6 Objek Wisata Spesial Yang Ada Di Nusa Ceningan

Ada banyak tempat wisata alam alternatif di Bali yang menarik untuk anda kunjungi dan tidak kalah eksotisnya dengan tempat wisata terkenal lainnya di Bali. Salah satunya adalah Pulau Ceningan atau nusa ceningan yang masuk dalam wilayah Kabupaten klungkung, Bali. Pulau yang memiliki keindahan tersembunyi ini diapit oleh dua pulau lainnya, yaitu Nusa Lembongan dan Nusa Penida yang juga memiliki keindahan serupa.

Untuk perjalanan menuju ke nusa ceningan dapat menggunakan kendaraan laut, seperti speed Boat atau Kapal yang berangkat dari pantai sanur menyeberang ke nusa lembongan pada langkah pertama. Perjalanan ke nusa lembongan ini memerlukan waktu sekitar 45 menit. Selama perjalanan akan disuguhkan indahnya pemandangan gunung agung dan gugusan pulau sehingga waktu terasa singkat. Setelah tiba di nusa lembongan langkah selanjutnya anda bisa langsung menyewa sepeda motor untuk menyeberang ke nusa ceningan melalui jembatan kuning. Dengan sepeda motor itu anda dengan leluas dapat menjelajahi spot-spot menarik di nusa ceningan dan nusa lembongan.

Apa saja tempat wisata yang menarik di nusa ceningan ? berikut selengkapnya :

1. Jembatan Kuning

Jembatan kuning atau biasa disebut dengan jembatan cinta karena tempat ini menyuguhkan pemandangan yang unik. Kenapa disebut jembatan cinta ? Karena tidak sedikit turis asing yang percaya akan mitos jembatan ini dapat menyatukan dua insan manusia hingga akhir hayatnya. Sebagian turis juga mengenalnya dengan Nama jembatan kuning atau Yellow bridge yang memang warnanya lebih dominan berwarna kuning.

Jembatan dengan Panjang 100 meter ini memiliki lebar jalan kurang dari 2 meter sehingga tidak bisa dilalui oleh kendaran roda empat namun hanya bisa dilewati oleh kendaraan roda 2 dan dengan jalan kaki. Karena usianya yang telah tua jembatan ini ternyata pernah ambruk namun pemerintah daerah kembali memperbaikinya sehingga tampak kokoh sampai saat ini. Tempat ini sangat menarik untuk berpose dengan latar jembatan yang unik dan juga asik untuk menikmati keindahan pemandangan laut dari atas kembatan .

2. Secret Beach

Objek wisata lainnya yang populer di Nusa Ceningan Bali adalah Pantai Tersembunyi bernama Secret Beach. Pantai ini uniknya hanya memiliki panjang garis pantai kira-kira 50 meter saja dan tersembunyi keberdaannya. Meskipun demikian, pantai yang berada di teluk mungil ini memiliki pesona yang memikat dengan hamparan pasir putih nan halus. Di kiri dan kanannya ditumbuhi oleh rimbunnya hutan menghijau, udaranya cukup segar dan ombaknya juga besar. Sangat menarik untuk sekedar bersantai dan bermain air ditepian pantai serta tidak jarang pengunjung yang mengabadikan momen-momen selama beraktivitas di salah satu objek wisata di nusa ceningan ini.

Untuk masuk ke lokasi tidak dikenakan tiket jika hanya sekedar bermain dan bersantai saja. Cukup dengan membeli minuman di resto atau kafe sudah bisa sepuasnya menikmati pantai.

3. Blue Lagoon

Blue Lagoon berada di sebelah timur dapat ditempuh sekitar 10 menit dari Le Pirate Beach Club Nusa Ceningan, dan dari Secret Beach akan lebih dekat lagi, yaitu berjarak kira-kira 1 Km.

Blue Lagoon merupakan salah satu pesona alam yang ada di Nusa ceningan. Blue Lagoon adalah sebuah tebing karang memiliki ketinggian kira-kira 20 Meter yang berada di tepi tebing pantai, di sebuah teluk kecil dengan bentuk cekungan cukup besar dipadu indah dengan birunya hamparan laut sehingga tampak indah dan membuat siapa saja akan betah berlama-lama bersantai di tempat ini. Dari atas tebing anda bisa mengabadikan pemandangan dengan sepuasnya. Pengunjung juga tidak dikenakan tarif untuk datang ke sini.

4. Bali Cliff Jump Point

Bali Cliff Jump Point lokasinya dekat dengan Blue Lagoon. Objek wisata ini merupakan suatu tempat bagi pengunjung yang ingin mencoba aktivitas wisata sifatnya menantang atau hanya sekedar uji nyali. Dengan melompat dari tebing tinggi atau Cliff Jump dan meluncur berkeceptan 40 Kilo meter / jam  merupakan suatu pengalaman yang langka.

Cliff Jump Point terdiri dari 3 level ketinggian tebing untuk melompat, yaitu 8, 9 dan yang tertinggi adalah 13 meter. Untuk bisa mencoba aksi memacu adrenalin ini, setiap pengunjung dikenakan tiket sebesar Rp.50.000 / orang untuk 2 kali lompat.

5. Abyss Zipline

Satu tempat lagi yang ada di Nusa Ceningan untuk menguji adrenalin anda yaitu Abyss Zipline. Lokasinya cukup dekat dengan jembatan Cinta, kira-kira 600 meter.

Permainan Abyss Zipline akan menawarkan pengalaman yang lebih menguji keberanian anda. Di sini pengunjung bisa mencoba suatu tantangan seperti permainan Flying Fox, dimana anda akan terbang untuk melintasi lutan tapi tubuh akan diikat pakai tali sebagai pengaman. Jangan khawatir dengan jaminan keamanannya,  karena pengelola telah menggunakan safety berstandar tinggi.

Jika anda penasaran ingin mencobanya, maka anda dikenakan tarif sebesar 50 Ribu Rupiah / orang.

6. Mahana Points

Mahana points ini lokasinya berada di sekitar blue lagoon, membutuhkan waktu sekitar dua menit saja dari Blue Lagoon sehingga sangat mudah untuk menemukannya.

Mahana Points merupakan sebuah kafe berada di atas tebing menghadap laut dimiliki oleh seorang penduduk setempat. Selain kafe, anda juga bisa melakukan aktivitas mengasyikan. yaitu Jumping dan surfing. Untuk melompat atau jumping, ada 3 pilihan level ketinggian. Level pertama, tingginya sekitar 8 meter. Level Kedua tingginya sekitar 5 meter, dan Level Ketiga, tingginya sekitar 2 meter.

Demikianlah 6 Objek wisata menarik yang terdapat di kawasan Nusa penida. Selain itu sebenarnya masih ada beberapa tempat menarik lainnya yang juga jangan sampat terlewatkan seperti : beberapa pura suci, budidaya rumput, dan sejumlah spot menarik untuk snorkeling menikmati keindahan pemandangan alam bawah laut.

One thought on “6 Objek Wisata Spesial Yang Ada Di Nusa Ceningan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *