7 Tempat Wisata Di Yunani Yang Menyimpan Fakta Peradaban Manusia

Yunani yang identik dengan sejarah peradaban manusia memiliki keindahan bagai di negeri dongeng. Meskipun negara ini dikabarkan diambang kebangkrutan, wisatawan tidak ada hentinya berkunjung ke Yunani untuk berlibur. Kebanyakan dari mereka mengunjungi tempat wisata di Yunani yang menyimpan situs-situs sejarah dimulainya peradaban manusia di dunia. Sejarah tidak selalu membosankan, jika telah melihat keunikan bangunan kuil yang di bangun sebelum Masehi. Nah, Berikut 7 tempat wisata di Yunani yang banyak menyimpan fakta peradaban manusia:

1. KUIL POSEIDON

Di sisi kuil ini dikelilingi oleh lautan di ujung selatan semenanjung Attica, Yunani. Sebagai salah satu kuil yang menunjukkan adanya peradaban manusia sebelum masehi, kuil Poseidon juga menjadi salah satu tempat di Yunani yang populer . Dahulunya, kuil ini memiliki tiga ruang utama, bagian tengah ruangannya terbilang paling luas diantara lainnya. Selain itu, keindahan reruntuhan Kuil Poseidon yang masih tersisa di sisi semenanjung yang biru tampak sangat indah sekali untuk latar belakang berfoto selfie. Sedangkan, arsitektur bangunannya yang mirip dengan salah satu kuil di Acropolis, yaitu Kuil Hephaestus membuat banyak ahli sejarah menyimpulkan bahwa kedua kuil ini dirancang oleh arsitektur yang sama.

2. TEATER KUNO DELPHI

Sejak zaman dahulu, Yunani terkenal dengan pertunjukan bertemakan para dewa yang mereka sembah, seperti Dewa Apollo. Nah, gedung teater terbuka yang bernama Delphi ini merupakan salah satu situs warisan dunia dan menjadi tempat wisata di Yunani terpopuler hingga saat ini. Hal ini sangatlah wajar karena teater kuno ini telah dirancang bahkan 6 abad SM dan mampu menampung sekitar 5000 penonton. Hal ini menunjukkan bahwa orang Yunani telah memiliki peradaban yang maju sejak zaman dahulu kala. Selain itu, pemandangan lembah yang menakjubkan terlihat dari sisi teater yang digunakan untuk pementasan drama di zaman Dewa Apollo. Di sini, dewa Apollo menyelamatkan Delphi dari ancaman ular pyton yang ganas. Untuk mengenang kemenangan Dewa Apollo, akhirnya dibangunlah teater Delphi.

3. MYSTRAS

Pada masa Bizantium, kastil Mystras dibangun untuk benteng pertahanan kota Konstantinopel. Kini, kastil ini lebih dikenal sebagai tempat wisata terpopuler di Yunani, karena desain arsitektur bangunannya yang unik. Nah, letak Mystras tidak jauh dari kota Sparti di sebelah selatan Peloponnese. Apalagi Mystras telah terdaftar di UNESCO sebagai salah satu warisan dunia yang menjadi bukti bahwa telah ada peradaban besar, seperti bangsa Sparta di era Bizantium. Tidak hanya reruntuhan bekas kejayaan bangsa Sparta, pemandangan khas pedesaan Yunani disuguhkan di sepanjang perjalanan menuju Mystras dan lokasi gua yang dipercaya sebagai tempat membuang bayi cacat dan lemah di zaman Bizantium.

4. GUNUNG ATHOS

Dari kejauhan, Gunung Athos terlihat sangat eksotis dengan gemerlap cahaya lampu temaram yang menyinari dari atas tebing. Dahulu, gunung ini merupakan tempat kuburan raksasa yang telah dibunuh oleh dewa Apollo. Meskipun terlihat sangat indah dan menjadi tempat wisata terpopuler di Yunani, Gunung Athos hanya bisa dikunjungi oleh kaum pria berusia 18 tahun ke atas, karena di kawasan ini terdapat lebih dari 600 biarawan yang sedang menyepi menjauhkan diri dari urusan duniawi. Nah, biasanya untuk menuju ke gunung Athos ada kapal feri yang bisa ditumpangi dan berhenti di pelabuhan Dafni untuk berjalan kaki menuju ke kompleks biara.

5. SANTORINI

Beralih dari kisah mitologi Yunani dan peradaban manusia di beberapa kuil yang ada, salah satu tempat wisata terpopuler di Yunani lainnya dengan keunikan desain jalan serta kompleks perumahannya adalah Santorini. Saat ini, peradaban manusia modern tercermin pada Santorini yang terletak 200 km dari daratan Yunani. Keindahan bangunan yang berjajar berwarna putih dan gereja berkubah biru membuat setiap mata yang memandang terpesona dengan keindahannya. Selain itu, di sini juga bisa menyaksikan kuburan Santorini yang minimalis bernisan putih yang nampak unik sekali. Meskipun kuburan, banyak sekali wisatawan yang berfoto di kompleks pemakaman Santorini karena keunikannya.

6. KUIL OLYMPIA ZEUS

Kuil ini dulunya memiliki 104 tiang yang menyangga bangunan. Dinamakan Olympia Zeus karena kuil ini dibangun sebagai bentuk penghormatan kepada Dewa Zeus, yaitu rajanya para dewa di Yunani. Kini, tersisa 15 tiang yang masih terlihat kokoh sebagai bukti bahwa dahulu Athena pernah berjaya dibawah berkat Dewa Zeus. Keruntuhan kuil ini disebabkan serangan dari bangsa Barbar saat pemerintahan Athena mulai melemah. Dari kawasan kuil Olympia Zeus, kota Acropolis terlihat sangat menawan.

7. KUIL PARTHENON

KuilĀ  ini tampak maskulin dari sisi arsitekturnya. Namun, sesungguhnya kuil Parthenon dibangun untuk memuja Dewi Athena yang dipercaya sebagai pelindung Athena di abad ke 6 M. bangunannya yang megah dan memiliki loteng yang memiliki lebar 3x lapangan tenis dan tinggi yang mencapai 3 meter di bagian tengahnya diperkirakan sebagai tempat penyimpanan harta untuk pembiayaan perang bangsa Athena melawan Sparta kala itu.

Dari ketujuh tempat wisata terpopuler di Yunani seperti kuil Poseidon, teater kuno Delphi, Mystras, Gunung Athos, Santorini, kuil Olympia Zeus hingga kuil Parthenon memiliki daya tarik tersendiri sebagai cikal bakal peradaban manusia di dunia. Untuk membuka mata dan menghargai keberadaan sejarah peradaban manusia di zaman sebelum dan sesudah masehi, Yunani merupakan tempat yang tepat untuk dikunjungi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *