Cobalah Untuk Berwisata Ke Hutan Pinus Imogiri

Hutan adalah sebuah kawasan yang ditumbuhi oleh pepohonan dan tumbuhan lainnya dengan sangat lebat. Kawasan hutan seperti ini banyak tersebar di seluruh dunia dan memiliki wilayah yang luas. Hutan memiliki banyak fungsi bagi kehidupan manusia, sebagai penampung karbon dioksida, penghasil oksigen, modulator arus hidrologika, habitat hewan, pelestari tanah serta sebagai salah satu aspek penting dari lapisan biosfer bumi.

Selain berbagai manfaat yang telah disebutkan di atas, hutan juga bisa dijadikan sebagai destinasi wisata yang menarik. Salah satu jenis hutan yang bisa digunakan sebagai destinasi wisata keluarga Anda adalah hutan pinus. Hutan pinus yang terkenal dengan keindahannya di kalangan para travelers adalah hutan pinus imogiri.

Hutan pinus mangunan ini adalah bagian dari RPH atau Resort Pengelolaan Hutan Mangunan. Disebut sebagai hutan pinus imogiri karena letak kawasan ini tak jauh dari Imogiri, Bantul, Yogyakarta.

Hutan Pinus Merupakan Lambang Cinta Orang Korea

Hutan pinus imogiri memiliki wilayah seluas 500 Ha, dengan banyak ditumbuhi oleh pohon pinus yang berdiri tegak. Ketika angin bertiup di kawasan ini akan mencium aroma khas pinus yang menenangkan. Sehingga banyak orang yang refreshing ke sini. Selain itu, tempat ini juga populer sebagai tempat untuk foto pre wedding.

Menurut orang Korea, pohon pinus yang tegak lurus memiliki arti cinta yang lurus dan tidak bercabang cabang. Sedangkan cinta tak pernah berakhir disimbolkan dengan daun pinus yang selalu hijau. Maka dari itu, hutan pinus adalah lambang cinta orang Korea. Jadi tak heran apabila banyak pasangan yang menggelar foto pre wedding di kawasan ini.

Hutan Hijau Yang Memiliki Banyak Manfaat

Selain sebagai spot foto yang bagus, hutan pinus ini juga memiliki banyak manfaat yang lain. Memang sebelum dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata, kawasan ini adalah tanah yang tandus yang direboisasi. Tanaman yang ditanampun bukan hanya pohon pinus, tetapi ada juga pohon lain seperti kemiri, akasia, kayu putih, mahoni, dan lain-lain. Selain itu, kawasan yang ditanami pohon tersebut juga dijadikan sebagai kawasan hutan lindung. Fasilitas yang ditawarkan destinasi wisata ini diantaranya gardu panjang, kamar mandi umum, panggung pertunjukan yang menyatu dengan alam, warung sederhana, dan mushola.

Untuk menuju ke hutan pinus imogiri, Anda bisa menempuh beberapa jalur, seperti trekking dari parkiran mobil maupun dengan jalan memutar yang bisa ditempuh dengan sepeda dan sepeda motor.

Tips Berwisata Ke Hutan Pinus Imogiri

  1. Jangan buang sampah sembaragan.
  2. Jangan buang puntung rokok sembarangan.
  3. Gunakan kendaraan pribadi atau sewa.
  4. Bawa bekal makanan dari rumah.

Lokasi Dan Tiket Masuk

Hutan ini terletak di Desa Dlingo, Mangunan, Bantul, Yogyakarta. Hanya perlu bayar parkir Rp3.000 untuk sepeda motor, dan Rp10.000 untuk mobil. Cara menuju ke sana dari yogyakarta, Anda bisa mengambil rute Terminal Yogyakarta-Jalan Imogiri Timur-Pertigaan Imogiri belok kanan arah makam Raja-raja Imogiri-Mangunan-Hutan Pinus Mangunan. Itulah beberapa informasi mengenai Hutan Pinus Imogiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *