Eksotisnya Air Terjun Lembah Anai Sebagai Surganya Alam

Saat berkunjung ke Sumatera Barat, rasanya belum lengkap apabila belum mengunjungi tempat wisatanya. Salah satu mascot wisata di Sumatera Barat yang banyak menyihir wisatawan ialah air terjun Lembah Anai yang terletak di Kabupaten Tanah Datar dan lebih tepatnya berlokasi di tepian jalan raya Padang ke Bukittinggi. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 35 meter.

Keindahan air yang tertumpah dari tebing yang tinggi ini merupakan karya agung sang pencipta yang mampu membuat mata enggan untuk berkedip saat melihatnya. Kesejukan yang disuguhkan oleh tempat wisata yang satu ini membuat banyak orang sengaja berbondong-bodong mengunjungi tempat ini untuk sekedar melepas penat dari rutinitasnya.

Air terjun Lembah Anai ini merupakan bagian dari aliran sungai Batang Lurah yang berhulu di atas Gunung Singgalang. Deretan bukit-bukit nan hijau di kaki Gunung Singgalang inilah yang menjadi dinding alam dan menambah keeksotisan air terjun Lembah Anai ini.

Tak jauh dari lokasi air terjun ini, juga terdapat sebuah sungai dengan bebatuan yang besar dialiri dengan air yang sangat jernih menambah kesegaran bagi pecinta alam yang haus akan kesejukan. Tepat diatas sungai tersebut, terdapat lintasan sebuah rel kereta api peninggalan Belanda.

Meskipun rel tersebut terlihat tua dengan usianya, namun pemandangan rel kereta yang klasik inilah yang menjadi point plus sehingga tempat wisata ini seolah menjadi surga bagi para penikmatnya. Begitu banyaknya pemandangan eksotis yang ditawarkan oleh tempat ini, tidak heran apabila air terjun Lembah Anai ini menjadi destinasi yang tepat bagi mereka yang ingin mengecharge kebahagian melalui pemandangan alam.

One thought on “Eksotisnya Air Terjun Lembah Anai Sebagai Surganya Alam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *