Eksotisnya Lau Kawar Dari Kaki Gunung Sinabung

Kebanyakan orang hanya tahu kalau di Sumatera Utara terdapat Danau Toba. Jangan salah dulu, ternyata ada danau yang tak kalah indahnya yaitu Danau Lau Kawar. Danau yang terletak di kaki gunung Sinabung ini terlihat begitu mempesona. Berada dalam Kawasan Ekosistem Leuser (KEL), Danau Lau Kawar di Desa Ketagugung, Kecamatan Nama Teran, Kabupaten Karo. Dari kota Medan menempuh jarak 70 KM atau kurang lebih 3 jam.

Dalam perjalanan kamu akan mendapati kebun sayur milik warga sekitar yang begitu banyak. Pemandangan pertama kali sampai disana adalah rerumputan hijau yang indah dan udara yang begitu sejuk. Walaupun berada di kaki Gunung Sinabung, Danau Lau Kawar tidak mengalami perubahan sama sekali setalah kejadian meletusnya Gunung Sinabung beberapa waktu yang lalu.

Danau Lau Kawar memiliki ketinggian sekitar 200 ha, luasnya memang tidak seluas Danau Toba. Akan tetapi, untuk masalah pemandangan Danau ini menyajikan eksotis yang begitu cantik. Air danau berwarna kehijauan dan terdapat boat yang bisa di sewa untuk mengelilingi danau. Danau ini juga masih terdapat aktivitas mandi, tapi yang sering ditemukan adalah kebanyakan orang sangat suka memancing di Danau Lau Kawar.

Sebelum Gunung Sinabung meletus, danau ini menjadi tempat para pendaki untuk beristirahat menikmati alam sejenak sebelum dan sesudah pendakian. Fasilitas seperti tempat camping ground seluas 3 ha juga ada, tempat yang biasanya digunakan pendaki untuk mendirikan tenda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *