5 Tempat Wisata Dieng yang Asyik untuk Dikunjungi

Polusi udara di perkotaan dan kesibukan kerja kadang membuat dada sesak. Tak ada salahnya jika anda berakhir pekan di pegunungan untuk menghirup udara segar dan merilekskan pikiran. Kesegaran udara dan birunya langit yang membelai mata, membuat anda betah berlama-lama di sana.

Salah satu pegunungan yang jadi favorit wisatawan adalah dataran tinggi dieng. Terletak di antara Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara, tempat wisata dieng berada di 2.000 meter di atas permukaan laut. Dataran tinggi yang berada di barat Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro ini memiliki beberapa spot menarik yang bisa dikunjungi.

1.Telaga Warna

Disebut Telaga warna, karena telaga ini warnanya berubah-ubah. Kadang yang muncul warna merah, kadang hijau, biru, putih, atau keunguan, bahkan bisa muncul warna pelangi. Warna pada telaga bisa berubah karena tingginya kandungan sulfur di dalam telaga, sehingga air di dalam telaga tampak berwarna, ketika terpapar sinar matahari.

Jika anda ingin mengunjungi salah satu tempat wisata dieng ini, pilihlah salah satu bukit yang mengelilingi telaga. Pemandangan telaga akan makin tampak indah saat dinikmati dari atas bukit. Jangan datang di sore hari, karena keindahan telaga tertutupi oleh tebalnya kabut.

2.Gua Semar Pertapaan Mandalasari Begawan Sampurna Jati

Gua yang lokasinya masih di sekitar telaga warna ini memiliki kolam kecil di bagian dalamnya. Segarnya air bisa untuk membasuh muka dan kaki yang lelah setelah menelusuri gua. Konon katanya, air ini bisa membuat pengunjungnya bertambah tampan dan cantik dan menjadi obat penyakit kulit.

Di depan gua terdapat patung wanita yang membawa kendi. Di sekitar gua ini, ada juga Gua Sumur Eyang Kumalasari dan Gua Jaran Kendaliseto. Gua gua itu masih sering dijadikan tempat menyepi dan meditasi.

3.Bukit Sikunir

Anda ingin melihat golden sunrise? Datanglah ke Bukit Sikunir. Bukit yang terletak di timur Desa Sembungan ini menawarkan kesejukan alam dan keindahan Dieng Plateau yang bisa dilihat dari atas bukit. Saat fajar, matahari merekah dengan indah. Sinarnya kuning keemasan, sehingga wisatawan menyebutnya sebagai golden sunrise. Bahkan bukit ini juga disebut sebut sebagai tempat terbaik untuk mendapatkan sunrise se-Asia Tenggara.

Di atas bukit, anda tak hanya menikmati keindahan alam dataran tinggi Dieng, tapi juga bisa mengagumi kecantikan Telaga Cebong. Telaga ini airnya sangat jernih.

4. Candi Arjuna

Ada berbagai candi di kompleks percandian Dieng, salah satunya adalah Candi Arjuna. Ukurannya hanya 6×6 meter. Arkeolog menduga candi ini dibangun pada tahun 800-an, karena ada prasasti yang bertuliskan tahun Caka (731 Caka alias 809 masehi). Selain Candi Arjuna, ada berbagai candi yang dinamakan dengan tokoh mahabharata, misalnya Candi Sembadra , Candi Puntadewa, dan Candi Srikandi.

Sayangnya di sekitar candi kurang terpelihara. Malah penduduk asli menggunakannya untuk bertani sayur dan bunga. Dinas Pariwisata Banjarnegara pun membuat acara Festival Budaya Dieng untuk meramaikan sekitar candi ini.

5.Candi Dwarawati

Candi ini terletak di Desa Dieng Kulon. Ukurannya hanya 5×4 meter. Letaknya tersembunyi, untuk menuju ke Candi Dwarawati, anda harus melewati kebun sayuran milik penduduk asli. Candi ini dinamai Dwarawati karena bentuk candi ini mirip candi ayng ada di India. Dwarawati adalah ibukota Kerajaan Dwarata.

Tunggu apa lagi? Ayo berwisata ke Dataran Tinggi Dieng, dan nikmati keindahan alamnya.

2 thoughts on “5 Tempat Wisata Dieng yang Asyik untuk Dikunjungi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *