purwo

Selain Taman Nasional Meru Betiri, Banyuwangi memiliki taman nasional lain yaitu Taman Nasional Alas Purwo. Di taman ini terdapat pantai, padan savanna, dan hutan lebat yang menajdi satu. Taman ini rasanya menjadi sebuah paket lengkap. Anda akan rugi jika tidak ke sini.

Blue Bay

Blue Bay (Teuk Biru) berada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Pantai ini terkenal dengan airnya yang sangat jernih. Di pantai ini Anda bisa melakukan snorkeling untuk menikmati keindahan bawah laut yang begitu menakjubkan.

Pulau Tabuhan

Pulau dengan luas 5 hektar ini memisahkan antara Bali dengan Jawa. Untuk bisa ke pulau ini, dari Banyuwangi Anda harus menuju ke pantai Bangsring yang letakna sekitar 20 KM dari Banyuwangi. Di pulau ini Anda bisa menikmati pemandangan laut dengan warna air hijau tosca. Di sini Anda juga bisa melakukan snorkeling untuk melihat berbagai jenis bunga karang spesies ikan, dan sebagainya.

Tebing di Teluk Ijo

Tebing ini masih ada di kawasan Taman Nasional Meru Betiri. Jika ombak tengah bersahabat, Anda bisa melakukan snorkeling di kawasan berkarang ini. Tapi, jika ombak sedang tidak bersahabat, Anda bisa memanjat batu karang untuk bisa menikmati keindahan kawasan ini, Tapi, Anda tetap harus berhati-hati agar bsia berpijak pada karang yang kokoh.

Itulah tempat wisata Banyuwangi selain Ijen dan Baluran yang bisa Anda kunjungi. Semoga informasi ini bisa memberikan alternatif tempat wisata lain di Banyuwangi bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *