Air Terjun Tegenungan Gianyar Bali

Kawasan Ubud selain sebagai central dari kerajinan tradisional dan tarian, juga sangat kental dengan keindahan alamnya. Berbagai objek wisata alam yang menawarkan ketenangan, keindahan dan keseruan di tengah liburan tanpa menghilangkan kesan hiburan.  Salah satu wisata alam yang paling tepat untuk anda kunjungi adalah air terjun Tegenungan yang berada di tenggara Ubud masuk dalam wilayah kecamatan Sukawati. Air terjun yang mulai dipromosikan pada tahun 1989 ini tidak kalah populer dari air terjun di kawasan singaraja, yang dibuktikan dengan kunjungan wisatawan cukup banyak bertamu ke objek wisata ini. Tidak hanya wisatawan lokal saja, banyak juga wisatawan luar negeri yang berkunjung ke objek wisata air terjun tegenungan.

Berikut informasi selengkapnya tentang objek wisata air terjun Tegenungan yang berlokasi di desa Kemenuh.

Daya Tarik Air Terjun Tegenungan  

Saat masuk ke kawasan wisata, tepatnya di area warung pengunjung sudah bisa menikmati pemandangan air terjun tegenungan dan beberapa sungai dari atas. Jika ingin menikmati pemandangan air terjun lebih dekat dan ingin mandi, pengunjung harus turun dengan sedikit berjuang menuruni anak tangga terlebih dahulu selama kira-kira 5 menit. Menuruni sebanyak144 anak tangga untuk mencapai lokasi seakan tak terasa letihnya setelah tiba di lokasi yang langsung disambut oleh suara gemuruh air terjun tegenungan.

Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 15 meter ini dikelilingi oleh rimbunnya pepohonan yang menghijau sehingga sangat terasa kesejukannya yang menghadirkan ketenangan original. Disekitarnya anda juga bisa melihat pura dan air alami yang keluar melalui pancoran.

Aktivitas Seru

Aktivitas utama yang bisa pengunjung lakukan di sini adalah berendam atau mandi di bawah air terjun yang terdapat sebuah kolam di pusat air terjun tegenungan dengan terlebih dahulu harus melalui ruas sungai berbatu alami.

Bagi yang punya nyali atau ingin uji nyali, pengunjung bisa melakukan aktivitas cukup ekstrem di sini yaitu melompat dari atas air terjun tegenungan. Sebelumnya pengunjung harus menaiki atau memanjat bukit untuk sampai ke puncak air terjun. Namun, melakukan lompatan ini pengunjung wajib didamping oleh guide yang telah ditugaskan. Karena jika tidak di dampingi bisa membahayakan nyawa yang bersangkutan. Aturan ini tentunya demi keselamatan pengunjung itu sendiri.

Lokasi Air Terjun Tegenungan

Air terjun tegenungan ini berlokasi di Jalan. Lr. Sutami,  Desa Kemenuh, wilayah Kec. Sukawati, Kab. Gianyar. Bali. Untuk menuju ke lokasi tidak sulit, dapat ditempuh menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat dengan waktu tempuh perjalanan selama 45 menit dari Denpasar, Bali.

Tiket Masuk

Besaran biaya tiket masuk ke air terjun tegenungn ini terbagi dua yaitu untuk wisatawan mancanegara dikenakan tarif sebesar Rp. 10.000 dan wisatawan lokal sebesar Rp. 5.000.

One thought on “Air Terjun Tegenungan Gianyar Bali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *