Daftar Tempat Wisata Kalimantan Utara Yang Populer

TEMPAT WISATA KALIMANTAN UTARA – Provinsi Kalimantan utara yang beribukota Tanjung Selor ini merupkan Provinsi termuda di Indonesia diresmikan menjadi provinsi pada tahun 2012. Sebelumnya masih menjadi bagian dari provinsi kaliman timur dan Dengan proses yang lama di mulai pada tahun 2000 an akhirnya pemekaran disetujui pada rapat paripurna DPR pada tahun 2012 tepatnya pada tnggal 25 oktober.

Meskipun usianya termuda, namun di porvinsi ini banyak sekali tempat wisata yang masuk daftar agenda liburan anda bersama keluarga saat berkunjung. Ditunjang dengan letak geografisnya yang berbatasan nengan Negara tetangga tentu menjadikan potensi wisata di provinsi ini akan menjadi lebih maju lagi kedepannya. Beraneka tempat wisata alam yang eksotik dan tempat wisata lainnya  akan menjadikan liburan anda semakin bermakna. Yuk simak Ulasan lengkapnya berikut ini :

1. Pantai Tanah Kuning

Pantai Tanah KuningPantai Tanah kuning merupakan tempat wisata yang populer di Kalimantan utara. Penamaan dari pantai ini bukan karena pantainya yang berwarna kuning, namun namanya di ambil dari nama lokasinya yaitu Berlokasi di Desa Tanah Kuning, Kec. Tanjung Palas Timur, Kab. Bulungan. Jadi, anda jangan terkecoh dari namanya karena Pantai yang berada di Pulau Derawan ini memiliki ciri khas air yang bening kebiruan dan pasir yang putih bersih dengan pemandangannya yang indah dan adem. Namun anda harus berhati-hati dan memerlukan fisik yang prima menuju ke lokasi pantai ini karena kondisi jalannya yang lumayan sulit ditempuh. Akan tetapi sesampainya ke pantai, kesulitan yang tadinya anda rasakan akan terbayarkan lunas dengan keindahannya.

2. Pantai Batu Lamapu

Pantai Batu LamapuWisata Kalimantan utara berikutnya masih membahas tentang pantai, yaitu pantai batu lamapu. Pantai ini berlokasi di Kec. Sebatik, kab. Nunukan yang menjadi tempat wisata populer dan kebanggaan warga Nunukan karena Ombaknya yang deras, pantainya panjang dan luas dengan pasirnya yang putih. Selain itu, pantai yang masih asri ini juga banyak terdapat penjual ikan segar sehingga anda bisa membakar ikan untuk santapan anda bersama keluarga sambil menikmati panorama pantai yang indah. Sungguh asik.

3. Pantai Amal

Pantai AmalMasih tentang pantai, karena di wisata Kalimantan utara banyak pantai-pantai yang indah, Yang satu ini akan di uraikan tentang pantai Amal yang berada di tarakan timur. Memiliki keindahan yang tidak terlalu berbeda dengan pantai tanah kuning dan pantai batu lamapu. Air yang kebiruan dan udara yang segar dan ditambah lagi dengan pemandagan deretan pohon kelapa yang melambai-lambai akan menambah bersantai anda semakin menghanyutkan. Karena keindahanya pemerintah kota setempat berencana akan menjadikan pantai ini menjadi sebagai kawasan ancol mini dengan memperluas pantainya.

4. Persemaian Inhutani

Persemaian InhutaniSalah satu tempat rekreasi yang popular di Kalimantan utara ini berada di Tanah tidung. Persemaian inhutani ini sangat direkomendasikan kepada anda yang sangat sibuk dengan rutinitas pekerjaan sehari-hari karena di tempat ini sangat tenang dengan pepohonan yang rindang menghijau udaranya sangat segar sehingga akan memulihkan kesegaran anda dan menenangkan pikiran. Banyak masyarakat yang berkunjung di sini terlebih lagi di akhir pecan.

5. Gunung Putih

Gunung PutihGunung putih berada di Kabupaten Bulungan, tepatnya di desa gunung putih, kec. Tanjung palas. Bagi anda yang hobi mendaki tidaklah sulit untuk menaklukkan puncak gunung putih karena tersedia tangga yang telah di beton. Pemandangan hutannya yang rindang dan indah ditambah lagi udaranya yang sejuk tentu merupakan suasana yang sangat nyaman. Setalah sampai di puncak anda dapat menikmati pemandangan tanjung palas dari atas dan menikmati suasana sunset yang menyenangkan. Dan uniknya di gunung putih ini terdapat ukiran relief-relief yang kabarnya dibuat oleh seniman hebat.

6. Gunung Rian

Gunung RianSelain gunung putih, di Kalimantan utara juga terdapat wisata gunung populer lainnya yaitu Gunung rian. Keistimewaan gunung rian ini adalah memiliki air terjun yang indah dan tinggi dengan airnya yang jernih dan bersih. Gunung rian Termasuk dalam kawasan hutan lindung sehingga sangat terjaga kondisi alamnya. Selain wisatawan domestik, gunung rian juga banyak dikunjungi oleh wisatawan luar negeri. Lokasinya berada di Desa rian, Kec. Sesayap, Kab. Tanah Tidung.

7. Penangkaran Buaya Juwata

Penangkaran Buaya JuwataBagi anda yang suka dengan hewan pemangsa bermulut panjang ini ada baiknya anda berkunjung ke penangkaran buaya juwata yang berlokasi di Tarakan Barat, tepatnya di Kelurahan Karang Harapan. Tempat dengan luasnya sekitar 5 hektar ini mempunyai koleksi buaya di wilayah Kalimantan. Terdapat 3 jenis buaya yang terdapat di sini, yaitu : Buaya supit atau tamistoma scheillius, Buaya Muara atau crocodylus porosus, dan Buaya Air Tawar atau crocodylus siamlisus. Tempat wisata unggulan tarakan ini juga banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara.

8. Museum Rumah Bundar

Museum Rumah BundarMuseum Rumah bundar sangat direkomendasikan bagi wisata keluarga karena akan banyak manfaat di tempat ini. Di rumah bundar banyak menyimpan peninggalan sejarah perang dunia ke II dan pada masa penjajahan berupa benda-benda peperangan, foto-foto, serta peninggalan-peninggalan bersejarah lainnya. Selain itu museum ini sangat unik karena bangunannya yang berbentuk bundar pada atapnya yang sesuai dengan namanya. Lokasinya berada di daerah kampong baru, tepatnya di jl Danau Jempang, kel. Pramusian, Kec. Tarakan tengah.

9. Long Bawan

Long BawanLong Bawang merupakan tempat wisata Kalimantan utara yang beraroma budaya karena tempat yang berkarakteristik pegunungan ini sering mengadakan ritual atau upacara adat oleh suku dayak Lundayeh. Seperti upacaya adat Nyumpei Semarang Mei Ulang. Selain itu di tempat ini juga memiliki pemandangan alam yang sangat indah dan udara yang segar. Tempat yang berbatasan dengan Sabah, Malaysia ini berlokasi di Kec. Krayan, Bagian barat Kab. Nunukan.

Demikianlah telah diuraikan beberapa informasi tempat wisata populer di kalimantan utara yang direkomendasikan untuk anda. Semoga bermanfaat bagi anda selama berlibur di provinsi kalimantan utara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *