3 Hal yang Menarik dari Taman Sari Jogja

Jika Anda punya rencana berwisata ke daerah Yogyakarta, jangan lewatkan tempat wisata yang satu ini, Taman Sari Jogja. Tempat ini terletak tepatnya di Jalan Taman, Yogyakarta. Yang patut menjadi perhatian di tempat wisata ini adalah makna historis tempat ini sendiri.

Dahulu, Taman Sari Jogja adalah taman Keraton Yogyakarta yang dibangun oleh Sri Sultan Hamengkubuwono 1 (1758-1765). Memiliki luas sekitar 10 hektar dan terdiri dari 57 bangunan berupa pulau buatan, taman, kanal air, kompleks kolam pemandian dan lain sebagainya membuat Taman Sari Jogja menjadi salah satu tempat wisata yang direkomendasikan buat Anda. Lalu, apa saja keistimewaannya? Berikut, bahasannya.

1. Istana Air yang Terdiri dari 4 Bagian

Menikmati Taman Sari Jogja, Anda akan dibawa menyusuri Istana air yang terdiri dari 4 bagian. Empat bagian itu adalah:

  • Danau buatan yang penuh dengan eksotisme nuansa keindahan alam yang berada di sebelah Barat.
  • Danau buatan lainnya yang juga merupakan pemandian yang terletak di sebelah Selatan adalah Pemandian Umbul Binangun.
  • Ada juga wisata Kolam Garjitawati dan Pasarean Ledok, tempat ini terletak di Selatan bagian ke dua.
  • Di tempat ini juga memiliki jembatan gantung dan pulau buatan yang memanjang dari kolam Garjiwati dan Pasarean Ledok hingga Pemandian Umbul Binangun.

Menarik, bukan? Tempat-tempat ini mulai dari pemandian hingga jembatan gantung serta tempat-tempat bersejarah lainnya dapat Anda lihat dan rasakan hanya di Taman Sari Jogja.

2. Desain Arsitektur yang Beragam

Taman Sari Jogja yang dahulunya merupakan rekreasi dan taman bagi keluarga kerajaan serta sebagai benteng pertahanan juga memiliki desain arsitektur yang beragam. Hal ini semakin menambah keunikan Taman Sari Jogja wajib dikunjungi oleh para wisatawan. Memiliki arsitektur khas China, Eropa, Budha, Hindu, Islam, dan Jawa membuat Taman ini kaya akan makna sejarah dan seni budaya.

3. Tarif Memasuki Taman Sari Jogja

Dan apabila saat ini Anda sedang berada di Yogyakarta, jangan ragu untuk mengunjungi Taman Sari Jogja ini. Tiket masuk ke tempat ini cukup murah dan tidak menguras kantong Anda. Cukup dengan Rp. 3000 untuk wisatawan lokal dan Rp. 7000 untuk wisatawan asing dan jika Anda membutuhkan jasa pemandu, di depan pintu gerbang biasanya telah ada orang yang menawarkan jasanya untuk memandu Anda untuk menjelajah Taman Sari Jogja. Tarif yang dikenakan juga tidaklah mahal, melainkan sesuai dengan kemampuan Anda. Namun, biasanya jasa pemandu adalah sebesar Rp.25.000.

Satu hal lagi yang perlu Anda ingat adalah jika Anda ingin berkunjung ke tempat ini pastikan Anda datang antara pukul 08.00-14.00 WIB. Pastikan saat mengunjungi Taman Sari Jogja, Anda membawa kamera terbaik Anda untuk mengabadikan momen indah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *