Indahnya Pemandangan Alam Di Taman Hutan Wisata Punti Kayu Palembang

Seperti kita ketahui bahwa di kota Palembang, sebagian besar wisatanya berupa peninggalan sejarah, budaya dan Religi karena di Palembang ini merupakan tempat berdirinya kerajaan besar yaitu Sriwijaya. Namun selain itu ternyata ada juga beberapa tempat wisata alam yang terbaik untuk dikujungi. Salah satunya adalah taman hutan wisata punti kayu dengan luas area sekitar 39 Hektar. Uniknya taman hutan ini berada di tengah kota Palembang sehingga keberadaannya sangat penting bagi kota sebagai paru-paru kota Palembang.

Tujuan Wisata

Hutan punti kayu ini telah resmi ditetapkan sebagai hutan wisata di Palembang dan juga berfungsi sebagai paru-paru kota berdasarkan pada surat keputusan (SK) Mentri kehutanan pada tanggal 7 maret 1985 No. 57 / kptsn-II / 1985. Dan peraturan terbarunya yaitu Tahun 2002 dengan SK mentri kehutanan tanggal 7 oktober Nomor 9273 / kptsn-II / 2002 sebagai hutan konservasi dan sebagai Hutan wisata.

Taman hutan wisata punti kayu ini kaya akan bermacam jenis flora dan fauna sehingga banyak para siswa atau pelajar yang datang untuk belajar ilmu pengetahuan alam dan juga untuk keperluan penelitian di tempat ini. Beberapa jenis flora yang terdapat disini adalah Akasia, Pinus, talog, Mahoni, Pulai, dan beberapa jenis Flora lainnya. Uniknya untuk jenis fauna ternyata di hutan ini terdapat jenis serangga yang langka dan belum diberi nama secara Ilmiah.

Sehubungan dengan semakin ramainya pengunjung yang datang ke taman Hutan punti kayu baik yang datang untuk mengenal alam maupun yang datang khusus untuk tujuan wisata, maka pihak pengelola taman hutan punti kayu berupaya membangun beberapa fasilitas dan wahana permainan sebagai penunjang dan kelengkapan Taman hutan punti kayu ini. Tujuannya tentu untuk memberi kenyamanan bagi wisatawan yang datang ke taman hutan yang asri mempesona ini dan juga bertujuan untuk menarik wisatawan lebih banyak lagi dari luar daerah untuk berkunjung ke taman hutan punti kayu.

Beberapa wahana permainan yang terdapat di taman hutan punti kayu seperti : Bebek perahu naga, jembatan gantung yang di bawahnya ada danau, kid waterpark, menunggang kuda dan gajah, Outbond training lengkap dengan Flying Fox, dan bridgenya, serta terdapat juga kebun binatang mini yang memiliki koleksi fauna. Adapun fasilitas di taman ini seperti : Kamar mandi, Mushola, lahan yang luas untuk parkir, warung makan, dan beberapa fasilitas umum lainnya.

Selain itu, di taman hutan punti kayu juga ada aktivitas seru lainnya, seperti kegiatan edukasi menanam pohon, edukasi tentang satwa, hingga program anak cerdas. Aktivitas ini tentu sangat berguna sehingga akan tumbuh kesadaran akan lingkungan atau pelestarian Alam yang bermanfaat dalam pencegahan kerusakan. Bagi wisatawan yang hobi berkemah, pengelola hutan juga menyediakan lokasi yang bisa digunakan untuk berkemah. Beberapa lokasi yang tersedia seperti tipe mahoni, tipe pinus, dan tipe akasia.

Berwisata ke taman hutan punti kayu ini akan mengobati kejenuhan anda dari rutinitas kesibukan dan suasana perkotaan. Anda akan fresh dan lebih nyaman dengan pemandangan hutan yang rindang dan asri. Udaranya yang sejuk dan asiknya berinteraksi dengan satwa menjadikan tempat ini wajib untuk anda kunjungi.

Lokasi

Taman hutan punti kayu berlokasi di jalan kol. Burlian, karia baru, alang-lebar, Palembang, sumatera selatan. Untuk tiket masuk sekitar Rp. 5.000 dan buka pada pukul 09.00 s/d 16.00.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *