40 Tempat Wisata Alternatif dan Unik Di Bali

Tempatwisatapopuler.com – Tempat wisata di Bali selalu menjadi bahan perbincangan dan menjadi pusat perhatian para traveler dan merupakan tempat tujuan wisata terpopuler bagi wisatawan lokal hingga mancanegara. Pulau yang biasa disebut dengan pulau dewata ini sangat kaya akan keindahan alamnya dan telah mendapat pengakuan dunia sehingga Banyak turis yang menjuluki pulau Bali ini sebagai surga dunia.

Salah satu tempat wisata di bali yang paling terkanal dan favorit adalah pantai kuta karena lokasinya yang strategis dan biayanya yang relatif murah. Selain pantai kuta, ada masih banyak lagi tempat wisata bali yang tidak kalah eksotisnya dan beberapa tempat wisata alternatif terbaru seperti yang akan kami rangkum berikut ini :

1. Pantai Atuh, Nusa Penida

Tempat wisata di bali yang pertama adalah pantai atuh. Pantai ini belum banyak yang mengenalnya karena memang belum maksimalnya promosi yang dilakukan. Beberapa tahun kedepan tentu tempat ini akan semakin ramai pengunjung karena pantai atuh juga memiliki keistimewaan tersendiri, yaitu selain pasirnya yang putih bersih, juga memiliki pemandangan berupa tebing batu bernama tanjung juntil di sisi kiri dan tebing batu bernama Labuan Ampuak di sisi kanan.

Selain itu terdapat juga tebing batu lainnya yang tampak indah bagaikan pulau-pulau kecil. Lokasinya yaitu di kawasan Nusa penida yang merupakan sebuah pulau yang kecil di sisi tenggara pulau bali. Tepatnya di desa pejukutan, kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung Bali.

Baca Juga : Pantai Atuh Nusa Penida, Pantai Spesial

2. Air Terjun Yeh Mampeh di Singaraja

Air terjun Yeh Mampeh ini sangat tinggi yaitu sekitar 30 M dengan deburan air bergemuruh menghempas ke bawah. Berlokasi di Desa Les, Kec. Tejakula, Kab. Buleleng. Adapun jaraknya dari pantai kuta kira-kira berjarak 100 KM dengan menempuh perjalanan hingga 3 jam.

Baca Juga : Air Terjun Yeh Mampeh, Tinggi dan Menyegarkan

3. Candi Gunung Kawi di Gianyar

Candi yang unik ini berbeda dengan candi lainnya karena candi gunung kawi terbuat bukan dari susunan bata melainkan dari sebuah tebing atau gunung yang di pahat dengan indah.  Sesuai pula dengan namanya yaitu Gunung Kawi yang artinya pegununungan yang di pahat. Akses ke tempat ini dapat ditempuh melalui perjalanan darat dari denpasar selama satu jam perjalanan dengan jarak kira-kira 40 km. Lokasinya berada di Banjar Penaka, Tampak Siring, Kab. Gianyar.

Baca Juga : Wisata Cagar Budaya Candi Gunung Kawi Di Gianyar

4. Pura Luhur Besikalung

Di Bali sangat banyak terdapat Pura yang menjadi daya tarik karena keindahannya sehingga menjadi tempat wisata di bali yang populer. Salah satunya adalah Pura Luhur Besikalung yang terletak di Desa Babahan, Kec. Penebel, Kab. Tabanan.

Baca juga : Pura Luhur Besikalung Dikelilingi Pemandangan Indah

5. Pantai Suluban di Uluwatu

 

Tempat wisata di bali selanjutnya adalah pantai Suluban yang juga biasa disebut sebagai Blue Point Beach. Pantai yang dekat dengan pantai padang-padang ini memiliki ciri Khasnya yaitu terdapat sebuah Batu karang besar yang sangat indah menghadap ke pantai.

Baca Juga : Pantai Suluban Uluwatu

6. Sundays Beach Club, Pecatu

Link Sumber Gambar

DI tempat ini sangat cocok untuk Berjemur sambil menikmati keindahan pantai bersama orang terkasih karena memiliki pesona alam yang sudah diakui banyak wisatawan. Selain berjemur, traveler juga bisa melakukan aktivitas lainnya seperti bermain air, olah raga pantai dan aktivitas seru lainnya.

Baca Juga : Pantai Sundays Beach Club Pecatu

7. Air Terjun Tukad Cepung di Bangli

Di Kabupaten Bangli terdapat salah satu air terjun yang indah yaitu Air terjun Tukad Cepung yang tingginya sekitar 15 meter. Air terjun ini tampak lebih indah Karena terpancar cahaya sinar matahari.

Baca Juga  : Air Terjun Tukad Cepung Di Bangli

8. Mushroom Beach

Tempat wisata di bali yang satu ini berupa pantai yang tidak kalah eksotisnya dengan pantai-pantai lainnya di bali. Lokasinya berada di Desa Jungutbatu, Nusa Penida, Kab. Klungkung. Suasananya yang sejuk dan rindang menjadikan tempat ini salah satu destinasi favorit traveler.

Baca Juga : Mushroom Beach Di Nusa Lembongan

9. Yellow Bridge di Nusa Ceningan

Yellow Bridge atau jembatan cinta ini adalah penghubung antara Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan. Dari jembatan ini anda dapat menikmati pemandangan pulau nusa lembongan yang sangat indah.  Tidak sedikit wisatawan asing yang meyakini bahwa jembatan cinta ini dapat menyatukan dua insan manusia hingga akhir hayatnya.

Baca Juga : Jembatan Kuning Atau Jembatan Cinta Di Nusa Ceningan

10. Air Terjun Tegenungan di Gianyar

Link Sumber Gambar

Air terjun yang tingginya sekitar 15 meter ini merupakan air terjun yang lokasinya paling dekat dengan Denpasar. Selain indah, air terjun ini dikelilingi dengan pepohonan yang rindang dan airnya sangat bersih. berlokasi di Banjar Tegenungan, Desa Kemenuh, kec. Sukawati, Kab. Gianyar, Bali.

Baca Juga : Air Terjun Tegenungan Gianyar Bali

11. Pura Lempuyang di Karangasem

Pura ini lokasinya berada di Desa Bunutan, Kec. Karangasem, Kab. Karangasem. Keistimewaan dari salah satu tempat wisata di bali ini adalah arsitekturnya yang bernilai tinggi dan pemandangan di kawasan pura yang menakjubkan.

Baca Juga : Pura Lempuyang Luhur di Karangasem, Bali

12. Pulau Nusa Ceningan

Tempat wisata di bali yang lagi Hits ini diapit oleh dua pulau lainnya yang juga memiliki keindahan hampir sama, yaitu Nusa Lembongan dan Nusa Penida. Pulau ceningan ini merupakan salah satu pulau yang berada di tenggara Bali dan masuk wilayah Kab. Klungkung.

Baca Juga : 6 Objek Wisata Spesial Yang Ada Di Nusa Ceningan

13. Gunung Batur, Kintamani

Mencari tempat hiking seru di bali dan memiliki pesona alam yang mempesona di gunung batur inilah tempatnya. Keistimewaan lainnya di gunung batur adalah terdapat air panas Toya bungkah untuk menyegarkan tubuh anda setelah lelah mendaki.

Baca Juga : Objek Wisata Gunung Batur di Kintamani

14. Hidden Canyon di Gianyar

Sesuai dengan namanya, tempat wisata di bali ini lokasinya tersembunyi dan aksesnya juga lumayan sulit untuk dicapai dengan menelusuri sungai dan harus memakai jasa pemandu wisata. Tempat berupa ngarai ini menyuguhkan keindahan alam tersembunyi yang masih asri di pedalaman desa.

Baca Juga : Keindahan Tersembunyi Itu Bernama Hidden Canyon Beji Guwang

15. Pantai Dreamland

Link Sumber Gmbar

Tempat wisata di bali sangat kaya akan pantainya yang selalu ramai dikunjungi Karena keindahannya. Salah satunya adalah Pantai Dreamland, berlokasi di bukit Unggasan pecatu dengan kondisi pantai sangat bersih, nyaman dan ombaknya juga cukup besar. Sangat cocok untuk aktivitas surfing.

Baca Juga: Pantai Dreamland Bali Yang Memikat

16. Pulau Menjangan

Pulau menjangan cocok bagi traveler yang hobi akan snorkeling dan diving saat berlibur di bali. Karena selain tarifnya murah di pulau ini cukup banyak terdapat spot terbaik untuk kegiatan snorkeling. Lokasinya berada di TNBB atau Taman Nasional Bali Barat yang merupakan perbatasan antara Jembrana dan buleleng.

Baca Juga : Pulau Menjangan, Surga Bawah Laut Di Bali

17. Desa Pinggan Kintamani

Tempat wisata di bali yang satu ini tergolong unik karena di desa ini merupakan tempat terbaik untuk melihat pemandangan pedesaan yang diselimuti oleh kabut seakan anda berada di atas awan.  Ditambah lagi dengan indahnya pemandangan pegunungan yang dapat anda saksikan di desa pinggan kintamani ini.

Baca Juga: Desa Pinggan Kintamani, Negeri Di Atas Awan

18. Sambangan Secret Garden di Buleleng

Suatu tempat rahasia yang sangat mengagumkan ini berlokasi di desa Sambangan, kec. Sukasada, Kab. Buleleng-Singaraja. Untuk mencapai tempat ini cukup menguras tenaga, karena aksesnya banyak terdapat tanjakan. Akan tetapi semua kelelahan itu akan terbayar saat tiba dilokasi karena keindahannya.

19. Air Terjun Kanto Lampo, Gianyar

Air terjun ini semakin populer bagi wisatawan karena selain indah dan masih asri, lokasinya juga sangat mudah ditempuh. Berlokasi di Banjar Kelod Kangin, Kelu. Beng, Kab. Gianyar. Jarak dari kota denpasar kira-kira 30 Km. Berkunjung ke tempat wisata di bali ini untuk melepas lelah aktivitas rutin merupakan keputusan yang tepat.

Baca Juga: Keindahan Air Terjun Kanto Lampo Gianyar, Bali

20. Crystal Bay Beach di Nusa Penida

Tidak salah dengan nama pantai ini karena sesuai dengan fakta di lokasi bahwa Crystal bay beach ini memiliki keistimewaan airnya yang jernih dan bening seperti Kristal sehingga anda bisa langsung melihat terumbu karang dan spesies laut dari permukaan. Tempat wisata ini lokasinya terletak di teluk penida, banjar penida, desa sakti.

Baca Juga: Beningnya Air Di Crystal Bay Beach Nusa Penida

21. Banjar Antugan di Bangli

Di tempat ini merupakan spot menarik untuk berselfie dan bisa dibilang cukup extreme karena di tempat ini hanya terdapat sebuah anjungan terbuat dari susunan kayu dan bambu yang berada di atas jurang dipenuhi dengan rimbunnya pepohonan. Adapun anjungan tersebut belum dilengkapi dengan pembatas, sehingga traveler hanya diijinkan maksimal dua orang saja yang boleh berdiri di ujung. Bagi yang takut dengan ketinggian sebaiknya jangan nekat untuk berdiri di ujungnya.

Baca Juga: Tempat Selfie Menarik Dan Ekstrim Di Anjungan Dusun Antugan

22. Air Terjun Nungnung

Air terjun yang tingginya sekitar 30 M ini terletak di kec. petang, kab. Badung. Tempatnya paling ujung kab. Badung. Pemandangan alam sekitarnya akan membuat anda kagum oleh keindahannya dan selain itu saking derasnya jejatuhan air terjun tersebut yang menghempas sehingga membuat lembah di bawahnya menjadi berkabut tebal bergemuruh.

23. Bumi Perkemahan Danau Buyan

Link Sumber Gambar

Bagi traveler yang punya hobi camping atau berkemah, saat berkunjung ke tempat wisata di bali anda dapat menyalurkan hobi anda tersebut di Bumi perkemahan danau buyan yang terletak ditepian danau buyan. Tempat ini berloksasi di Desa Pancasari, singaraja. Berkemah dialam terbuka dengan udara yang sejuk, pemandangan indah dan berada dekat danau tentu akan menjadi momen yang menyenangkan.

24. Puncak Gunung Abang Kintamani

Gunung Abang ini merupakan gunung tertinggi ketiga di Bali, yaitu tingginya sekitar 2152 mdpl. Lokasinya berada di Kec. Kintamani, Kab. Bangli dan ternyata satu wilayah dengan gunung Batur. Di puncak gunung abang terdapat sebuah Gapura yang terbuat dari bahan bata dan setelah itu juga terdapat suatu tempat untuk pemujaan umat hindu untuk sembhyang yaitu sejenis pelinggih sebanyak 3 buah. Udara khas pegunungan yang dingin dan pemandangan alam dari puncak sangat memanjakan mata karena indahnya.

25. Air Terjun Tibumana, Bangli

Link Sumber Gambar

Sebelum traveler sampai ke tempat wisata di bali yang satu ini, terlebih dahulu traveler harus menuruni anak tangga yang jumlahnya lumayan banyak. Setelah sampai, rasa lelah anda akan sirna setelah menyaksikan dua air terjun yang sangat indah dengan tingginya sekitar 20 Meter. Sangat cocok untuk selfie dengan latar air terjun kembar yang seiring senada.

26. Air Terjun Kroya

Masih seputar air terjun yaitu air terjun kroya yang berlokasi di Kecamtan Sukasada, tepatnya di Desa Sambangan, Kab. Buleleng. Suasananya yang adem Karena berada dekat dengan alam pegunungan dan rindangnya pepohonan segar menghijau. Anda dapat berekspresi sepuasnya di air terjun ini seperti melompat ke air, perosotan, berjingkrak, dan gaya2 loncatan lainnya yang anda bisa.

27. Water Blow Nusa Dua Bali

Link Sumber Gambar

Water Blow ini termasuk tempat wisaya unik di bali karena objek wisatanya berupa buih gelombang yang tingginya 4 meter akibat dari terhempasnya ombak yang menghantam dan menabrak batu karang sehingga tercipta suatu keindahan yang jarang terjadi di tempat lain. Lokasinya berada di belakang hotel Grand Hyat Nusa Dua.

28. Lotus Lagoon Bali

Lotus Lgoon ini ternyata merupakan salah satu tempat wisata di bali yang belum banyak di Jamah oleh para traveler sehingga keindahannya tampak masih asri. Di tempat ini anda akan menikmati secara langsung indahnya hamparan bunga teratai di kolam yang begitu luas. Lokasinya berada di Kab. Karang Asem. Bisa ditempuh dari bandara Ngurah Rai selama kira-kira 2 Jam.

29. Pantai Pasih Uug

Pantai ini juga biasa disebut sebagai Broken Beach karena terdapat tebing yang berlobang di tengahnya. Tinggi tebing tersebut kira-kira 50 hingga 200 meter, sehingga tampak seperti suatu terowongan raksasa di tengah lautan. Pantai ini berlokasi di Desa Bunga Mekar, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung Bali.

30. Jatiluwih

Jatiluwih merupakan suatu hamparan sawah yang berundak-undak yang sangat indah sehingga mendapat pengakuan dari UNESCO sebagai salah satu warisan budaya dunia. Lokasinya tidak jauh dari denpasar yang dapat ditempuh dengan satu setengah jam perjalanan. Tempat wisata di bali ini telah menjadi incaran dan tujuan wisata utama di tabanan.

31. Dream Museum Zone Bali

Museum dengan 3 Dimensi ini merupakan museum ilustrasi yang mana telah mendapat banyak pujian dari para wisatawan dunia. Memiliki banyak latar seni yang menakjubkan untuk foto 3 Dimensi yang seolah-olah tampak nyata. Lokasinya dekat dengan pantai kuta yang berjarak sekitar satu setengah KM.

32. Bali Safari Marine Park

Jika liburan sekolah telah tiba, berliburlah ke tempat ini karena bali safari marine park merupakan objek wisata yang memberikan anak anda pengalaman safari yang berkesan. Terdapat berbagai satwa liar di habitatnya.  Di tempat ini terdapat 60 species dan 400 satwa langka yang berasal dari beberapa Negara, seperti : Indonesia, India dan Kawasan Afrika. Lokasinya Berada di Wilayah Kabupaten Gianyar.

33. Tampak Siring

Sesuai dengan namanya tempat wisata di bali ini berada di desa tampak siring, Kec. Tampak Siring, Kab. Gianyar. Awalnya tempat ini merupakan sebuah istana kepresidenan yang di pelopori pembangunannya oleh presiden Soekarno. Beberapa keindahan yang dapat anda nikmati disekitar istna ini seperti sawah berundak yang berada di depan istana, pepohonan yang rindang,  pemandangan gunung batur di arah utara dan gunung agung di sisi timur.

34. Bukit Campuhan

Bukit campuhan ini memiliki pemandangan alam yang asri sehingga menyejukkan mata memandang dengan karakter jogging tracknya. Keistimewaan lainnya di tempat ini terdapat suatu pura yang bernama Pura gunung lebah. Berlokasi di Jl. Bangkiang Sidem, Kelusa Payangan, Ubud, Kab. Gianyar.

35. Angel’s Billabong

Angel’s Billabong merupakan sebuah sungai yang berada di ujung yang buntu. Dikatakan Angel’s karena merupakan bagian yang paling indah di sebuah sungai di pulau nusa penida. Anda akan ketagihan jika berenang disini karena di muara ini memiliki air yang sangat bening dan tenang. Selain itu ada terdapat cerukannya yang indah membentuk kolam yang cantik dan jarang ada di tempat lain. Berlokasi di Nusapenida, Kab. Kelungkung.

36. Pantai Yeh Leh

Dari namanya saja sangat unik dan apakah tempatnya juga unik ? pantai Yeh leh ini memiliki ciri khas bebatuan alaminya yang terhampar luas dan diperkirakan jumlahnya mencpai ribuah bahkan jutaan. Tempat wisata di bali ini memang masih tergolong perawan dan belum banyak wisatawan yang mengetahuinya. Lokasinya berada di Jalan Raya Denpasar Gilimanuk, pengeragoan, pekutatan, Kab. Jembrana.

37. Pemandian Air Panas Banjar

Pemandian air panas banjar ini merupakan tempat yang populer sebagai tempat pemandian alami di kawasan Bali Utara. Hal ini bisa dilihat dari kunjungan wisatawan yang datang ke tempat wisata di bali ini cukup banyak setiap harinya. Saat anda mandi di sini maka anda akan mendapatkan banyak manfaat karena bersumber dari Alam dan mengandung belerang sehingga akan terasa khasiatnya dan tubuh menjadi lebih fresh.

38. Ladang Bunga Marigold

Ladang bunga marigold ini  sangat cocok bagi anda yang lagi bulan madu ke tempat wisata di bali. Ladang yang luas membentang ini ditumbuhi oleh Bunga Marigold berwarna keemasan yang sangat cantik. Dengan pemandangan yang menawan tersebut tak heran banyak pengunjung yang datang ingin berfoto ria di tengah hamparan bunga-bunga ini.

39. Taman Ayun

Taman ayun di bali ini maksudnya adalah taman yang cantik. Menawarkan pemandangan yang eksotis dan juga memiliki kolam dengan pesonanya mengelilingi kompleks bangunan pura. Adapun luasnya sekitar 4 hektar. Berlokasi di Jl ayodya, No. 10. Mengwi, Kab. Badung.

40. Pasar Sukawati Bali

Jalan-jalan ke tempat wisata di bali tidak lengkap rasanya jika tidak membeli oleh-oleh untuk dibagikan kepada kerabat. Nah, pasar sukawati ini merupakan salah satu tempat yang terkenal di Bali. Konon kabarnya sudah terkenal hingga ke luar negeri sana. Bermacam produk di jual disini, seperti : kerajinan tradisional bali, baju batik khas bali, dan produk lainnya. Harganya juga lebih murah. Pasar sukawati ini berlokasi di Jl. Raya Sukawati, Kec. Sukawati, Kab. Gianyar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *