Bukti Heroik Masyarakat Medan Di Dalam Museum Perjuangan TNI

Museum Perjuangan TNI adalah salah satu museum edukasi bagi para generasi muda. Bangunan tua ini dulunya merupakan kantor asuransi saat pemerintahan Belanda menguasai Indonesia. Namun pada akhirnya bisa direbut dan digunakan sebagai kantor Kodam. Setelah masa kemerdekaan, bangunan ini dirubah menjadi sebuah Museum Perjuangan TNI.

Di dalam bangunan tua ini kita bisa melihat relief-relief yang sangat mempesona. Relief tersebut menceritakan secara singkat bagaimana perjuangan para masyarakat Sumatera Utara untuk mengusir para penjajah. Masyarakat saling bekerja sama tidak mempedulikan kelas memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Dalam peristiwa perjuangan rakyat Sumatera tersebut ada salah satu peristiwa yang cukup memakan banyak korban jiwa. Peristiwa tersebut adalah perang yang disebut dengan Medan Area. Saat itu terjadi perang dahsyat antara masyarakat Sumatera khususnya medan melawan para tentara penjajah yang berusaha merebut tanah mereka.

Museum Perjuangan TNI ini juga dilengkapiĀ  dengan monumen dengan bentuk Api yang berkobar. Monumen Api ini menggambarkan bagaimana semangat masyarakat Sumatera Utara yang membara dalam melawan para penjajah. Semangat tersebut sangat berpengaruh dalam melawan para penjajah yang terus berkuasa.

Di dalam Museum Perjuangan TNI ini juga tersimpan banyak sekaliĀ  senjata yang digunakan TNI saat perang melawan penjajah. Selain itu ada juga alat komunikasi dan juga pakaian perang yang digunakan oleh para pejuang kemerdekaan. Disana kita juga bisa melihat beberapa dokumentasi sebagai bukti semangat masyarakat Sumatera Utara dan para TNI dalam melawan penjajah.

One thought on “Bukti Heroik Masyarakat Medan Di Dalam Museum Perjuangan TNI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *