Goa Pindul yang Eksotik

Goa adalah lubang alami yang tercipta di tanah yang besar dan dalam. Kata goa juga berasal dari bahasa sansekerta yaitu guha. Sekarang ini banyak goa di Indonesia yang dijadikan sebagai destinasi wisata yang menarik. Salah satu objek wisata yang berupa goa adalah Goa Pindul. Goa Pindul adalah objek wisata alam yang dapat dinikmati dengan cara susur goa bawah tanah.

Goa Pindul ini terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Cara menikmati pemandangan goa pada objek wisata ini unik, yaitu dengan cara menaiki ban pelampung di atas aliran sungai yang ada di dalam goa. Kegiatan menyusuri goa dengan ban ini biasa disebut dengan cave tubing.

Ban besar dimodifikasi dengan diberi tali silang yang berfungsi sebagai tempat duduk. Sedangkan untuk pengaman lainnya, Anda akan dipakaikan rompi pelampung. Rompi pelampung ini sudah memenuhi standar SAR dengan mampu menahan beban seberat 100 kg, untuk tetap bisa terapung.

Menyusuri Goa Dengan Ban

Wisata Goa Pindul

Lokasi Goa Pindul ada di Desa Bejiharjo yang terletak di kawasan perbukitan karst. Sehingga tak heran apabila di daerah ini di dominasi oleh batuan. Untuk mencapai Goa Pindul, Anda dapat menempuh perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor atau mobil dari Kota Yogyakarta melalui jalan Wonosari. Apabila Anda telah memasuki Desa Bejiharjo, Anda tetap bisa melanjutkan perjalanan dengan melalui jalan aspal. Untuk menemukan lokasi Goa Pindul tidaklah sulit, karena lokasi sekretariat Goa Pindul berada di ujung jalan.

Ketika Anda menelusuri bagian dalam goa, Anda akan menjumpai formasi bebatuan stalaktit.  Sekedar info, stalaktit adalah sejenis mineral sekunder yang menggantung di langit-langit goa kapur. Karena Goa Pindul adalah goa kapur maka banyak gantungan stalaktit di langit-langit goa. Yang mengejutkan lagi, stalaktit bisa tumbuh ke bawah hingga menyentuh lantai goa, jadi terlihat seperti pilar. Batuan karst yang masih hidup akan meneteskan air di dalam goa.

Goa Pindul terbagi atas tiga bagian goa, yaitu ada zona terang, zona remang, dan juga zona gelap. Selain itu, di bagian dalam Goa Pindul terdapat sebuah tempat yang cukup lebar,  sehingga tempat genangan airnya terlihat seperti kolam, sedangkan pada bagian langit-langitnya terdapat celah yang lebar sebagai  tempat sinar matahari masuk ke dalam goa. Selain sebagai termpat masuknya cahaya matahari, celah yang cukup lebar tersebut juga biasa digunakan sebagai jalur masuk wisatawan yaitu dengan memasuki secara vertikal dari atas.

Tiket Masuk Goa Pindul

Untuk tiket masuk ke wisata ini dengan berbagai fasilitasnya, Anda cukup membayar Rp35.000 per orang. Anda sudah mendapat fasilitas seperti jaket pelampung, jasa pemandu, ban pelampung, head lamp, sepatu karet, serta asuransi. Itulah informasi mengenai wisata alam Goa Pindul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *