Fort De Kock : Benteng Bersejarah Di Bukittinggi

Sumatera Barat mempunyai banyak destinasi tempat wisata yang patut dijelajahi, mulai dari wisata bahari hingga wisata darat. Salah satu tempat wisata yang terkenal di Sumatera Barat selain Jam Gadang  adalah bangunan bersejarah bernama Fort de Kock. Bangunan yang terletak di kota Bukittinggi ini bisa dijadikan tujuan wisata ketika berlibur ke Pulau Sumatera. Mengapa disebut bangunan bersejarah dan apa saja keunikannya. Berikut ulasan tentang Benteng Fort De Kock Bukittingi.

Benteng Fort De Kock Bukittinggi yang terletak sekitar satu km dari Jam Gadang ini merupakan salah satu bangunan peninggalan Belanda. Bangunan ini dibangun pada tahun 1825 oleh kapten Johan Heinrich Conrad Bouer. Ketika itu bangunan ini digunakan sebagai benteng pertahanan saat perang Paderi berlangsung, yaitu pada tahun 1821-1873.

Awal mulanya, benteng ini bernama Sterreschans yang mempunyai arti benteng pelindung. Kemudian nama tersebut diubah menjadi Fort De Kock. FORT DE KOCK diambil dari nama Wakil Gubernur Jenderal Pemerintahan Hindia-Belanda yang bernama Baron Hendrick Merkus de Kock dimana saat itu juga menjabat sebagai komandan de Roempoen.

Tinggi benteng mencapai 20 meter. Bangunan ini didominasi warna putih dan juga hijau. Sementara itu di keempat sudut Benteng Fort De Kock Bukittinggi terdapat meriam kecil, meriam ini dulunya adalah sebagai senjata perlindungan. Pada tahun 2002 pemerintah merenovasi bangunan ini, dan kawasan ini akhirnya berubah menjadi Taman Kota Bukittinggi juga sebagai Taman Burung Tropis.

Jika ingin berkunjung ke tempat ini, Anda bisa masuk melalui Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan lalu berbelok ke arah kiri setelah melewati jembatan Limpapeh maka Anda sudah masuk dalam kawasan Benteng Fort De Kock Bukittinggi. Dikarenakan benteng terletak di atas bukit, maka persiapkan tenaga dan semangat Anda untuk menaiki anak tangga hingga sampai pada bangunan utama benteng. Jangan khawatir perjalanan melelahkan Anda akan terbayar dengan keindahan komplek benteng yang memukau.

One thought on “Fort De Kock : Benteng Bersejarah Di Bukittinggi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *