8 Tempat Wisata di Inggris yang Pernah Menjadi Tempat Shooting Film Hollywood

Selain memerhatikan aktor yang tampan pada film luar negeri, kamu pasti juga memerhatikan lokasi shootingnya yang indah. Banyak yang penasaran dengan deretan nama lokasi shooting film keren Hollywood yang tidak selalu berada di sekitar Amerika Serikat. Beberapa lokasi shooting lainnya bahkan berada disejumlah tempat wisata di Inggris yang indah dan terpopuler ini. Nah, berikut adalah 8 tempat wisata di Inggris yang pernah menjadi lokasi shooting artis-artis Hollywood di film mereka.

1. BIG BEN CLOCK TOWER

Menara Big Ben Clock yang menjadi ikon negara sekaligus tempat wisata terpopuler di Inggris ini sering menjadi lokasi shooting film keren Hollywood, seperti Fast and Furious 6 dan James Bond. Menara ini berada di Gedung Parlemen di Westminster, London. Tinggi menara menjulang hingga 96.3 meter dengan desain arsitektur nuansa Gothik Victoria, menjadikan menara ini terlihat unik baik siang maupun malam hari. Di dalam menara ini terdapat lonceng yang dilapisi emas bertuliskan Domine Salvam Fac Reginam Nastram Victoriam Primam yang berarti “Tuhan, lindungi Ratu Victoria yang pertama.

2. BUCKINGHAM PALACE

Tempat wisata di Inggris yang sering menjadi lokasi shooting film berikutnya adalah Buckingham Palace. Film terlaris di tahun 2006 yaitu The Queen juga banyak mengambil adegan di beberapa titik kawasan Istana Buckingham. Halamannya yang rapi dengan latar belakang istana dengan desain yang sangat artistik sering membuat para produser film tertarik untuk membuat film bertema romantis di sini. Ratu Victoria beserta keluarga mendiami istana ini sejak tahun 1983. Oleh karenanya, pengambilan adegan hanya diperbolehkan di depan gerbang istana Buckingham dengan penjagaan yang super ketat.

3. BRITISH MUSEUM

Inggris memiliki sejuta daya tarik di berbagai aspek, tidak hanya di Landmark, tetapi juga keberadaan museumnya. Lokasi shooting film Night at The Museum 3: The Secret of Tomb yang mendebarkan dan konyol terjadi di British Museum. Di dalamnya terdapat koleksi artefak yang berjumlah jutaan. British Museum ini mengkhususkan diri sebagai sumber belajar sejarah manusia, seni, dan budaya. Nah, pada film Night at The Museum 3 juga menceritakan kisah-kisah bermulanya kehidupan.

4. GREENWICH

Greenwich adalah bangunan megah yang menjadi salah satu tempat wisata di Inggris pernah menjadi tuan rumah untuk di film Hollywood The Dark World di tahun 2013. Kemilau lampu di malam hari di sekitar Greenwich membuat gedung yang nampak tua ini terlihat antik dan megah. Halaman Greenwich yang hijau dengan gedung bercat putih selalu membuat wisatawan berdecak kagum saat berkunjung di sore hari. Matahari tenggelam dapat disaksikan dengan indah dari balik bangunan Greenwich yang sangat bersejarah bagi Inggris.

5. LONDON EYE

London Eye merupakan tempat wisata terpopuler di Inggris yang menyuguhkan pemandangan dan hiburan wahana yang spektakuler, seperti kenampakannya di film Fantastic Four: Rise of the Silver Surfer yang dikeluarkan di tahun 2007. Kincir ria yang memiliki tinggi 135 meter ini selalu membuat pengunjung ingin sekali mencobanya. Nah, dari ketinggian 135 meter naik London Eye atau Millenium Wheel, pengunjung dapat menyaksikan keindahan pemandangan kota London.

6. TRAFALGAR SQUARE WESTMINSTER

Film The Edge of Tomorrow yang populer pada tahun2014 mengambil lokasi shooting di Trafalgar Square Westminster. Susana malam hari yang mendebarkan di kawasan ini rupanya dimanfaatkan oleh produser untuk mengambil adegan kondisi porak-poranda di akhir zaman. Lain halnya dengan yang nampak di film The Edge of Tomorrow, Trafalgar Square selalu ramai oleh wisatawan yang ingin melihat keindahan patung dan air mancur di tengah-tengah alun-alun. Selain itu, banyak burung merpati yang bebas berkeliaran di wilayah ini untuk mengais biji-bijian yang diberikan oleh pengunjung.

7. KASTIL ALNWICK

Film Harry Potter banyak adegannya di Kastil Alnwick yang telah berusia 300 tahun. Kastil yang menjadi tempat wisata di Inggris, dalam film Harry Potter dijadikan sebagai sekolah sihir oleh Hogwart. Penggemar film ini mungkin telah mengetahui bahwa kastil ini sangat megah dengan desain bergaya zaman Ratu Victoria. Sangat mengesankan sekali! Dari kejauhan nampak bangunan kastil ini sudah terlihat sangat tua dan kusam. Namun, di dalamnya menyimpan sejuta kisah keluarga Inggris yang menempatinya terdahulu.

8. ROYAL PAVILION BRIGHTON

Bangunan ini sekilas tampak seperti bangunan di Moscow Rusia pada umumnya. Letaknya berada di kota Brighton dan berada seperti di area pavilion. Shooting film The End of the Affair berakhir manis di kawasan Royal Pavilion Brighton ini. Pengunjung biasanya bisa memasuki area pavilion mulai dari pukul 10.00 hingga 17.15 waktu London. Tidak heran, jika shooting film The End of the Affair banyak mengambil adegan di siang hari saat musim semi karena udaranya tidak terlalu menyengat.

Film-film terpopuler Hollywood ternyata banyak yang memanfaatkan keunikan dan keindahan suasana di tempat wisata di Inggris. Beberapa di antaranya yaitu Fast and Furious 6 yang syuting di menara legendaris Inggris Big Ben, film Night at The Museum 3 di Museum British, Fantastic Four: Rise of the Silver Surferdi London Eye yang memiliki wahana tertinggi di dunia, The Edge of Tomorrow  mengambil lokasi di Trafalgar Square Westminster dan juga film yang digemari berbagai kalangan yaitu Harry Potterdi Kastil Alnwick yang terkenal sebagai salah satu tempat wisata terpopuler di Inggris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *