Enam Fakta Tanah Lot Bali Yang Wajib Kamu Ketahui

Tanah Lot termasuk objek wisata di bali yang juga populer. Populeritas objek wisata ini sudah tidak diragukan lagi. banyak wisatawan dari mancanegara mengenal objek wisata satu ini. Dibalik ketenaran objek wisata satu ini, ada beberapa fakta yang sedikit diketahui oleh orang, sebagai berikut.

Sebagai Wisata Alam dan Religi

Salah satu daya tarik objek wisata ini selain sebagai wisata alam sekaligus sebagai wisata religi dan sejarah. Pemandangan alam di Bali memang tidak diragukan lagi, masih sangat sejuk dan ekosistem alamnya masih sangat terjaga. Begitupun dengan religi yang masih sangat kental. Termasuk di objek wisata Tanah Lot.
Dikatakan wisata religi karena wisatawan yang mengunjungi wisata ini yang beragama Hindu dapat sekaligus bersembahyang. Di tempat pemandangan pantai semakin harmoni. Aura sakral begitu terasa dan menggetarkan hati.

Rahasia Tanah Lot Bertengger

Barangkali Anda bertanya pada diri sendiri dengan kekokohan Tanah Lot yang tidak pernah hancur meski di hantam ombak begitu besar. Rahasia pura di Tanah Lot tidak terkikis oleh ombak dan angin karena dipasang tetrapod. Tetaprod berfungsi untuk memecah gelombang besar. Sebesar apapun gelombang dan angin, masih akan tetap bertahan.

Tetrapod merupakan kontruksi yang yang dipasang sepanjang 182 meter. Sedangkan sisi lebarnya terpasang sepanjang 70 meter di bawah air. Bagaimana pungunjung dapat masuk ke tempat ini? Sederhana, wisatawan cukup berjalan melewati jalan batu ketika air laut mulai surut.

Ular Penjaga Pura Tanah Lot

Bali di kenal sebagai daerah yang kental budayanya. Masyarakatnya juga masih menjunjung tinggi adat istiadat. Masyarakat sana juga masih kental percaya dengan cerita mistis. Salah satunya mempercayai bahwa di pura Tanah Lot ditunggu oleh seekor ular yang dipercaya penjaga yang usianya sudah ratusan tahun lamannya. Ular ini berlokasi di gua dan masih dapat dilihat oleh wisatawan.

Sumur Bawah Tanah

Ada satu sumur bawah tanah di Tanah Lot. Sumur ini dipercaya dapat dimanfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit. Air di sumur bawah ini konon katannya berasal dari deburan ombak laut. Meskipun terbentuk karena deburan air laut, rasa air di sumur ini tetap tawar dan tetap terasa segar. Sumur ini pernah direnovasi menghabiskan dana mencapai 95 miliar rupiah dari bantuan dana Jepang. Renovasi dilakukan secara bertahap. Renovsi pertamakali dilakukan pada tahun 1987.

Mitos Mendatangi Tanah Lot dengan Pacar

Ada yang bilang apabila ke Tanah Lot jangan bersama pacar. Karena hubungannya akan putus di tengah jalan. Pada kenyataannya, itu hanya sebuah mitos yang menyebar di masyarakat. Meskipun mitos tersebut sudah beredar, masih banyak mayasakat yang mempercayai, adapun masyarakat yang tidak mempercayainya.

Tanah Lot Memiliki 4 Pura

Wisatawan yang sudah pernah mengunjungi tempat ini pasti tahu, jika di tanah lot terdapat empat pura. Keempat pura tersebut terdiri dari pura batu bolong, pura Tanah Lot, pura enjung galuh dan pura batumejan. Keempat pura tersebut sama-sama dan sering digunakan untuk sembahyang bagi umat Hindu.

Itulah keenam fakta tentang Tanah Lot Bali. Dibalik kebenaran atau tidaknya fakta di atas, semua dikembalikan kepada masing-masing individu. Atau jika ingin membuktikannya? Lain kali bisa berkunjung dan datang di tempat ini saat libur tiba. Baik saat berlibur dengan keluarga maupun dengan teman sejawat. Semoga ulasan artikel ini bermanfaat.

One thought on “Enam Fakta Tanah Lot Bali Yang Wajib Kamu Ketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *